Sumber: Valve
in ,

Valve Anti Cheat (VAC) Makan Korban Lebih dari Setengah Juta Pemain!

Sistem Anti-Cheat Valve, umumnya dikenal sebagai VAC nampaknya pada bulan Desember 2018 tengah sibuk memberantas cheater pada game game nya.

Pada bulan Desember 2018 lalu, Valve Anti Cheat (VAC) telah melakukan banning kepada lebih dari 500 ribu akun! sebuah angka fantastis tentunya.

VAC atau yang disebut Valve Anti Cheat adalah salah satu langkah agar permainan menjadi bersih dari program ketiga yang menguntungkan bagi pihak tertentu.

Sumber: Valve

VAC sendiri menaungi banyak game, sebut saja pemegang hadiah turnamen terbesar Dota 2 serta Counter Strike Global Offensive dan Team Fotress.

Tapi nampaknya untuk kali ini, ban kebanyakan terdapat bagi mereka yang bermain game Counter Strike setelah game besutan Valve ini menjadi gratis.

Sebanyak 10 Pemain Profesional PUBG Terkena Ban di Update Map Baru!

Memang sebelum menjadi gratis pun, game ini memang sudah menjadi rahasia umum bahwa terdapat banyak cheater bahkan sekelas pemain profesional.

Contoh salah satunya adalah Forsaken, mantan pemain OpTic Gaming India yang ketika sedang mengikuti turnamen offline kedapatan menggunakan program illegal.

Valve
Salah satu cheat CS:GO yang marak digunakan. Sumber: YouTube

Sebelumnya, rekor terbesar mereka dalam melakukan ban kepada pemain adalah sebanyak 193 ribu akun, tidak ada setengah dari hasil bulan Desember.

Menariknya, ini untuk pertama kalinya game naungan VAC menjadi penyumbang game terbesar pada bulan Desember dari 800 ribu total akun yang terkena ban (dari seluruh game).

Kenapa bisa berasumsi bahwa Counter Strike menjadi penyumbang tertinggi sedangkan VAC juga menangani Dota 2 dan Team Fotress 2?

Karena hal ini kita bisa kita lihat bahwa jarang sekali pemain Dota 2 dan Team Fotress 2 yang mendapat VAC dari game mereka.

valve cheat csgo
Sumber: Valve

Valve sendiri belum mengomentari apa yang menyebabkan begitu banyak akun diblokir pada bulan Desember 2018 tahun lalu.

Tapi kebanyakan pemain juga bersepakatan hal ini adalah efek digratiskan nya game FPS yang dirilis sejak tahun 2012 ini.

BACA JUGA: Perkara Cheat, 4 Pemain Profesional PUBG Dilarang Ikuti Turnamen Selama 3 Tahun!

Selain kabar dari VAC ban, memang akhir akhir ini terdengar banyak sekali isu ban yang dilakukan oleh banyak pihak, sebut saja Bluehole untuk game PUBG.

Bagaimana menurutmu perihal maraknya akun yang terkena VAC ban? Apakah citra bermain bersih sudah mulai ternodai?

Diedit oleh Yubian A. Huda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0