Sand King Dota 2. Source: Valve
in ,

Tips & Trik Sand King Dota 2 ala Kenny “Xepher” Deo

Mencari trik dan tips menggunakan hero-hero Dota 2 memang terbilang mudah, selain tersedia di Reddit dan fitur in-game Dota 2 juga menyediakan beberapa tips atau guide bagi para pemula.

Tetapi kali ini RevivalTV akan memberikan sumber terpercaya untuk kalian agar terlepas dari kutukan medal Herald, wkwk. Tips dan trik menggunakan Sand King dari Xepher akan menjadi topik utama di artikel kali ini.

Hengkang dari iG.Vitality, Meracle Kembali ke SEA dengan Resurgence

Sedikit tentang Xepher, ia merupakan pemain profesional Dota 2 asal Indonesia yang sempat memperkuat Rex Regum Qeon. Dengan posisinya sebagai Support Roamer, pria yang sering menggunakan kaca mata ini juga sempat memiliki MMR 8K.

Kenny “Xepher” Deo berseragam Rex Regum Qeon di ajang GESC: Indonesia Minor 2018.

Xepher sendiri hampir membantu TNC Tigers lolos ke ajang The International 8 saat melawan sang raksasa Dota 2 Asia Tenggara, TNC Predator. Hero Sand King juga sempat digunakan Xepher di pertandingan yang sangat sengit tersebut.

Namun tanpa basa-basi lagi, berikut tips dan trik menggunakan Sand King ala Kenny “Xepher” Deo:

Sand King – Dota 2

Sand King Dota 2. Source: Valve

Hero yang menggunakan paras Kalajengking ini memang menjadi pilihan yang cukup favorit di ranah kompetitif Dota 2. Patch Dota 2 yang sering dirilis pun tidak merubah minat Sand King sebagai pilihan hero Support ataupun Offlane.

Burrow Strike (skill 1) menjadi senjata andalan Sand King dengan stunt yang cukup lama. Caustic Finale (skill 3) dan Sand Storm (skill 2) juga mampu memberikan efek ledakan dari skill set tersebut.

Selain itu, Sand King juga memiliki ultimate skill, Epicenter yang ikonik dengan memberikan efek slow dan magical damage yang besar.


Tips & Trik Menggunakan Sand King:

  • Selalu Roaming, dengan skill set yang cukup menguntungkan Sand King tentu memberikan potensi kill yang lebih baik.
  • Inisiasi aktif di team fight, selalu menyerang musuh yang mungkin sedang sendiri di area tersebut.
  • Gunakan Epicenter di saat yang tepat, jangan gegabah dan menunggu momentum mampu menjadi kunci kemenangan.
  • Burrow Strike sebagai skill menyerang, setidaknya harus mengenai lebih dari 2 pemain agar mampu merusak ritme pertandingan musuh.
  • Burrow Strike sebagai skill bertahan, jika perlu gunakan untuk kabur bila terpaksa.
  • Serang inisiator di saat team fight, utamakan Burrow Strike terlebih dahulu, lalu menunggu momentum untuk serangan kedua sekaligus counter initiate.

Kelebihan Sand King:

  • Mampu merusak laning phase hero melee musuh
  • Memiliki skill set yang cocok untuk Support Roamer, mampu dan efektif sejak early game.
  • Mampu mengatur team fight dengan skill Burrow Strike.
  • Tidak item dependen, mampu merusak gameplay musuh tanpa terpaku dengan item pendukung.
  • Mampu mendapatkan last hit cukup mudah dengan efek burst Caustic Finale (skill 3)
  • Mobilitas yang tinggi dengan skill Burrow Strike
sand king dota 2
Sand King Dota 2. Source: Valve

Kelemahan Sand King:

  • Lemah dalam laning phase melawan hero range
  • Kurang kuat dalam physical attack
  • Sangat bergantung pada skill set
  • Cukup boros akan Mana di early game
  • Ultimate skill yang menggunakan channeling spell 2 detik (harus pintar mengatur timing)
  • Memiliki amor yang cukup kecil

Item Guide Sand King versi Xepher:

Berbeda dengan tips dan trik sebelumnya, Xepher lebih mengharuskan kalian melihat situasi dan kondisi dari game yang sedang dijalani. “Sebenarnya Sand King itu ga butuh item. Biasanya kan orang main butuh Blink Dagger, gitu. Sand King itu ga selalu butuh Blink Dagger, itu semua serba situasi sih.

BACA JUGA: Curhatan 7Mad Tentang Resolut1on, Roster Terbaru OG dan Potensi di TI8

Kalau kalian liat beberapa pemain Sand King, itu mereka ga melulu Blink Dagger. Lebih mengandalkan rotasi pake skill 1-nya.

Panduan Umum Item Sand King. Source: metaco

Ga ada item yang dibutuhkan sih, maksudnya semua serba situasi, bahkan bisa Medallion buat early Roshan, ada yang Drum of Endurance buat penunjang item tim, dan Blink Dagger buat Sand King kalau susunan draft hero rekan setim ga ada yang buat nangkep (inisiasi) gitu.”


Kesalahan Umum Pengguna Sand King:

  • Kebanyakan farming,  kesalahan paling sering Sand King di pub, yang pertama itu kebanyakan farming, karena mereka mikir main Sand King itu sama kaya Earthshaker.
  • Jarang rotasi, Di game pub kebanyakan harus Blink Dagger dulu baru bisa rotasi, padahal kekuatan Sand King itu yang penting movement speed aja biar bisa gang awal.
Sand Storm – Sand King. Source: Deviantart by Winthrope27

Pertimbangan Sand King di META Dota 2 saat ini:

Enigma sempat membuat TNC Tigers kewalahan di pertandingan melawan TNC Predator. Hero yang dimainkan oleh KUKU^ tersebut tampil layaknya hero core dan mampu mem-pick up kill demi kill.

Lalu bagaimana META sekarang menyikapi perbandingan antara Enigma atau Sand King? “Untuk laning sih gue milih Enigma, karena memang dia kuat di bagian laning phase. Tapi untuk Support ga sih, kelemahan Enigma itu harus farming, kalau ga farming ga akan berguna.

Intinya sih Sand King itu untuk rotasi juara, sih. Gue tetep milih Sand King sebagai hero Support Roaming.”


Skill Guide Sand King:

“Sand King itu kalo udah level 3. Pemilihan skill yang efektif dari Sand King itu Burrow Strike yang dimaksimalkan terlebih dahulu, kalo skill 2/3 itu tergantung situasi sih.

Biasanya gue maksimal skill 3 buat farming. Kombonya pukul creep, Burrow Strike, pukul sekali dan meledak. Biasanya kalo yang dinaikin Sand Storm lebih ke defend dan damage sih.”


Sebelum menutup sesi wawancara, Xepher memberikan pandangannya mengenai kegagalan TNC Tigers di kualifikasi The International 8. “Buat yang mencibir dan mereka yang ngerendahin TNC Tigers, pasti ada fans yang mendukung dan mencaci.

Image Courtesy: Liquipedia

Buat yang mencaci gue kecewa sih, itu mimpi gue maen di TI8 di depan mata dan gue ga berhasil. Dan beberapa bilang masalah throw, itu kalau gue masuk TI juga gue banyak dapet duit gitu, haha.

Yang jelas bukan 322, kecewa lah, haha. Tapi untuk yang mendukung gue sih ngerasa terbantu. TNC Tigers itu kayak bukan hanya 5 orang, tapi satu kesatuan gitu.

Kayak semuanya ngedukung gue, beri dukungan moral buat gue kaya ‘jangan menyerah bang, ini hanyalah awal‘. Dan mindset gue langsung berubah dan paham kalau ini hanyalah sebuah awal.” Tutup Kenny.

Xepher (dua dari kiri) dengan Rex Regum Qeon di ajang GESC: Indonesia Minor 2018. Source: GESC

TNC Tigers sendiri sedang bermain ANGGAME China vs SEA #2 sejak tanggal 11 Juli 2018. Tetapi tidak akan diperkuat oleh 1437, dikarenakan dia harus melatih tim TNC Predator untuk persiapan menghadapi gelaran akbar Dota 2, The International 2018 pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Written by Yubian "Arnheim" Asfar

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0