Sumber: WESG
in ,

[Kaleidoskop] Perkembangan Dota 2 Indonesia di 2018 dan Harapan ke Depan

Tidak bisa dipungkiri kehadiran game mobile MOBA di Indonesia seperti Mobile Legends dan Arena of Valor membuat Dota 2 menurun dari segi jumlah pemain. Meski begitu, Dota 2 masih tetap eksis dan stabil hingga akhir 2018.

Menurut Steam chart yang diambil 28 Desember pada 18:35 WIB, Dota 2 berada di peringkat kedua dan harus mengakui keunggulan PUBG yang berada di peringkat teratas.

Antusiasme pemain Dota 2 terutama untuk mendukung event terakbarnya yaitu The International juga meningkat.

Sumber: Steam Tracker

Buktinya total prizepool yang dikumpulkan lebih baik dari tahun sebelumnya dengan perbandingan US$24,787,916 untuk TI7 dan US$25,532,177 untuk TI8.

Apalagi TI9 bakal diadakan di Shanghai, China yang juga basis dari pemain Dota 2 di dunia. Ini menjadi kali ketiga TI diadakan di luar Amerika yakni TI1 diadakan di Cologne, Jerman dan TI8 diadakan di Vancouver, Kanada.

Sumber: Valve

Tentu menarik bagaimana event terbesar Dota 2 menyapa regional China yang tentunya membuat para fans terutama dari Indonesia menjadi lebih mudah untuk pergi kesana.

Bagaimana untuk Dota 2 di Indonesia? Apakah mengalami perkembangan dibanding tahun sebelumnya atau justru sebaliknya?

Untuk itu saya memilih menanyakan langsung kepada Taufik “Gore” Muhammad yang merupakan caster Ligagame dan Riantoro “Pasta” Yogi yang merupakan caster MineskiTV ID.

Gore mengaku 2018 menjadi tahun terbaik di esports Dota 2 Indonesia baik dari segi pemain dan prestasi sangat berkembang pesat di tahun ini.

Sumber: ESL

“Hampir tiap open dan closed qualifier selalu ada tim Indo yang lolos sampai hari ke 2 open qualifier. Bahkan ada yang lolos ke closed qualfier dan bisa memenangkan slot ke main event.

Mungkin ini berbanding lurus dengan perkembangan esports yang sudah mulai dilirik oleh perusahaan besar kali ya.

BACA JUGA: [Kaleidoskop Esports 2018] Inilah Comeback Terbaik Dota 2 Sepanjang Tahun 2018

Jadi modal untuk menjadi lebih berkembang segala macam menjadi lebih gampang. Tapi tahun ini tahun yang paling gemilang sih setelah tahun-tahun yang lalu scene Dota sempat lemah.

Banyak turnamen hadiah miliar sekarang jadi motivasi pemain untuk menjadi lebih bagus, 2019 gua yakin setidaknya ada pemain Indonesia yang menginjakkan kaki di TI nanti,” katanya.

Sumber: BOOM.ID Fanpage

Sependapat dengan Gore, Pasta sendiri mengaku 2018 menjadi tahun yang sangat bagus untuk perkembangan tim maupun pemain Dota 2 di Indonesia.

“Ada beberapa pemain yang dilirik bahkan masuk untuk bermain di tim luar dan juga banyak tim Indo yang mewakili Indonesia untuk ajang turnamen internasional.

Ya, walaupun belum mendapatkan hasil yang maksimal tapi hasil dari perjalanan mereka untuk melawan tim-tim tier 1 dunia pasti akan membawa perkembangan untuk pemain dan juga tim yang mewakili Indonesia.

ramz pgbarracx dota2
Sumber: WESG SEA

Semoga ilmu yang didapat disana bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan lagi, soalnya untuk beberapa tim Indonesia sudah mulai juga nih untuk masuk invited di turnamen internasional,” katanya.

Well, kalau kamu masih ingat daftar ranking 10 besar tim Dota 2 di Indonesia versi Anonim, ia menobatkan BOOM ID sebagai tim yang dinobatkan menjadi peringkat pertama.

Selain prestasinya yang terus meningkat mereka juga melalui berbagai keraguan yang salah satunya adalah keluarnya inYourdreaM dari BOOM ID. Marzarian Ojan yang juga General Manager, BOOM ID menceritakan perjalanan mereka memutus keraguan tersebut.

Sumber: DreamLeague – DreamHack

“Jelas momen diragukan pasti ada tapi mengingat IYD juga mempunyai banyak fans itu hal yang sangat wajar. Tapi dari organisasi dan pemain selalu punya mindset yang berbeda.

Buat kita tim itu cocok-cocokan karena setiap orang punya gameplay dan mindset yang berbeda-beda.

BACA JUGA: Komunitas Heroes of the Storm Galang Dana Guna Hidupkan Ranah Esportsnya!

Dan sekarang bisa kita lihat sendiri kan bahwa IYD bisa berkembang di luar sana begitupun BOOM yang bisa semakin berkembang tanpa IYD.

10 Tim Dota 2 Indonesia Terbaik di Tahun 2018 Versi Anonim

Yang membuat bisa mematahkan prediksi dan melebihi perkiraan itu niat dan dedikasi setiap pemain.

Hal yang gak akan pernah bisa dibeli dengan uang. Sebagai salah satu pengurus organisasi, saya sangat berterima kasih dan senang dengan semangat dan dedikasi serta kerja keras mereka,” katanya.

BACA JUGA: 5 Perubahan Roster Dota 2 Terbaik di Tahun 2018

Tentu kita berharap baik pemain maupun tim Dota 2 Indonesia bisa meraih hasil yang lebih baik kedepannya dan juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Jadi, mari dukung terus perjuangan mereka ketika di panggung luar negeri. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang mendukung perjuangan mereka?

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by LightKeeper

Just a garbage man in the esports world

Contact: soejatnoeric@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0