in ,

Buat Bangga Sekolahmu! Liga Esports Khusus SMA Kini Telah Hadir di High School League 2018!

Tidak bisa dipungkiri esports berkembang secara pesat dari tahun ke tahun. Adanya cabang esports di Asian Games 2018 yang baru saja diadakan tentu semakin membuka mata banyak orang tentang potensi esports.

Mario “AG|DivisionRing” Dwiki Sabet Dua Gelar Juara di Ajang Rev Major PH 2018!

Namun jangan lupa pendidikan tetap harus diutamakan untuk menjadi atlet esports yang siap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Untuk itulah High School League 2018 yang merupakan turnamen yang dikhususkan untuk pelajar SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia.

Untuk lombanya akan menghadirkan Dota 2 sebagai kompetisi game utama. HSL 2018 akan memakai sistem liga yang diadakan setiap sabtu dan minggu selama satu semester atau enam bulan.

Tidak hanya Dota 2, HSL 2018 juga mengadakan kompetisi Mobile Legends. Namun berbeda dengan Dota 2, untuk Mobile Legends masih bersifat ekshibisi.

Selain memiliki syarat masih berstatus pelajar SMA/SMK/sederajat, pemain yang mengikuti HSL 2018 juga harus memiliki syarat akademik yang baik. Sehingga jika nilainya tidak memenuhi syarat maka tidak dapat berpartisipasi, terlebih bagi yang kerjanya cuman tidur di kelas, wkwk.

Tim yang akan bertanding akan memulai dari kualfikasi yang diadakan di 8 kota di Indonesia di Ge-Force-Certified iCafe yang memiliki kualitas bagus dan terbebas dari asap rokok.

BACA JUGA: Ngobrol dengan Manajer Aura Esports tentang Kehadiran Roster ex-TEAMnxl>

Kota yang diadakan yaitu Jakarta (Highground dan Barracx), Solo (Poseidon), Bandung (Immortal), Bogor (Redbox), Medan (Noblenation, iCafe Medan), Makassar (GIX), Surabaya (Three Kingdoms iCafe), dan Malang (Hardcore iCafe).

Hadiah yang diperebutkan sangat menarik namun bersifat edukatif yaitu beasiswa, penyediaan kurikulum esports, subsidi untuk guru pendamping untuk HSL 2018 dan perlengkapan lab esports dengan total nilai mencapai Rp1,2 miliar!

Suasana Roadshow HSL Surabaya. Sumber: Muhammad Arief Suvi

Setelah mengadakan roadshow di Jakarta dan Bandung, kali ini HSL 2018 menyapa kota Surabaya yang diadakan pada 21 September di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya.

Tidak hanya dari pelajar yang hadir namun juga ada guru-guru SMA/SMK di Surabaya dan sekitarnya yang juga turut mengikuti roadshow HSL 2018.

Presiden HSL 2018, Stevanus mengatakan tujuan utama penyelenggaraan liga esports antar pelajar SMA di Indonesia adalah mencetak bibit-bibit baru dunia esports Indonesia di masa mendatang yang berasal dari pendidikan nasional.

[Revival Specials] Cerita CEO Revival TV: Rela Menjual Mobil Demi Esports Indonesia

Hal yang menarik saat roadshow juga datang dari Jennie Kisdharjanti yang juga pakar psikologi mengatakan esports berbeda dengan main game yang umumnya tidak memiliki target.

“Esports adalah olahraga yang menawarkan peluang baru bagi generasi yang sangat dekat dengan penggunaan teknologi digital untuk mengembangkan nilai dan bakatnya.

Selain itu ada hal-hal positif yang terkandung di esports seperti menyusun strategi, meningkatkan kreatifitas, membangun nilai kedisiplinan, serta gaya hidup sehat berkat karateristik dan nilai-nilai olimpisme yang terkandung dalam esports,” katanya.

Sumber: Muhammad Arief Suvi

Para pembicara yang hadir juga datang dari berbagai bidang. Selain dari psikolog, ada Fredy Lo dari Lenovo Indonesia, Dedy Irvan yang juga pengamat teknologi, dan tentunya project director dari HSL 2018, Gisma Priayudha Assyidiq atau akrab disapa Melon (atau sang peternak lele, wkwk).

Pendaftaran dibuka sampai 12 Oktober 2018. Untuk info lengkapnya kamu bisa cek di website atau kamu bisa follow langsung media sosialnya untuk mengetahui info terbaru dari HSL 2018.

Facebook : Highschool League
Instagram : hsl.id

Jadi, siapkah kamu membawa nama sekolah di HSL 2018? Jadilah bibit baru di esports dan harumkan nama Indonesia di kancah dunia!

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by LightKeeper

Just a garbage man in the esports world

Contact: soejatnoeric@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0