Atlet Esports Indonesia di kancah dunia. Sumber: RevivalTV
in , , , , , , , , , , ,

[Spesial HUT 73 Republik Indonesia] Serba-Serbi Prestasi Atlet Esports Lokal di Hadapan Dunia!

Sebelum lebih jauh mimin RevivalTV ucapkan selamat hari ulang tahun ke-73 bagi negara tercinta kita, Indonesia. Tentu rasanya belum lengkap bila tidak melihat jajaran atlet esports Indonesia yang sempat dan pernah membawa nama Indonesia ke ajang esports internaisonal.

Informasi Pendaftaran dan Lokasi Kualifikasi PINC Tangerang dan Bekasi

Artikel ini semata-mata untuk menghargai jerih payah dan usaha yang telah ditunjukkan oleh para atlet esports asal Indonesia. Tentu mereka berhak lebih dikenal oleh setidaknya penggiat esports lokal, bahwa Indonesia tidak melulu tentang Dota 2 ataupun Mobile Legends.

Mari simak ulasan lengkap spesial dari tim RevivalTV mengenai serba-serbi prestasi atlet esports Indonesia di kancah dunia.


Arena of Valor

EVOS Esports dengan mewakili Indonesia di AWC 2018. Sumber: Garena

Siapa yang tidak mengenal game MOBA mobile besutan Tencent dan Garena ini? Menjadi salah satu game yang dapat merangkul berbagai regional di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di game ini salah satu wakil Indonesia, EVOS Esports sukses mengirimkan perwakilannya ke ajang akbar Arena of Valor World Cup (AWC) 2018. Meskipun harus tersingkir di babak grup, perwakilan Indonesia ini sudah memberikan yang terbaik.


Counter Strike: Global Offensive

Recca Esports menjuarai ZEN League Network. Sumber: ESL

Salah satu game esports FPS tertua yang telah meluncur sejak Counter Strike 1.6. Namun bagaimana atlet esports di ranah CS:GO? Indonesia sendiri sudah mengirimkan banyak perwakilan ke ranah kompetitif level dunia.

Recca Esports merupakan salah satu contohnya, di mana mereka sukses menjuarai ajang ZEN League Australia. Selain itu Recca Esports juga konsisten mewakili Indonesia di ajang WESG 2017.

TEAMnxl> menjuarai BenQ CS:GO Asia Cup. Sumber: BenQ

Dan masih banyak lagi tim-tim yang sempat mengharumkan nama Indonesia di ranah esports dunia, contohnya seperti Akara di ROG Masters. Ada juga TEAMnxl> yang mengharumkan nama Indonesia di era emasnya.

Selain itu BnTeT dan juga xccurate, dua pemain Indonesia juga sedang memperkuat tim asal China, yaitu TyLoo. Mereka terus bermain di ranah esports CS:GO level internasional.


Dota 2

BOOM ID juara 2 di APAC Acer Predator League. Sumber: Acer

Merupakan game MOBA PC yang paling diminati di Indonesia ini juga memiliki perwakilannya sendiri di ranah esports dunia.

Mungkin kalian bosan mendengar inYourDream? Tenang, BOOM.ID juga punya segudang cerita dengan mengharumkan nama Indonesia. Namun butuh artikel yang cukup panjang untuk menceritakannya dengan detail.

Lantas, TNC Tigers juga membawa 2 pemain asal Indonesia, inYourdreaM dan juga Xepher. Meskipun status IYD yang masih trial dari tim asalnya, The Prim Esports, TNC Tigers mampu tampil maksimal hingga hampir lolos ke ajang TI8 bila tidak kalah dari TNC Predator.

PG.BarracX di New Blood Championships 2017.

Sosok KoaLa juga sempat membawa nama Indonesia di saat memperkuat Fnatic. Adapula keikutsertaan PG.BarracX di gelaran Galaxy Battles II di Filipina pada akhir tahun 2017.


League of Legends

Armored Project wakil Indonesia di HyperPlay. Sumber: Hyperplay

Merupakan game besutan Riot Games dan Garena ini juga memiliki beberapa tim yang mengharumkan nama Indonesia. Setidaknya yang terbaru dari tim Armored Project yang resmi berpartisipasi di HyperPlay di Singapura.

Bigetron Esports berpartisipasi di Global Conqueror Manila. Sumber: Riot Games

Bigetron Esports juga turut mengharumkan nama Indonesia ketika akan mengikuti gelaran Global Conqueror Manila 2018 di Filipina. Semoga Indonesia dapat lebih berkembang ya, LoL juga seru kok.


FIFA

Tidak ketinggalan salah satu pemain FIFA18, Egy “Eggsy_UG” Rahmaditya yang sekarang telah bermain di bawah bendera Rex Regum Qeon. Dia berprestasi dalam menjuarai FIFA18 PlayStation League Asia 2018.

BACA JUGA: [Exclusive Interview] Eggsy: Bawa Jaket Banyak Biar Ga Kedinginan di Amsterdam

Tenang, masih banyak lagi pemain-pemain berbakat FIFA18 asal Indonesia. Seperti Andie Wong dari EVOS Esports dan juga Angga Pamungkas asal The Prime Esports yang baru menjuarai turnamen BSC Esports League di Singapura.

Sumber: The Prime Esports fanpage

Pro Evolution Soccer (PES)

Batara Riasta (tengah) dan Lucky Ma’arif (dua dari kanan).

Dalam ranah kompetitif PES juga Indonesia mampu bersaing di tingkat dunia. Sebut saja dua pemain asal Indonesia Batara Riasta dan Lucky Ma’arif yang mengharumkan nama Indonesia di PES League Asia di Bangkok Thailand.

Setelah kesuksesan mereka di posisi runner-up, dua pemain ini telah diundang di WESG 2018. Mereka siap menjadi yang terbaik dan berjuang untuk nama Indonesia.


Hearthstone

Nexok40 di ajang WESG 2017. Sumber: WESG

Indonesia juga memiliki wakil dari game TCG besutan Blizzard Entertainment ini. Sebut saja punggawa asal BOOM.ID, nexok40 yang mewakili Indonesia di ajang WESG 2017.

Perwakilan Indonesia Untuk Hearthstone Global Games (HGG 2018) Telah Diumumkan!!

Selain itu Indonesia juga sempat bermain di ajang Hearthstone Global Games (HGG) dengan atlet esports seperti Joth703 dari TEAMnxl>, dan juga DouAhou.


Mobile Legends: Bang Bang

Lemon asal Rex Regum Qeon. Sumber: eGG Network

Salah satu game MOBA mobile yang paling banyak dimainkan di Indonesia juga Asia Tenggara ini tidak ketinggalan memberikan wakilnya dari Indonesia.

Dengan tajuk Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2018, wakil-wakil Indonesia turut bertanding. Sebut saja EVOS Esports, Rex Regum Qeon.O2, dan juga Aerowolf.Roxy.

LJ Aerowolf Roxy. Dokumentasi: MSC 2018

Meskipun belum juara, kemampuan mereka hingga babak playoff patut dibanggakan melihat lawan yang tidak mudah.


PlayerUnknown’s Battlegrounds

Aerowolf.ADS
Tim Aerowolf.ADS di CPL 2018. Sumber: Aerowolf

Game besutan PUBG Corp. asal Korea Selatan ini juga menyita perhatian banyak orang di seluruh penjuru dunia. Bahkan game yang didebatkan perihal statusnya sebagai esports ini tetap berkembang.

Kiri ke kanan: RDK, superNaryr,

Namun kabar terbaru datang dari Aerowolf.ADS yang resmi mendapatkan direct invite ke ajang Hong Kong PUBG World Invitational 2018. Mereka akan bertanding melawan tim-tim esports terkenal seperti Cloud9, TSM, dan Team Liquid.


Rainbow Six Siege

Aerowolf.Scrypt di Sydney untuk ajang APAC Pro League. Sumber: Aerowolf

Masih ada lagi game FPS yang berfokus pada keahlian khusus setiap karakternya. Dengan tajuk Rainbow Six Siege, game besutan Ubisoft ini berhasil melahirkan minat salah satu tim asal Indonesia.

BACA JUGA: [Exclusive Interview] Kenalan dengan Aerowolf Scrypt, tim R6S Indonesia Level Internasional!

Mereka adalah Aerowolf.Scrypt yang sudah bermain di tingkat Asia Tenggara. Perjalanan terbaru mereka adalah bermain di ESL Pro League APAC Season 7 di ESL Studio, Sydney, Australia. Meskipun belum mampu juara, mereka sukses membawa nama Indonesia ke ranah internasional.


Tekken 7

Meat (kiri) dan R-Tech (kanan). Sumber: eGG Network

Ada juga wakil dari Indonesia di ajang Tekken7 tingkat dunia. Namun mereka merupakan pemain yang kurang terdengar dibandingkan game-game lainnya.

Mereka berdua adalah Meat dan R-Tech yang sempat membawa nama Indonesia ke ABUGET Cup 2017. Sudah saatnya kalian mengenal dua sosok ahli Tekken7 asal Indonesia ini, dan tentu apresiasi patut diberikan kepada mereka.


King of Fighters

KentutBerdahak (kiri) di ajang KoF XIV.

Arcade game selain Tekken7 ini juga memiliki perwakilan asal Indonesia. Dengan nama Bayu Indra Sakti atau nickname uniknya, KentutBerdahak ini juga mengharumkan nama Indonesia.

KentutBerdahak, Pemain Indonesia yang Meraih Juara 3 di King of Fighters XIV TGU 2018!!

Salah satu prestasi terbarunya adalah juara ketiga di ajang King of Fighters XIV di Bangkok, Thailand. Semangat terus untuk mas Bayu dalam karir esportsnya.


Point Blank

Tim PG.VGN di Sao Paulo, Brasil. Sumber: Instagram PG

Game yang memenuhi seluruh warnet di Indonesia ini juga memiliki sosok juara yang mengharumkan nama Indonesia di ranah esports internasional. Mereka adalah PG.Vengeance yang menjuarai PBGC 2018 di Medan, Indonesia.

BACA JUGA: [Exclusive Interview] tRust VNG: Pondok Gaming Kekeluargaannya Terasa!

Diakuisisi oleh manajemen Pondok Gaming, tim Vengeance membawa nama Indonesia di ajang internasional, PBIC 2018 di Brasil. Meskipun belum mampu tampil maksimal, tRust dan kawan-kawan sudah lebih dari cukup untuk meraih dukungan dari Indonesia.

Rex Regum Qeon menjadi juara PBIC 2017.

Pada tahun sebelumnya juga Rex Regum Qeon sempat menjuarai gelaran PBIC. Mewakili Indonesia dan sukses menjadi yang pertama di ajang tingkat dunia Point Blank tersebut.


Vainglory

Elite8 Esports di Vainglory Worlds 2017. Sumber: Detik

Tidak lengkap rasanya bila tidak mengabarkan keahlian atlet esports Indonesia di ranah kompetitif Vainglory. Tentu ada prestasi yang ditorehkan, terlebih lagi dari tim Elite8 Esports yang konsisten menggeluti Vainglory.

Officialhein mengibarkan bendera Indonesia di Kallang Theatre, Singapura. Sumber: SEMC

Tim yang dimotori oleh officialhein ini sempat membawa nama Indonesia di gelaran Vainglory Worlds 2017 di Kallang Theatre, Singapura. Walaupun performanya kurang memuaskan, tetapi mereka tetap menjadi kebanggaan bagi penggiat esports Vainglory asal Indonesia.


Sebenarnya masih banyak lagi perwakilan Indonesia di ranah kompetitif esports tingkat dunia. Namun tanpa melihat siapa saja atlet esports di atas, tentu kita sebagai penggiat esports di Indonesia harus tetap mendukung mereka terkait perbedaan game yang ada.

Kontingen Indonesia di ajang ekshibisi Asian Games 2018. Sumber: Esports.id

Sebelumnya juga pihak RevivalTV meminta maaf bila ada nama yang tidak tercantum, namun rasa cinta kita untuk Indonesia tetap sama. Atlet esports Indonesia juga siap bertanding di pertandingan ekshibisi esports di Asian Games 2018. #AyoIndonesia

Written by Yubian "Arnheim" Asfar

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0