Sumber: Signify
in ,

Opini Tejas “Ace” Sawant Tentang Ranah CS:GO Indonesia dan Signify

Jika kamu sering menonton aksi dari tim Executioners atau yang sering disingkat XCN, kamu pasti masih mengingat sosok sang IGL yang berasal dari India.

Siapa lagi kalau bukan Tejas “Ace” Sawant. Walaupun telah kembali ke India untuk tim lain, namun namanya masih menempel di sejarah CS:GO Indonesia.

Flash Gaming Putuskan Bubarkan Divisi CS:GO di Awal Tahun 2019

Dia merupakan pemain India pertama yang menyentuh ranah CS:GO Indonesia, sekaligus pelopor datangnya pemain luar negeri lain ke ranah ini.

Yang tidak dilupakan diingat adalah beberapa kemenangan manis mereka di ranah lokal maupun internasional.

Kro, blaZek1ng, bali, wnd, Ace, adrNk1ng. Source: XCN

Gambar diatas adalah potret kemenangan XcN di eXTREMESLAND Indonesia Qualifier 2018, sekaligus turnamen LAN terakhir Ace, Kro, wnd, dan blaZek1ng dibawah nama legendaris Executioners.

Bermula dari tersebarnya isu Ace yang akan kembali ke tanah kelahirannya untuk melanjutkan perjalanan karirnya, diikuti oleh keluarnya wnd, blaZek1ng, dan Kro ke tim-tim Indonesia lain. Hingga tim ini menyisakan adrNk1ng seorang diri untuk sementara waktu.

Ace Meninggalkan XCN setelah bergabung selama 10 bulan lamanya. Source: AFK.

Kami memutuskan untuk menghubungi Ace untuk mengetahui karirnya lebih lanjut, dan tentu pandangannya secara singkat tentang ekosistem esports di Indonesia khususnya ranah CS:GO.


Halo Tejas! apa kabar? apa yang kamu rasakan setelah hampir berbulan bulan lebih melepas jersey XcN?

“Halo RevivalTV! Saya baik-baik saja dan selamat tahun baru! Saya merasa baik sekaligus buruk karena saya merindukan Bali (coach), pemain, dan manajemen XCN yang telah memperlakukan saya dengan baik selama 10 bulan di XCN.

Untuk hal baiknya, saya bisa di India bersama keluarga, makan-makanan India, dan tetap di zona nyamanku.

Hidup saya sama saja, makan, main, tidur. Saya hanya akan menambah berat badan saya sebagai resolusi tahun baru, hahaha.

Valve Anti Cheat (VAC) Makan Korban Lebih dari Setengah Juta Pemain!

Sedangkan untuk in-gamerole saya telah berubah dari yang sebelumnya IGL menjadi lurker di Signify.

Jadi saya akan memainkanrole yang berbeda untuk pertama kali, karena saya hanya menjadi IGL sejak 3-4 tahun lalu di India, ini akan menjadi tantangan yang bagus,” ungkapnya.

signify csgo roster
Source: Signify

Mari kita mulai dengan bagaimana kamu berakhir di Signify?

“Setelah saya keluar dari XCN karena alasan pribadi, saya harus mencari opsi lain di India. Setelah OpTic India dibubarkan karena forsaken, Signify menghubungi Agneya “Marzil” Koushik dan ingin membuat roster CS:GO.

BACA JUGA: Rekrut NiZ, Team Capcorn Kembali Usung Formasi Full Indonesia!

Mereka (Signify) pikir setelah skandal forsaken di Zowie eXTREMESLAND 2018, mereka harus masuk (ke ranah CS:GO) dan membantu komunitas CS:GO. Marzil memilihku dan yB untuk lineup utama mereka, dan akhirnya terbentuk.”


Bagaimana kamu menilai firepower dari tim barumu saat ini? Dan bisakah jelaskan kenapa memilih DeathmakeR?

“Firepower di tim kami saat ini sangat baik. Seperti yang kalian lihat di DreamHack Invitational Mumbai, kami bisa mengalahkan Bravado Gaming dalam format Bo3 di upper bracket final.

Kami hampir menang di babak grand final, tapi kita belum mendapatkan waktu yang cukup untuk berlatih dengan crazyguy.

signify ace csgo
Signify Gaming. Source: Istimewa

DeathmakeR bisa dibilang talenta calon bintang dari India. Dia memiliki aim yang luar biasa. Dia bisa menjadi senjata kami.

Sedangkan yB memilihnya sebagai pemain kelima kami, karena mencari seseorang yang bisa mendengar perkataan dan mendapatkan headshot.”


Apakah kalian punya target ke depannya di bawah nama Signify?

“Tentu tujuan kami untuk sampai ke tier 1 Asia. Impian kami akan terjadi dengan kerja keras dan dedikasi dari kelima pemain kami.

Pertama-tama kami harus memenangkan semua event LAN di India, kemudian memberikan perlawanan di level Asia. Itulah tujuan kami untuk beberapa bulan ke depan.”


Setelah beberapa waktu tinggal di Indonesia, dapatkah kamu berikan kesimpulan tentang keadaan ranah profesional CS:GO di Indonesia?

“Setelah beberapa waktu di XCN, saya rasa CS:GO scene di Indonesia tidak begitu baik dibandingkan dengan India.

Hal yang paling baik adalah mereka mendapatkan low latency (ping) di server Singapura dan Hongkong.

Di India saat ini kita memiliki ESL India di mana mereka mengadakan 3 event dalam 1 tahun dengan prizepool yang besar untuk membantu ranah lokal.

BOOM ID CS:GO. Source: WESG

Namun masalah yang ada di India adalah kita tidak memiliki banyak sponsor maupun organisasi esports profesional, jadi sangat susah agar pemain dapat bertahan tanpa gaji yang mencukupi.

Di Indonesia saya rasa CS:GO tidak terlalu terkenal dibanding Dota 2 dan Mobile Legends. Saya tidak bermain LAN event manapun kecuali eXTREMESLAND 2018 Indonesia.

Jadi saya merasa sangat sedih kepada ranah lokal (Indonesia) dibandingkan dengan kami (India).”


Jika ke depannya kamu memiliki kesempatan untuk bermain dengan tim Indonesia lain, apakah kamu ingin kembali ke Indonesia?

“Ya, saya dengan senang hati akan datang ke Indonesia. Saya suka mendapat lebih banyak paparan sebagai pemain, belajar hal-hal baru, dan membuat teman baru melalui esports dan perjalanan ke berbagai belahan dunia bermain counter-strike.”

Ace ketika di XCN. Source: Istimewa

Ada yang ingin disampaikan kepada siapapun yang ada di Indonesia?

“Terima kasih telah mendukung saya saat saya berada di Indonesia, itu berarti banyak bagiku. Saya juga ingin berterima kasih kepada keseluruhan XCN, coach Bali, pemain, dan manajemen untuk waktu yang indah di Indonesia dalam 10 bulanku di Indonesia.

Terima kasih RevivalTV untuk interview-nya!Pungkas Ace menutup percakapan ini.

ace csgo xcn gaming
Sumber: XCN Gaming

Berikut kami telah hadirkan penjelasan Ace tentang beberapa hal termasuk hal yang dipelajarinya setelah sekitar 10 bulan berada di bawah nama XCN di Indonesia.

Mari kita harapkan perjalanannya di Signify akan lancar, dan akan sesuai impiannya sebagai salah satu tim yang ditakuti di ranah CS:GO Asia. Good Luck Ace!

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

18, Student, West Jakarta.
Freelance Esports News Writer.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0