BOOM ID. Source: WESG
in , ,

10 Tim CS:GO Indonesia Terbaik di Penghujung Tahun 2018 Versi Wooswa

Ranah kompetitif CS:GO Indonesia di tahun ini bisa dibilang lebih berkembang daripada tahun sebelumnya.

Memang ada perkembangan secara keseluruhan, namun dalam penyediaan turnamen masih minim, dibuktikan dengan hanya beberapa turnamen LAN yang digelar dengan CS:GO sebagai main event-nya. Kebanyakan LAN yang digelar merupakan kualifikasi untuk event internasional.

3 Tim CS:GO yang Diprediksi Semakin Memburuk di Tahun 2019!

Namun tetap saja, kehadiran IESPL TBOF CS:GOsangat membantu. Tidak bisa dibayangkan jika tidak ada liga tersebut, mungkin tidak ada wadah untuk ranah kompetitif CS:GO di Indonesia.

Brand Ambassador Capcorn, Zahra Yuriva. Sumber: IESPL.

Selain itu, tim-tim Indonesia mulai mencoba mengadopsi pemain-pemain luar untuk bermain di timnya.

Beberapa dari mereka adalah XCN dengan Ace, Team Capcorn dengan ZesBeew dan fal, ada juga Alter Ego yang memboyong areel dari Malaysia. Bahkan, RRQ pun membuat timnya mengibarkan bendera internasional dengan 4 pemain asing di timnya.

Wooswa di ROG Masters 2017 bersama DRA. Source: Istimewa

Dan untuk itu, kami mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu caster kondang asal Indonesia, Antonius “wooswa” Willson.

Kami berbincang untuk menyusun peta kekuatan CS:GO Indonesia di akhir tahun 2018 ini. Salah satu alasan kami memilihnya sebagai narasumber adalah pengalaman casting yang telah dilimpahkan kepadanya.

Pengalamannya di ranah ini pun sudah tidak usah diragukan, ROG Masters 2017 Indonesia, eXTREMESLAND 2018 Indonesia, dan IESPL TBOF CS:GO menjadi beberapa turnamen yang diembannya sebagai caster.

Berikut 10 tim terbaik diurutkan dari yang pertama dalam ranah kompetitif CS:GO di Indonesia. Cekidot!


1. Recca Esports

roseau, Sys, Frostmisty. Sumber:IESPL.

Sys, roseau, Eeyore, Asterisk, Kro

Wooswa memilih Recca Esports sebagai penghuni tim terbaik Indonesia di penghujung tahun 2018 ini.

Dijelaskan bahwa pengalaman dan datangnya AWPer baru mereka menjadi alasan utama mereka bangkit lagi setelah sempat terpuruk.

“Sempat shaky di awal tahun 2018 karena harus main dengan stand in, tapi ternyata setelah bermain dengan Nanda “Asterisk” Rizana, Recca dapat bermain dengan stabil lagi, dan bermain dengan sangat baik.

Mentalitas Recca Esports terbukti membuat mereka bisa menghuni peringkat nomor satu di IESPL hingga artikel ini ditulis.

Walaupun sempat sangat terpuruk setelah kehilangan Hansel “BnTeT” Ferdinand dan Kevin “xccurate” Susanto, mereka akhirnya mampu bangkit dan bermain dengan performa terbaik mereka.

Satu-satunya masalah yang mereka miliki adalah map pool yang masih relatif sempit. Namun walaupun begitu, mereka masih bisa dibilang tim terbaik Indonesia saat ini,” ungkap Wooswa


2. BOOM ID

BOOM ID. Source: WESG

mindfreak, Gruvee, kyloo, 6fingers, f0rsakeN

“Kualitas tim BOOM ID meroket tahun ini. Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, BOOM ID lebih konsisten dan terorganisir permainannya. Pemain-pemain mereka mulai matang dan mulai dewasa dalam bermain.

Tapi tetap, konsistensi masih menjadi hantu besar untuk mereka. Dan mentalitas mereka dalam bermain di laga-laga penting masih harus ditingkatkan. Bisa dibilang tim yang paling jago di map Nuke di Indonesia,” jelasnya.

BOOM pada tahun ini berhasil mewakilkan Indonesia di ajang WESG 2018 APAC Finals yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia di bulan Desember 2018.

Namun BOOM tidak dapat masuk ke babak World Finals dan hanya mampu meraih posisi 5-6 di ajang tersebut.


3. Rex Regum Qeon

RRQ di liga IESPL CS:GO. Credit: @iespl.id

Machinegun, Dispenser, DubsteP, Hasteka, (TBA)

“Tim ini punya potensi untuk menjadi tim nomor satu di Asia Tenggara. Tapi masih butuh waktu cukup lama agar 5 kepala dalam tim RRQ bisa jadi satu. Masalah komunikasi masih menjadi hantu besar buat tim ini.

Akibatnya, banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi yang membuat mereka kehilangan ronde-ronde penting. Tapi kalau mereka udah bisa berkomunikasi dengan sangat lancar, tim ini bisa jadi sangat mengerikan.”

BACA JUGA: RRQ Resmi Lepas Anlika “LurkZz” Putra, Sisakan 4 Pemain Internasional

Tim ini cukup unik, karena merupakan organisasi Indonesia pertama yang merekrut tim CS:GO tanpa mayoritas pemain Indonesia. RRQ sendiri memang jarang muncul di luar ajang IESPL.

Mereka sempat bermain di ESL Pro League Season 8 SEA Open Qualifier, dan meraih posisi runner-up. Potensi yang dimiliki oleh tim ini bisa dibilang sangat besar di kawasan Asia Tenggara.


4. Team Capcorn

team capcorn csgo
Source: Team Capcorn

fal, vostok, MaverickZz, scRiN, (TBA)

“Kedatangan Sha “ZesBeew” Mohtar sebenarnya membawa angin segar ke tim ini. Tim yang dihuni oleh talenta-talenta yang berpotensi menjadi tim nomor satu di Indonesia ini sesungguhnya hanya kekurangan seseorang pemimpin.

Ketika ZesBeew datang ke tim ini, terlihat mereka mampu bermain dengan rapih dan berada di posisi yang tepat.

Namun mereka terlalu sering gonta-ganti pemain. Akibatnya mereka tidak pernah menemukan konsistensi yang mereka inginkan.”

Saat ini, Capcorn belum menemukan pemain kelima permanen mereka. Saat ini, mereka menggunakan jasa Tonny “Tonny” Lim yang sebelumnya menjadi bagian dari Capcorn dulu untuk menjadi stand in mereka.

Capcorn bisa dibilang tim yang sukses menerapkan pemain asing di roster mereka. Yang jelas, masih terlalu dini untuk mencap tim ini kedepannya.


5. Alter Ego Esports

recap iespl week 2
Source: IESPL

alessa, fuirix, Tsukamoto, voogy, Sofriments

“Tim yang luar biasa inkonsistennya. Mereka bisa melakukan upset ke tim-tim besar, tapi juga bisa kalah dengan tim-tim kecil lainnya.

Padahal, mereka dihuni oleh nama-nama besar di scene CS:GO Indonesia. Menurut Antonious, beberapa pemain tidak dimainkan di role yang semestinya. Tapi gw juga bisa salah.

Yang jelas, mentalitas mereka juga harus diperbaiki untuk bisa jadi tim yang lebih baik di Indonesia. Map pool mereka tidak terlalu luas dan permainan mereka mudah ditebak oleh musuh.”


6. Bigetron Esports

Bigetron Esports. Source: @iespl.id

famouz, Snyder, maestro, FW, asceL-

“Tim yang isinya pemain-pemain muda dengan aim yang luar biasa. Onlinenya sangat-sangat keras, tapi offlinenya inkonsisten.

Mentalitas offline mereka masih kurang pengalaman.Sayang sekali, mereka bisa dibilang vakum selama 6 bulan.

Ketika tim lain berkembamg, tim ini masih sama ketika 6 bulan lalu saya pertama kali melihat mereka.

Bakat-bakat luar biasa yang belum dipoles dengan baik dari sisi taktik dan mentalitas. Map pool mereka sempit, dan permainannya masih terkesan ugal untuk sebuah tim professional.”

Sangat disayangkan jika tim yang dulunya bernama Syntax Gaming ini hilang dari permukaan. Pasalnya tim muda ini berhasil memberikan perlawanan yang berarti pada tim-tim senior. Menurut saya Bigetron merupakan tim muda nomor 1 di Indonesia saat ini.


7. The Prime Esports

ThePrime. Source: TP.

maRK, budimeister, M1xly, Rynn0, Rapheleen

“Tim ini bermain dengan taktik-taktik yang cukup menarik untuk disaksikan. Pembacaan mid strat mereka cukup baik.

Namun lagi-lagi, masalah sama yang biasanya dimiliki tim dengan mayoritas pemain muda, mentalitas,” ungkap wooswa

Tim yang baru saja dibentuk ini memiliki cukup banyak potensi untuk menjadi penghuni top 5 Indonesia.

Namun dengan posisi mereka sebagai non-fulltimer, mereka belum bisa menunjukan potensi terbaik mereka.Karena memang tim ini dihuni beberapa pemain muda, atau bisa dibilang Under-18.


8. TEAMnxl>

m1rskiee teamnxl csgo
Source: TEAMnxl>

frgd[ibtJ], soifong, FRAGILE!, Zushifukato, Vask0

“Tim yang dulunya adalah segala-galanya di CS:GO, mereka sangat-sangat terpuruk setelah kehilangan 3 core pemain mereka. Dan semenjak itu, mereka tidak pernah berada di level yang sama seperti dulu.

Dengan kembalinya frgd ke roster utama tim ini, gw melihat ada harapan bagi tim ini untuk bisa membaik dari segi permainan.

Walaupun jujur, menurut saya untuk bisa kembali menjadi tim nomor satu di Indonesia, magic dari frgd dan soifong sudah tidak mempan.”

TEAMnxl> dengan secara mengejutkan berhasil mengalahkan The Prime 2-0 di ajang IESPL TBOF. Padahal saat itu, The Prime bisa dibilang sedang terbang di atas angin, dan tidak ada yang menyangka hal ini terjadi.

Dengan kehadiran FRAGILE! dan frgd kembali, saya rasa tim ini akan kembali ke jalan yang benar, walaupun tidak akan mencapai tingkat tertinggi CS:GO Indonesia.

Tapi yang penting roster-nya bisa setingkat dengan nama sebesar TEAMnxl> sebagai salah satu organisasi esports keramat di Indonesia.


9. Pondok Gaming.BarracX

PG.BarracX. Source: WESG

ValdyN, Rem2k, fat penguin, Cud-, Sharky

“Tim yang sempat terlihat sangat menjanjikan pada beberapa turnamen, tapi nyatanya mereka tidak pernah tampil dengan konsisten.

Hanya mampu memberikan upset-upset kepada tim-tim besar dan itu pun hanya 1 mapMap pool mereka sangat sempit, tapi diisi oleh pemain pemain yang sangat bertalenta.”

Saat ini, PG.BarracX digawangi oleh coach senior di ranah CS:GO Indonesia, yaitu Terry “nfx” Atreyu.

4 Perubahan Roster Tim CS:GO Paling Buruk di Tahun 2018

Tim yang dulunya bernama 4SEASON ini memiliki apapun yang mereka butuhkan untuk lebih baik. Aim yang keras, support dari organisasi besar.

Namun mereka masih harus mencari segudang pengalaman, dan itulah tugas dari coach baru mereka. Dapatkah mereka menanjak ke tingkat yang lebih tinggi dengan hadirnya coach baru mereka?


10. Executioners

xcn csgo lepas pemain
Sumber: XCN

adrNk1ng, (TBA), (TBA), (TBA),(TBA)

“XCN yang dulu bukanlah XCN yang sekarang. Tidak tahu apa yang akan terjadi dengan mereka di IESPL ke depannya. Jika mereka masih bisa bertahan di 4 besar, itu adalah hal yang sudah sangat bagus.”

Seperti yang kita tahu, XCN saat ini hanya menyisakan 1 pemain dalam roster aktifnya yaitu Adrian “adrNk1ng” Setiawan.

Tidak ada informasi lanjutan hingga saat ini siapa yang akan mengisi kekosongannya. Namun jasanya dalam ranah CS:GO Indonesia di tahun ini membuat mereka wajib masuk kedalam daftar ini.


Worth Mentioning – EVOS Esports

EVOS Esports
Source: EVOSESPORTS

abby-, inzane- Etham, RiseN, klipp

Saya rasa tim ini perlu mendapat ruang tersendiri, karena mereka baru saja di bentuk ulang dari roster mereka yang sebelumnya.

Ranking IESPL mereka saat ini bertolak belakang pada kekuatan mereka di roster ini. Jika mereka bertahan dengan roster ini selama tahun 2019, saya yakin mereka akan masuk kedalam top 10 Indonesia, bahkan 5.

Mereka membawa 2 nama baru di ranah CS:GO Indonesia. Ditambah 3 pemain yang sudah tidak asing di ranah ini.

Ethan atau yang sering kita tahu Hazard merupakan mantan pemain TEAMnxl, Kanaya Gaming, BOOM ID, dan yang terakhir Capcorn.

Segudang pengalaman sudah ada di tangan EVOS CS:GO. Ditambah RiseN dan Klipp yang merupakan pemain bintang dari masing-masing mantan timnya.


Sekian kami telah hadirkan peta kekuatan CS:GO Indonesia pada akhir tahun 2018 ini menurut Antonious “wooswa” Willson.

Kami juga akan menghadirkan peta kekuatan CS:GO Asia di lain waktu. Namun yang jelas, ranah CS:GO Indonesia temponya cukup cepat. Dalam beberapa bulan kedepan kita akan melihat roster shuffle yang cukup mengagetkan.

m1rskiee, LurkZz, Sys, Hazard, voogy, frgd, roseau, soifong, maRk, FrostMisty

Jadi, mari kita harapkan yang terbaik untuk seluruh tim CS:GO di Indonesia baik profesional maupun semi-professional. Siapa nama baru yang akan muncul di penghujung tahun 2019? Mari kita tunggu ke depannya!

Diedit oleh Yuban A. Huda

Written by Juandi

18, Student, West Jakarta.
Freelance Esports News Writer.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0