in , ,

Ngobrol Bareng dengan Divisi Baru BOOM ID, FIFA Online, tentang Prestasi, Motivasi, dan Harapan Mereka

Image Credit: Gamespot

Hari ini, 8 Maret 2018, salah satu organisasi esports besar asal Indonesia, BOOM ID, resmi mengenalkan divisi baru mereka. BOOM ID memilih FIFA Online sebagai divisi kelima mereka setelah mereka memiliki 4 divisi sebelumnya, Dota 2, CS:GO, Mobile Legends, dan Vainglory.


Tak tanggung-tanggung, divisi FIFA Online (FO)mereka sebenarnya sudah banyak mengarungi kejuaraan nasional ataupun internasional sebelumnya. Kebetulan saja kita di Indonesia memang sepertinya kurang memperhatikan ajang FO sebelumnya.

Sebelum kita masuk ke obrolan dengan divisi baru ini, saya juga sempat menanyakan komentar dari owner / CEO BOOM ID, Gary Ongko, tentang inisiatifnya merekrut divisi FO.

“Sayanya sendiri suka banget sama bola dan suka maen FIFA walaupun di console gak di FO.” Kata Gary. Ia juga menambahkan bahwa, menurut informasi yang diterimanya, komunitas FO itu sebenarnya besar di Indonesia.

Pemain-pemain yang masuk ke divisi baru ini juga ternyata telah memiliki segudang prestasi di FO. Ditambah lagi, karena FO3 juga sebentar lagi akan beralih ke FO4, Gary pun menambahkan, “saya kira momennya bagus untuk akuisisi.”


Motivasi Gabung dengan BOOM ID

Itu tadi komentar dari bosnya BOOM ID. Mari kita mulai obrolannya dengan divisi baru BOOM ID, yang diwakili oleh salah satu pemainnya, Adi ‘KQB’ Prasetyo.

Mari kita lihat terlebih dahulu siapa saja pemain yang masuk ke dalam divisi baru FO BOOM ID ini:

  • KQB (Adi Prasetyo)
  • ABADIA (Muhammad Akbar)
  • ALAZKA ( Hary yudi saputra)
  • AUXERE ( Khairul anam)

Dari keempat pemain ini, sebenarnya hanya KQB yang sebelumnya berbeda tim. Adi dulu pernah bergabung bersama Guardian Force. Sedangkan ketiga pemain lainnya sebelumnya memang sudah satu tim, yang awalnya bernama Bekasi Gold, kemudian berubah jadi Trinity, sebelum menjadi BOOM ID.

Mereka mengaku butuh tantangan baru saat kami tanyakan motivasinya bergabung dengan BOOM ID.

Ngobrol Bareng Owner / CEO BOOM ID: Tentang Predator League, Geek Fam, dan BOOM ID

Kata Adi, “Dengan bergabung ke BOOM ID, kami ingin memperluas dan menambah image yang bagus ke teman-teman komunitas FIFA se-Indonesia bahwa tim besar esport di Indonesia juga ingin memiliki tim FIFA. Karena, selama ini kan dari game-nya sendiri player-nya tidak sebanyak game esport lainnya di Indonesia seperti Dota, Point Blank, atau game-game mobile yang sedang boming seperti ML dan AoV.”

Sederhananya, mereka ingin lebih banyak orang tahu bahwa ternyata ada tim-tim esports Indonesia dari genre sport.

TyLoo Hentikan Langkah BOOM ID di Kualifikasi Asia DreamHack Marseille 2018


Daftar Prestasi sebelum Masuk BOOM ID

Seperti yang saya tuliskan tadi, ternyata memang pemain-pemain di divisi baru BOOM ID ini memang sudah mengantongi segudang prestasi.

Ini dia daftar panjang (beneran panjang wkwkwk) prestasi mereka sebelum bergabung dengan BOOM ID:

KQB:

  1. 1st XL Axiata cup 2014
  2. 2nd Battle to Korea 2014
  3. 4th Pro League season 1 2014
  4. 4th Pro League season 2 2015
  5. 1st Champion Arena II 2016
  6. 2nd runner up Sea Open Championship Vietnam 2016
  7. 1st GPC Winter 2017

Auxere:

  1. 1st Place Champion Arena III
  2. 1st place PRO LEAGUE 3
  3. 1st place GPC Summer 2016
  4. 1st place GPC Winter 2016 – Runner up Champion Arena 1
  5. 1st Challenger Road to Vietnam
  6. 2nd Pro League Season 4
  7. 2nd GPC Summer 2017
  8. Semifinal Invitational Vietnam 2015
  9. Semifinal Asian Cup Korea 2015
  10. 1st GPC Winter 2017
Image Credit: Facebook Fanpage FIFA Online 4 Indonesia

Abadia:

  1. 1st Place Champion Arena I
  2. 1st place PRO LEAGUE 3
  3. 1st place GPC Summer 2016
  4. 1st place GPC Winter 2016
  5. 2nd Pro League Season 4
  6. 2nd GPC Summer 2017
  7. Semifinal Invitational Vietnam 2015
  8. Semifinal Asian Cup Korea 2015
  9. 1st GPC Winter 2017

Alazka:

  1. 1st place PRO LEAGUE 3
  2. 1st place GPC Summer 2016 – 1st place GPC Winter 2016
  3. 2nd Pro League Season 4
  4. 2nd GPC Summer 2017
  5. Semifinal Invitational Vietnam 2015
  6. Semifinal Asian Cup Korea 2015
  7. 1st GPC Winter 2017

Kondisi Esports FIFA Online Saat Ini

Berhubung KQB adalah salah satu pemain aktif di ajang kompetitif FO, saya jadi penasaran untuk cari tahu bagaimana sebenarnya kondisi esports FO sekarang ini, baik untuk tingkat lokal ataupun internasional.

“Jauh lebih berkembang sih ya. Lebih banyak nama-nama baru yang bermunculan di scene esport lokal. Saya sendiri ngerasain kalo lagi latihan di ranked match banyak ketemu sama nama-nama baru. Jadi makin bervariasi aja dari segi nyediain taktik untuk melawan mereka.

FIFA Online 4 yang akan menggantikan FIFA Online 3

Untuk di luar negeri sendiri pun (Asia), banyak nama-nama baru yang jadi juara untuk mewakili negaranya masing-masing di turnamen internasional.” Cerita KQB.

Namun demikian, ia juga menambahkan bahwa, karena sebentar lagi FO3 akan berganti ke FO4, pemainnya jadi sedikit berkurang karena banyak yang sudah tidak sabar bermain di FO4.


Target Prestasi dan Harapan Mereka atas FO

Saya pun melanjutkan perbincangan dengan menanyakan target prestasi seperti apa yang ingin mereka raih setelah bergabung bersama BOOM ID.

“Tentunya menjuarai setiap turnamen yang ada dong. Namun, menurut saya pribadi, prestasi terbesar adalah, setelah bergabungnya kami ke BOOM ID, semoga semakin banyak nih playerplayer baru yang bermunculan hehehe.” Kata Adi.

Revival’s Special: Ngobrol Bareng Owljan, Manajer BOOM.ID, tentang Peran Manajer Tim Esports

Saya sendiri sebenarnya merasa tidak mungkin juga beban popularitas satu game dipasrahkan hanya ke satu tim / organisasi.

Karena itu, saya pun menanyakan apakah divisi baru ini memiliki harapan untuk Garena sebagai publisher FO agar lebih aktif menggarap komunitas ataupun kompetisi FO, seperti yang mereka lakukan dengan LoL, PB, dan AoV.

“Kalo ini sih bener banget, semoga tim Garena nya sendiri lebih inovatif dalam mengembangkan komunitas di scene lokal. Dan juga semoga semakin banyak turnamen-turnamen yang ada di Indonesia, gak cuma dari Garena aja turnamennya hehehe” tutup KQB.


Itu tadi obrolan kami dengan divisi baru BOOM ID, FIFA Online. Semoga harapannya tercapai ya! Semoga juga akan lebih banyak lagi turney-turney FO di Indonesia ataupun di tingkat global.

Oh iya, jangan lupa juga dukung divisi baru BOOM ID, FIFA Online ini untuk bertanding di turnamen EACC Spring 2018 di Bangkok, Thailand, 31 Maret – 1 April 2018 ya!

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…