in ,

RevivalTV Awards 2017: 9 Pemain Esports Terbaik Asal Indonesia di 2017!

Melanjutkan artikel kami yang sebelumnya, 9 tim esports terbaik asal Indonesia, kali ini kami akan memberikan penghargaan tertinggi kami ke masing-masing player alias 9 pemain esports terbaik asal Indonesia.

Aturan mainnya masih sama: para penulis RevivalTV telah memberikan nominasinya beserta dengan beberapa juri undangan, Senz dan Melondoto.

Kali ini hanya ada 2 juri undangan, berhubung kebetulan belakangan DEIPNO sedang sibuk jadi caster di ajang internasional, Vainglory World Championship 2017.

Sebelum kita masuk ke daftarnya, kami ingin meluruskan satu hal terlebih dahulu. Semua pemain (atau tim untuk artikel yang sebelumnya) yang tidak masuk di daftar ini bukan berarti tidak hebat atau tidak kami kagumi.

Jika ada pemain yang tidak kami sebutkan di sini, hal tersebut lebih ke murni kekurangan kami sebagai manusia yang tidak Maha Tahu. Nama-nama yang tidak disebut di diskusi kami bukan berarti tidak hebat tapi hanya saja kami yang memang masih sangat terbatas pengetahuan dan ingatannya.

Lagipula, jumlah pemain esports kita yang hebat-hebat sebenarnya juga sekarang mungkin sudah mencapai ratusan yang berarti tidak mungkin disebutkan semuanya satu persatu. Karena itu, kami pun harus memilih dengan berat hati.

Jadi, tanpa basa basi lagi, inilah 9 pemain esports terbaik asal Indonesia di 2017.

1. Hansel Ferdinand – BnTeT – Counter Strike: Global Offensive

BnTeT

Dari hasil diskusi kami, sebenarnya ada 2 nama yang paling sering disebutkan yaitu BnTeT dan InYourDream. Bahkan InYourDream sebenarnya dinominasikan lebih sering ketimbang BnTeT. Namun demikian, saya pribadi akhirnya lebih memilih argumentasi yang lebih solid ketimbang jumlah vote.

Juandi, penulis kami yang paling doyan CS:GO menceritakan pendapatnya, “Kenapa gua taroh BnTeT di nomor 1, soalnya dari scene esports Indo, sejauh ini yang paling bikin indonesia dilihat orang luar di CS:GO karena BnTeT.”

Buat yang mungkin tidak mengikuti scene CS:GO, BnTeT sekarang ini memang bergabung dengan tim asal Tiongkok, TyLoo, dan bertanding di tingkatan internasional.

“Sejak BnTeT join TyLoo & di atas mulu, bisa dilihat kalau kualitas pemain indonesia bisa di atas pemain pemain Asia lain, dan bahkan setara dengan beberapa pemain NA (North America) yang pernah satu match dengannya. Selain itu, kontrak BnTeT juga pasti gede, dan ga main-main angkanya. dari nxl> ke Recca aja udah gede,” lanjut Juandi.

Lightbringerpenulis kami yang juga kerap menulis untuk tim Mineski dari Filipina, juga memberikan pendapatnya soal BnTeT, “bakatnya ini akhirnya membuat ia direkrut ke TyLoo. Meski begitu BnTeT masih profesional dan mau membantu tim lamanya bahkan bisa menjuarai Zen League Season 1, turnamen internasional di Aussie. Banyak orang mengira kendala bahasa bakal terjadi, namun ia membuktikan dengan kemampuannya yang masih bersinar dan bisa pergi ke turnamen-turnamen kelas premier seperti ESL One Cologne. Dari ketiganya (nominasi yang diberikan Lightbringer) menurut gua, BnTeT paling the best karena kemampuan individunya dan semangat nasionalismenya”

Penulis kami yang lain, w11wo A.K.A Wilson Wong yang merupakan penulis serba bisa, memberikan komentar penutup kami tentang pemain yang satu ini, “bisa join tim CS luar negri, apalagi langsung ke Tyloo, tim yang dijuluki the best in China. Bener-bener ngebanggain Indonesia banget dengan prestasinya selama berada di tim Indo dan juga sekarang pas udah di luar.”

2. Yulius – Nextjacks – Point Blank

Melondoto, siapa sih yang tidak kenal dengan Melon, berkata, “Jack ini inspirasi pemain-pemain PB. Perjalanan bertahun-tahun membuahkan hasil (juara) 1st PBNC dan (juara) 1st PBIC, dan itu belum ada yg pernah.”

Melon juga melanjutkan ceritanya soal Nextjacks, “Proses Jack memulai karir bener-bener try hard. Beberapa kali ikut ga pernah juara. Cem (seperti) Kuroky (pemain Dota 2, alias Kuro Salehi Takhasomi).

PBNC 2017: RRQ Endeavour Sah Bawa Pulang Rp500 Juta!

Saya sendiri, Yabes Elia, Editor-in-Chief untuk RevivalTV, juga menjagokan pemain yang satu ini. Pasalnya, saya sempat berbincang dengannya setelah kemenangan RRQ Endeavour di PBNC 2017. Pemain yang satu ini sangat humble meski kemampuannya di PB memang ajaib (berhubung saya sendiri juga menonton semua pertandingan RRQ Endeavour di PBNC 2017 lalu).

3. Muhammad Rizky – InYourDream – Dota 2

Selain BnTeT, mungkin InYourDream (IYD) merupakan pemain kita di daftar ini yang paling populer. Kemampuan dan prestasinya pun sebenarnya sebanding dengan popularitasnya.

Senz, CEO dari RevivalTV, menjagokan IYD karena menurutnya pemain yang satu ini mungkin merupakan talent paling top di kawasan SEA (Asia Tenggara).

Melondoto pun juga menominasikan IYD karena ia menjadi pengaruh terbesar Dota (di Indonesia).

Jane Edgina, penulis wanita kami yang kemarin baru saja bincang-bincang dengan Lemon dari RRQ O2, juga menyebutkan nama IYD. Menurutnya, “IYD ini pemain yang berjasa banget buat Indonesia menurut gua, nggak cuma karena dia adalah first player yg nyampe 9K (MMR) di SEA. Dia juga pernah bergabung sama Fnatic walaupun akhirnya harus keluar karena urusan keluarga.”

4. Kevin Sutanto – xccurate – Counter Strike: Global Offensive

Satu lagi pemain CS:GO yang masuk ke daftar kami. Pemain kelahiran 1998 (19 tahun) ini memang layak masuk ke daftar kita karena kemampuannya menggunakan AWP di game FPS paling populer sedunia.

Juandi mengatakan, “xccurate, AWPer dari Recca Esports istilahnya PUG god dari SEA lah haha. dia bisa di-consider as one of the best AWPer in SEA. xccurate tinggal kumpulin pengalaman yang lebih banyak lagi, abis itu xccurate bisa aja pindah ke team NA kalau mau. Tipe dia aggresive AWPer, yang notabene jarang di SEA.”

Wawancara Dengan Kevin “xccurate” Susanto, Pemain Recca Esports!

w11wo juga menjagokan xccurate karena menurutnya, “performance yg stabil di setiap game, AWP skill-nya yang bisa nandingin tim-tim luar lainnya, reliable player dan IGL (In-Game-Leader) untuk tim Recca.

5. Ryan Prakasha – supernayr – LoL, Dota, Overwatch, PUBG.

Image Credit: Garena

Mungkin inilah pemain paling unik yang ada di sini atau mungkin bahkan di Indonesia. Jika kawan-kawan melihat judul game yang kami tuliskan di atas di sebelah IGN-nya, kami bahkan tidak bisa menuliskan semua game yang jago dimainkan pemain yang satu ini karena terlalu banyak.

BACA JUGA: Kenalan dengan Supernayr, Pemain Esports Indonesia yang Serba Bisa

Ia sungguh ajaib, kalau tidak mau dibilang aneh (wkwkwkwk), karena biasanya 2 genre paling populer di esports (MOBA dan FPS) itu sangat berbeda kebutuhan skill-nya. Namun supernayr mungkin memang sungguh-sungguh super.

Melon bahkan mengatakan, “ini golden boy, Dota jago, PUBG masuk tim RRQ, Overwatch juga terkenal di SEA.”

6. Muhammad Adriansyah Jusuf – Meat – Tekken

Berhubung artikel yang lalu adalah soal tim, kami tidak bisa memasukkan game-game yang diwakili perorangan, seperti game fighting. Namun karena sekarang adalah soal pemain terbaik, kami kira kami wajib memasukkan nama pemain yang satu ini di sini.

Nama ini juga direkomendasikan oleh salah satu kawan kami, Estu Putro Wibowo, selain Editor-in-Chief untuk Metaco (yang sebenarnya juga saingan media esports haha…), beliau juga Public Relation untuk JGW (Jakarta Games Week) dan Abuget Cup yang merupakan 2 dari segelintir ajang esports yang mengangkat game fighting.

Meat sebenarnya sempat meroket popularitasnya di 2016 karena prestasinya. Namun exposure-nya di media jadi surut di 2017 ini. Padahal, pemain yang mungkin layak digelari raja game fighting dari Indonesia ini masih terus berprestasi di luar negeri.

7. Ridha Audrey – Audrey FF – Counter Strike: Global Offensive

Image Credit: Detik

Gamer paling cantik yang ada di daftar ini memang mewakili gamer girls kita di sini. Namun, bukan berarti kami tidak punya alasan bagus kenapa ia ada di daftar ini.

Nama-nama gamer perempuan memang mulai banyak bermunculan tahun 2017 ini namun Audrey FF mungkin bisa dibilang sebagai salah satu pelopor popularitas tren gamer girl di Indonesia.

Jane menuliskan pendapatnya mengenai idolanya yang satu ini, “sebenernya alasan utama gua masukin Audrey ke list ini bukan karena skill-nya di CS:GO (yaa udah sempat global elite sih) tapi karena kegigihannya membangun FF dari 0 sampe sekarang. Padahal dari titik 0 itu ga mudah bahkan pernah sampe FF sisa dia doang dan anggotanya semua keluar.”

“Tapi sekarang usahanya tentu gak sia sia karena FF udah ada banyak divisi di berbagai game seperti PB, CS:GO, AoV, dll dan prestasi divisi-divisi tersebut tuh udah banyak. Audrey selain manager juga dia ngisi role AWPer di tim FF divisi CS:GO. Audrey ini juga makeup artist jadi bisa dibilang multitalented bangeeeet,” tambah Jane.

8. Rusman Hadi – Rusman – Dota 2

Image Credit: TP.NND

Satu lagi pemain dari Dota 2 dan ia berasal dari salah satu tim esports baru yang langsung mencuri perhatian, TP.NND.

Rudi Dwi Hartanto, penulis kami yang memperhatikan banyak scene kompetitif, menuliskan pendapatnya soal Rusman ini, “Underrated parah sih. Mungkin Rusman bisa jadi salah satu standout core player di 2017 karena performa dia yang stabil dan juga versatility dari hero pool Rusman yang membuat TP.NND punya draft yang lebih open.”

Underrated di sini maksudnya ia masih kurang dikenal para penggemar esports tanah air padahal kemampuannya sebenarnya sudah bisa dibanggakan.

“Rusman punya potensi untuk top carry untuk SEA Region. Rusman juga menjadi salah satu sosok yang bisa dibilang membawa TP.NND menang final Red Bull final di Negeri Jiran. InYourDream dan Rusman bisa jadi 2 players yang punya potensi go international paling tinggi kalau dilihat dari performance 2017. Rusman punya versatility tersendiri,” lanjut Rudi.

9. Jason Susanto – f0rsaken – Counter Strike: Global Offensive

Kami kira pemain esports termuda ini wajib masuk ke daftar kita kali ini. f0rsaken merupakan pemain berusia 13 tahun (di 2017) yang berhasil menorehkan namanya di sejarah esports kita.

Saya pribadi sempat berbincang-bincang dan menuliskan profil timnya, Aerowolf, beberapa waktu yang lalu. Kepolosan dan semangat f0rsaken membuat saya semakin mengagumi pemain yang satu ini.

Aerowolf sendiri sebenarnya sekarang sedang hiatus namun kami mendapatkan bisikan bahwa tim ini akan bangun dari tidurnya dengan formasi baru.

Jika berbicara soal Aerowolf dan f0rsaken, kami kira kami juga tidak bisa lepas dengan nama Jose ‘Histoire’ Iman yang merupakan rekan satu tim dan kawan dekat f0rsaken, sekaligus pendiri Aerowolf. Namun berhubung f0rsaken lebih muda, kami memilih untuk memasukkan namanya (meski memang perjalanan karier f0rsaken mungkin memang tak akan bisa lepas dari jasa Histoire).

Penutup

RevivalTV Awards 2017: 9 Tim Esports Terbaik asal Indonesia di 2017!

Akhirnya, selamat untuk para pemain hebat yang ada di daftar ini. Kami sungguh mengagumi para pemain esports kita yang telah berjasa membanggakan nama Indonesia.

Sebelum kami menutupnya, sekali lagi, nama-nama yang tidak kami sebutkan di sini bukan berarti tidak hebat atau tidak keren (plus tidak mungkin juga kami menyebutkan ratusan nama). Kebetulan saja, nama-nama inilah yang muncul di kepala kami saat berdiskusi.

Apakah teman-teman setuju dengan daftar kami ini? Apakah ada nama-nama pemain lain yang harusnya ada di sini? Bagaimana dengan versi kalian sendiri untuk 9 pemain esports terbaik asal Indonesia? Tuliskan pendapat kalian di bagian komentar ya…

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…