in , , ,

Wawancara Bersama Pemenang Hearthstone WESG 2017 Indonesia, Nexok40

Hearthstone merupakan permainan kartu berdasarkan turn based antara dua pemain. Permainan ini dirilis oleh Blizzard Entertaiment sejak tahun 2014. Sayangnya game mobile ini tidak terlalu terdengar di Indonesia karena diharuskan menyusun strategi deck untuk memenangkan pertandingan.

Namun Hearthstone masih menjadi daya tarik tersendiri bahkan termasuk dalam salah satu lomba WESG 2017 yang diadakan di Cina. Indonesia mengirimkan perwakilannya untuk kualifikasi region Asia Pasifik. Ia adalah Novan Kristianto atau dikenal sebagai Nexok40.

Novan sendiri mengaku mulai bermain Hearthstone sejak 2014. Ia sebelumnya senang bermain cardgame dan yang paling sering yaitu Yugioh. Ia juga memenangkan kompetisi Yugioh tingkat nasional di tahun 2013.

Ia mengaku tertarik memainkan Hearthstone karena diajak teman untuk bermain. Walau awalnya, ia ragu dan tidak terbiasa karena digital namun, karena bisa dimainkan di mana saja, ia akhirnya ikutan main sampai sekarang.

Kebosannya memainkan Yugioh, merupakan alasan lain ia akhirnya memainkan Hearthstone yang berasal dari cardgame World of Warcraft (WoW).

Scene Hearthstone menurut Novan masih bermain secara casual. “Kalau mau bermain competitive harus mengikuti rajin mengikuti turnamen-turnamen internasional” katanya. Apalagi turnamen Hearthstone juga minim sekali di Indonesia.

Nexok40 (kiri) dan Lothar (kanan), pemain Hearthstone yang sekarang di G2 Esports  Sumber : Novan Kristianto

Menurutnya pemain di Indonesia sebenarnya banyak banget, namun sayangnya masih bermain sendiri-sendiri dan hanya bermain secara casual.

Kedatangan game-game mobile populer sekarang menurutnya tidak terlalu terasa dengan Hearthstone. “Game-game tersebut punya pasarnya sendiri-sendiri soalnya beda genre” katanya. “Dan bisa saja satu orang bisa memainkan semua game tersebut asal waktu cukup” tambahnya.

Novan sendiri sudah didukung orang tuanya untuk menjadi pemain esports. Karena orang tuanya melihat bermain game tidak negatif sehingga didukung.

Beragam prestasi sudah diraih oleh Novan seperti meraih juara di ESL Hearthstone APAC Winter Open 3 dan peringkat ketiga saat GosuCup HCT SEA 2016 Season 1. Selain itu ia juga mengikuti Hearthstone Major di berbagai negara seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Ia juga mengikuti Hearthstone Global Games (HGG) dan saat itu ia menjadi kapten bersama 3 rekannya yang mewakili Indonesia.

Bagaimana untuk targetnya untuk WESG 2017? Tentu saja targetnya adalah bisa memenangkan turnamen tersebut. Menurutnya ada dua negara yang menjadi pesaingnya saat WESG 2017 yaitu dari Cina dan Korea.

Sebelum menutup wawancara, ia menyampaikan harapan untuk Hearthstone Indonesia agar makin kompetitif dan semakin banyak prestasinya.

Kualifikasi WESG 2017 Asia Pasifik akan diadakan dari 11-14 Januari 2018 di Jiaozhou, Cina. Selain Hearthstone, ada Dota 2, CS:GO, dan Starcraft II. Mari berikan dukungan kalian kepada perwakilan Indonesia di turnamen ini!!

Diedit oleh Yabes Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…