in ,

[Esports Industry] Industri Esports Global akan Mencapai US$905 Juta di 2018

21 Februari 2018, Newzoo, yang merupakan salah satu pengumpul dan analisa data esports, merilis laporan mereka tentang perekonomian esports global di 2018. Menurut mereka, industri esports akan mencapai angka US$905.6 juta atau setara dengan Rp.12,3 triliun (1USD=13,6K IDR) di 2018, dengan pertumbuhan sebesar 38% dari tahun kemarin.

[Esports Industy] Mengintip Rahasia di Balik 250K Facebook Fans EVOS Esports

Pertumbuhan tersebut, 77% nya alias US$694 juta berasal dari dana investasi baik langsung (sponsorship dan advertising) ataupun tidak langsung (hak siar media dan lisensi konten). Nominal investasi tersebut berarti naik 48% dari tahun kemarin.

Lebih jauh, Newzoo juga menjabarkan pembagian pendapatan dari nominal investasi yang mereka sebutkan di atas.

  • US$174 juta dari iklan / advertising
  • US$359 juta dari sponsorship
  • US$161 juta dari hak siar media dan konten

Dari penjabaran di atas, nilai hak siar media bahkan naik sampai dengan 72% dari 2017.

Selain 77% pendapatan dari dana investasi tadi, sisanya (23% nya) datang dari 2 sumber lainnya:

  • US$116 juta dari game publisher
  • US$96 juta dari end-user (pembelian tiket dan merchandise)
Sumber: Newzoo

Pertumbuhan Penonton Esports di Dunia

Kalian bisa membaca laporan tahunan lengkapnya yang setebal 114 halaman jika kalian mau membayar jasa premium mereka.

Di artikel yang dirilis Newzoo tadi, CEO Newzoo, Peter Warman sempat memberikan komentarnya, “dari sisi konsumen, esports terus berkembang basis fans loyalnya di seluruh dunia. Dari segi industri, esports sekarang masuk ke dalam fase baru yang penting menuju kedewasaan.

Investasi-investasi besar telah dikucurkan, struktur liga-liga baru telah dirilis, anggaran para sponsor yang tadinya bersifat eksperimental berubah jadi lebih stabil, dan perdagangan hak siar media internasional mulai terjadi.”

Sumber: Newzoo

Selain pertumbuhan industrinya, Newzoo juga mengatakan jumlah penonton esports di seluruh dunia juga akan mencapai angka 380 juta tahun ini (2018), yang terdiri dari 165 juta penggemar fanatik dan 215 juta penonton kasual.

Berdasarkan angka penonton tadi dan hasil prediksi pendapatan di 2018, pendapatan rata-rata untuk setiap penggemar fanatik berarti akan menjadi US$5,5 (naik 20% dari 2017).


Pembagian Pendapatan antar Regional

Dalam artikel tersebut, Newzoo juga memberikan prediksi pendapatan yang mereka bagi atas wilayah geografis.

Sumber: ESL

Amerika Utara akan tetap menjadi pasar esports terbesar dengan pendapatan sekitar US$345 juta. Pertumbuhan ini diprediksi akan mencapai US$656 juta di tahun 2021. Pendapatan tersebut, sebagian besar akan datang dalam bentuk sponsorship.

23 juta penggemar fanatik di Amerika Utara akan mendatangkan pendapatan sebesar US$14,8 per kepala.

Eropa Barat akan menjadi pasar terbesar kedua dengan pendapatan sebesar US$169 juta di 2018. Sedangkan Tiongkok (China) akan menyusul dengan memberikan pendapatan sebesar US$165 juta.

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…