in , , , , , ,

RevivalTV Awards 2017: 9 Tim Esports Terbaik asal Indonesia di 2017!

Akhirnya, kita tiba di penghujung tahun 2017. Sebelum tahun ini berakhir, kami ingin memulai satu tradisi baru: memberikan penghargaan tertinggi kami ke para pelaku esports di Indonesia. Di artikel RevivalTV Awards 2017 yang pertama ini, kami memilih 9 tim esports terbaik asal Indonesia di 2017 ini.

Sebelum kita masuk ke daftarnya, aturan mainnya seperti ini: segenap tim penulis memberikan nominasi tim untuk dikumpulkan. Kami juga mengundang beberapa penggiat esports di luar tim penulis RevivalTV.

3 orang yang kami undang untuk memberikan nominasinya di sini adalah:

  • Senz Houston sebagai CEO dari RevivalTV (ini boss kita-kita) dan Ketua Harian IESPA
  • Melondoto, sebagai salah satu caster esports
  • Daniel “DEIPNO” Lam juga sebagai salah satu caster esports

Kami memang tidak dapat memberikan apa-apa, selain kekaguman kami pada nama-nama di bawah ini. Namun, harapannya, selain memberikan publikasi kepada tim-tim terbaik, mungkin artikel ini juga bisa memberikan semangat baru bagi kawan-kawan kita semua untuk terus berprestasi di ekosistem esports Indonesia.

Tanpa basa-basi lagi, inilah 9 tim esports terbaik asal Indonesia di 2017.

1. BOOM ID – Dota 2

Dari semua tim yang masuk ke daftar ini, BOOM ID menjadi tim yang dinominasikan paling sering oleh tim penulis RevivalTV dan juga 2 juri undangan kami, Melondoto dan DEIPNO.

Melondoto mengatakan, “yang jelas ini karna prestasi. Tapi, di samping itu, BOOM ID bisa menjadi icon Dota 2 di indonesia. Jelas ini prestasi yg sulit karena ga semua tim bisa seperti itu.”

Sedangkan DEIPNO memberikan komentarnya, “konsistensi mereka di pertengahan tahun 2017 patut menjadi perhatian. Win streak ga terkalahkan di berbagai turnamen di Indonesia, sampai pernah mengalahkan tim luar negeri sekelas TNC.”

Image Credit: BOOM ID

LIGHTKEEPER, salah satu penulis kami dari Surabaya, mengatakan “Mungkin yang kita tahu hanya IYD aje. Tapi ada peran teman-temannya yang ga kalah penting. Mereka sudah meraih spot di 3 turnamen internasional dan merajai scene lokal sperti IGC. Jujur aja kalo soal SEA mungkin masih ‘melempem’ (contoh: ROG). Tapi itu tunggu waktu aja mereka bisa buktiin”

Menurut Rudi Hartanto, salah satu penulis kami yang biasa menuliskan Feature untuk Dota, “BOOM ID menjadi salah satu tim yang berbicara lewat prestasi mereka. Bukan hanya soal InYourDream, namun improvement yang menyeluruh dari seluruh komponen tim. Teamwork dan juga execution BOOM ID sudah berani diadu dengan Tim sekelas TNC atau bahkan Mineski. 2017 jadi tahun spesial buat mereka. Gelar tim Dota 2 terbaik Indonesia memang masih terbuka untuk dimiliki tim manapun, (namun) konsistensi BOOM ID bisa menjadi kekuatan tersendiri.

2. RRQ O2 – Mobile Legends

RRQ O2 menjadi tim yang paling sering direkomendasikan kedua setelah BOOM ID. Tim ini memang sudah sepantasnya berada di sini karena prestasinya semata.

Menurut Senz, “100% winrate LAN. (Bahkan), gak cuma winrate LAN tapi semuanya sejak berdiri…”

Kata Jane Edgina, satu-satunya penulis wanita kami, “Walaupun mereka tim yang bisa dibilang baru seumur jagung tapi prestasi mereka ga usah dipertanyakan lagi. Baru-baru ini mereka ngalahin IDNS yaitu jawaranya MSC Asia. Mereka juga menang banyak turnamen lokal, salah satunya Garuda Legendary Cup. Lemon yaitu Mage dari tim ini juga membawa suatu kebanggaan untuk timnya karena menjadi Top 1 Global Kagura.”

3 Tim Pertama yang Berhasil Mengamankan Posisinya Di MPL Indonesia

Saya sendiri, Yabes Elia, Editor-in-Chief RevivalTV, juga menominasikan RRQ O2 karena tim ini bahkan juga sudah begitu mengerikan bahkan sebelum diakuisisi RRQ.

Owning di semua kompetisi Mobile Legends Indonesia. Masih mendominasi untuk tingkat Nasional meskipun karakter main masih belum mencapai level internasional, Namun eksekusi mereka untuk turnamen level Nasional sudah terbukti lewat prestasi,” tambah Rudi.

3. Elite8 – Vainglory

image credit: Dokumentasi E8

Elite8 atau E8 juga sudah sepantasnya berada di daftar ini. Pasalnya, mereka berhak mewakili Indonesia dalam Vainglory World Championship 2017, yang merupakan kompetisi paling elit untuk Vainglory di seluruh dunia.

BACA JUGA: IN DEPTH: ANALISA PELUANG ELITE8 DI VAINGLORY WORLD CHAMPIONSHIP 2017 OLEH 3 CASTER PROFESIONAL

DEIPNO berpendapat, “karena prestasi mereka sebagai tim nomor 1 di SEA. Mereka menunjukkan betapa seriusnya esports mobile untuk masa depan, dengan E8 sebagai tim pertama yang disponsori oleh perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel.”

Juandi, penulis kami yang sebenarnya lebih getol dengan Counter Strike, mengatakan alasannya kenapa ia juga menominasikan Elite8, “masuk VG World 2017. Telkomsel sampe gandeng tim esport artinya ga maen maen lagi.”

w11wo alias Wilson Wong, salah satu penulis kami yang kemarin baru saja ngobrol-ngobrol dengan Lysander, juga menjagokan Elite8. “Karena sudah dapat lolos ke Worlds dan ngalahin tim-tim SEA lainnya. Bisa disponsor sama brand-brand besar Indonesia juga, which ga smua tim Indo bisa kayak gitu,” cerita w11wo.

4. RRQ Endeavour – Point Blank

#INDOPRIDE! RRQ ENDEAVOUR Berhasil Menjuarai PBIC 2017

Terlepas dari apapun gamenya, kami memang tidak ingin menganaktirikan tim-tim Indonesia yang sudah membanggakan kita semua. Karena itu, meski PB memang tak sepopuler CS:GO di kancah internasional, kami tetap ingin menyebutkannya karena kita punya tim yang bisa dibanggakan di sini.

Bagaimanapun juga, jadi juara nasional atau malah juara dunia itu memang tidak mudah. Karena itulah, RRQ Endeavour juga wajib berada di daftar ini.

PBNC 2017 RRQ Endeavour

Senz memberikan alasannya yang singkat, padat, dan jelas, “because Jack is a god“. Jack yang dimaksud di sini adalah In-Game Leader dari RRQ Endeavour yang berhasil menghantarkan tim ini jadi juara PBNC (kejuaraan nasional Indonesia) dan PBIC (kejuaraan internasional) di 2017.

Eric juga berkomentar soal RRQ Endeavour, “Langkah sangat bagus ditunjukkan RRQ dengan merekrut Endeavour yg dikenal sebagai tim ternama di Indo. Semenjak direkrut RRQ, tim ini sukses merajai PBNC dan hebatnya lagi bisa menjuarai PBIC kalo ga salah. Tentu prestasi ini terbilang hebat karena (merupakan) turney internasional.”

5. Recca Esports – Counter Strike: Global Offensive

tutorial CSGO

Recca Esports langsung memimpin dunia persilatan CS:GO Indonesia setelah kepindahan 3 pemain dari teamNXL>, yaitu BnTeT, FrostMisty, dan Roseau di bulan November 2016.

Mereka langsung mendominasi semua ajang kompetitif CS:GO lokal dan juga beberapa ajang internasional. Sayangnya, setelah kepergian BnTeT ke TyLoo, Recca sepertinya sedikit terganggu konsistensinya. Mereka bahkan sempat kalah dengan tim-tim baru seperti AKARA di beberapa ajang kompetitif.

Juandi menambahkan komentarnya tentang tim yang satu ini, “Recca ke Aussie menang ESL Zen League waktu sama BnTeT. Tapi sekarang Eeyore (yang dibeli dari DDS) masuk belom ada kepastian Recca balik ke performa yang dulu.”

Sedangkan DEIPNO memiliki pandangannya sendiri tentang tim yang satu ini, “solid sebagai tim dan pantang menyerah. Itulah contoh yang diperlihatkan oleh divisi CS:GO Recca.
Prestasi terbaik mereka di ZEN League Australia menunjukkan kapasitas mereka sebagai tim CS:GO terbaik di Indonesia.”

“Didukung oleh CEO Recca yang menurut gua sebagai sosok sangat penting dalam pembentukan watak, perilaku dan mentalitas para pemain. Gua ingat waktu kita liputan ke bootcamp Recca, owner(nya) Recca, Suhadi, selalu memastikan kalo anak-anaknya itu menunjukkan attitude sopan, dan pantang menyerah,” tambah DEIPNO.

6. TP.NND – Dota 2

Nah kalau tim yang satu ini merupakan salah satu tim lain yang saya jagokan di sini. Pasalnya, prestasinya sudah sangat baik untuk tim yang terhitung baru dan tim yang popularitasnya masih sangat kurang.

Harapannya, dengan memasukkan nama mereka di sini, tim ini bisa mendapatkan popularitas lebih dan, pada akhirnya, sponsor yang lebih banyak.

Road to Pro: The Battles for Sponsorship – Bagian 2

TP.NND berhasil memenangkan Red Bull Coliseum Season 2 (2017) di Malaysia setelah mengalahkan Team Flash.

w11wo juga memberikan komentarnya mengenai ‘pasukan uler’, julukan tim baru yang hebat ini, “ular yang diem-diem matokin tim-tim gede lainnya. Walaupun kalah di SEA Qualifier MDL Macau, udah bias lolos di OQ – yang ga semua tim Indo bisa lewatin. Bisa menangin Red Bull Coliseum juga waktu itu.”

7. EVOS GALAXY Sades – Point Blank

GALAXY SADES Resmi Menjadi Keluarga Besar EVOS Esports!

Biar kami tidak dimaki-maki oleh para feminazi, plus tak lengkap juga rasanya jika tidak ada wakil tim dari kaum Hawa yang nongkrong di daftar ini.

Di jaman banyak para gadis lebih memilih jadi streamer, influencercosplayer ataupun selebriti jejaring sosial lainnya, EVOS GALAXY Sades memberikan bukti yang lebih nyata bahwa wanita tak hanya berharga sebatas tampilannya semata.

Tim inilah yang menjadi juara nasional PBLC di 2017, sebagai satu-satunya kejuaraan unik dari Garena dan Point Blank yang khusus untuk perempuan. Semoga saja ke depannya, lebih banyak lagi gamer-gamer perempuan yang juga tertarik ke ajang kompetitif, tak hanya di kompetisi khusus wanita (karena memang sangat sedikit jumlahnya di dunia).

8. EVOS.AOV – Arena of Valor

EVOS Esports Resmi Ekspansi ke Mobile Arena, Rekrut Juara MO-Cup Garena

Satu lagi divisi EVOS yang nongkrong di daftar ini. Meski mungkin memang masih belum bisa mengalahkan dominasi RRQ O2 di Mobile Legends, di game saingannya, Arena of Valor (atau dulu disebut Mobile Arena), EVOS berhasil menjadi juara nasional di gelaran Battle of Valor.

Selain mendapatkan hadiah Rp 300 juta, EVOS.AOV juga menjadi perwakilan Indonesia di ajang AoV international Championship: Asia, di akhir November kemarin. Sayangnya, performa mereka tidak maksimal di ajang internasional tersebut karena harus pulang tanpa gelar juara.

Namun demikian, tetap saja, EVOS.AOV layak berada di daftar ini karena berhasil membawa nama Indonesia di ajang esports internasional. Semoga saja, mereka terus berlatih untuk bisa meningkatkan performanya.

9. Kong.ID – Paladin

Baik nama Kong.ID atau nama Paladin mungkin memang asing di telinga para penggemar esports Indonesia. Namun demikian, seperti yang saya tuliskan di atas tadi, kami tidak ingin menganaktirikan satu tim hanya karena mereka bermain di game yang kurang populer; asalkan prestasi mereka memang layak dibanggakan.

Kong.ID bahkan berhasil mewakili regional SEA di Paladin World Championship dalam ajang HRX 2018. Tim ini bersaing dengan nama-nama organisasi esports besar manca negara seperti Virtus.Pro, NiP, Fnatic, Navi dari Eropa dan G2 dari Amerika Serikat.

Penutup

Itu tadi daftar 9 tim esports terbaik asal Indonesia di 2017. Kami masih akan memberikan penghargaan kami untuk kategori lainnya di artikel yang berbeda di lain waktu sebelum tahun 2017 ini berakhir.

Selamat untuk tim-tim yang berada di daftar ini, kalian benar-benar berhak menerima kekaguman kami yang sedalam-dalamnya. Semoga artikel ini bisa memberikan semangat lebih untuk terus berprestasi, buat tim yang ada ataupun yang tidak ada di sini.

Buat para pembaca setia RevivalTV, apakah kalian setuju dengan daftar ini? Tuliskan 9 tim esports terbaik asal Indonesia di 2017 versi kalian sendiri di bagian komentar ya. Kami penasaran dengan versi teman-teman semuanya.

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…