in , , , , , ,

5 Negara Peraih Hadiah Esports Terbesar, Posisi Berapa Indonesia?

Korea Selatan menjuarai Overwatch World Cup 2017. Source: Blizzard Entertainment

Esports lambat laun menjadi bidang yang digemari seluruh kalangan. Setidaknya notabene ‘anak-anak‘ sudah tidak relevan melihat potensi yang ditunjukkan di beberapa tahun belakangan.

Atlet-atlet esports pun berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan memanfaatkan potensi esports yang sedang naik daun.

Lengkap Sudah Negara-Negara yang akan Bertanding di Asian Games 2018 Cabang Esports!

Apakah esports menunjukan perkembangan? Tentu demikian, terlihat jelas dari kehadiran esports sebagai cabang olahraga Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Beberapa negara pun terkenal atas dominasi mereka di gelaran esports berbagai game. Tidak hanya satu cabang game, negara negara ini memiliki atlet-atlet esports yang bahkan terkenal dan menjadi ikon tersendiri di game tersebut.

Berikut 5 negara dengan atlet-atlet berpendapatan terbesar dari ranah esports edisi 11 Juli 2018:

5. Denmark (US$16,385,575.97 – 1,078 Pemain)

Roster Denmark tim Astralis saat menjuarai ELEAGUE Major 2017. Source: ELEAGUE

Siapa yang akan menyangka bahwa Denmark menjadi negara dengan pendapatan tertinggi ke-5 di dunia? Yup, negara ini menyimpan banyak atlet-atlet esports berbakat dengan segudang pengalaman, dan tentunya juga pendapatan.

Pendapatan dari negara ini dipimpin oleh Johan “n0tail” Sundstein dengan total pendapatan US$1,486,638.96. Pemain yang cukup veteran di ranah kompetitif Dota 2 ini telah mengarungi banyak turnamen, di antaranya memenangkan 3 ajang major bersama OG.

Johan “n0tail” Sundstein di Boston Major.

Selain n0tail, ada juga pemain League of Legends dari Team SoloMid, Bjergsen dan roster CS:GO dari Astralis seperti Xyp9x, dupreeh, gla1ve, dev1ce, magisk yang sedang menempati posisi pertama peringkat HLTV (edisi 7/11/2018).


4. Swedia (US$26,304,657.91 – 2,044 Pemain)

Satu lagi negara Skandinavia yang menduduki peringkat 5 besar dari negara peraih hadiah esports terbanyak. Lantas, siapa atlet esports pertama yang terlintas di pikiran kalian ketika melihat negara Swedia?

Bagi kalian penggiat esports Dota 2 tentu tidak lupa dengan roster ikonik Alliance yang dipenuhi pemain asal Swedia pada gelaran The International 3. Loda dan kawan-kawan berhasil menjuarai ajang tersebut setelah meraih kemenangan atas Natus Vincere di babak final.

tim gagal lolos international 8
Momen Alliance memenangkan ajang The International 2013. Source: Dota 2

Tidak hanya Dota 2, CS:GO juga menjadi saksi atlet esports berbakat seperti roster Swedia dari tim fnatic maupun Ninjas in Pyjamas. Xizt yang ikonik hingga olofmeister yang sedang memperkuat FaZe Clan tentu tidak dapat dilupakan.

Roster Swedia tim Fnatic menjuarai IEM Katowice 2018. Source: HLTV

Posisi pertama pun ditempati atlet Dota 2, Gustav “s4” Magnusson, mantan Offlaner Alliance, OG dan sekarang memperkuat Evil Geniuses. Pemain ini telah mengantongi hadiah sebesar US$1,619,277.28 dari pendapatan ranah esports.


3. Korea Selatan (US$62,886,688.51 – 2,907 Pemain)

Korea Selatan menjuarai Overwatch World Cup 2016. Source: Blizzard Entertainment

Annyeong haseyo! (anjay, wkwk). Negara yang terkenal dengan drama percintaan Goblin ini memang terkenal dengan talenta esports-nya yang mendunia.

Bukan hanya League of Legends, Dota 2 dengan tim MVP.Phoenix juga sempat menjadi panggung bagi negara dari Asia Timur ini.

Lee “Life” Seung Hyun menjuarai StarCraft 2 World Champion 2014. Source: Blizzard

Kembali ke League of Legends, atlet esports dari negara ini memang sangat mendominasi. Sebut saja atlet dengan pendapatan terbanyak, Faker yang menjadi ikon dari League of Legends negara Korea Selatan.

Pemain StarCraft Sebut Gaji Faker Bisa Sampai Rp.63 Miliar per Tahun.

Pendapatannya pun tak sedikit dengan notabene sebagai atlet esports ter-‘sultan‘ di Korea Selatan. Total hadiah yang diraih oleh Faker di ranah esports yaitu sekitar US$1,172,048.35 (uang semua tuh, wkwk).

Lee “Faker” Sang Hyeok di ajang Intel Extreme Masters. Source: IEM

Selain League of Legends, Korea Selatan juga sangat mendominasi di ajang kompetitif, StarCraft II, Overwatch dan Heroes of the Storm. Namun harus kita akui bahwa atlet Korea Selatan memang cukup mendominasi di ranah esports berbagai game.


2. Amerika Serikat (US$71,825,058.27 – 10,483 Pemain)

Cloud9 menjuarai ELEAGUE Major: Boston 2019. Source: ELEAGUE

Make America Great Again! Amerika Serikat atau negara yang dikental dengan sebutan ‘Paman Sam’ ini menempati posisi kedua.

Berbeda bila menghitung dari total pemain, Amerika Serikat justru menjadi negara penghasil atlet esports terbanyak di dunia dengan jumlah 10,483 pemain.

Evil Geniuses menjuarai The International 2015.

Namun mayoritas peraih atau penyumbang hadiah terbanyak datang dari ranah kompetitif Dota 2. Di antara pemain-pemain tersebut antara lain, Universe, ppd, Fear dan Moo. Mereka merupakan pemain-pemain di tim Evil Geniuses dan compLexity Gaming.

BACA JUGA: 7 Hero Mobile Legends Terkuat 2018 yang Wajib Dikuasai di META Kompetitif

Universe menempati posisi teratas sebagai pemain dengan pendapatan terbanyak dari ranah esports. Total pendapatan sejumlah US$2,996,603.47 sudah dikantongi oleh pemain dengan nama lengkap Saahil Arora tersebut.

Saahil “Universe” Arora. Source: Liquidpedia

Tentu kemenangan dia di ajang The International 5 bersama ppd dan Fear membantu Evil Geniuses dan Amerika Serikat meningkat dari total pendapatan di ranah esports.

Will “RUSH” Wierzba. Source: HLTV

Namun bila Korea Selatan terkenal dengan game Starcraft II dan Overwatch, Amerika Serikat sangat terkenal di ranah esports Call of Duty series dan juga Halo series. Tim Cloud9 CS:GO juga didominasi pemain asal Amerika Serikat seperti Rush dan juga tarik.


1. China ($74,262,421.22 – 2,909 Pemain)

Invictus Gaming menjuarai The International 2. Source: Valve

China Numbawan! Yup, kali ini mereka benar-benar secara harfiah berada di nomor pertama. China menjadi negara yang meraih hadiah paling banyak dari ranah esports. Salah satu negara Asia Timur setelah Korea Selatan ini menempati peringkat pertama dengan bakat talenta Dota 2.

China menjadi negara penghasil pemain Dota 2 terbanyak di dunia. Selain itu, para pemain dari negri tirai bambu ini juga sangat berbakat.

Tim League of Legends dari China di gelaran 7th esports World Championship.

Setidaknya negara ini telah menghasilkan beberapa juara ajang akbar Dota 2, The International yang memiliki prizepool terbanyak di sejarah esports dunia.

Beberapa juara The International dari China antara lain, Invictus Gaming, Wings Gaming, dan Newbee. Dari posisi runner-up juga sempat diisi oleh tim dari China, seperti CDEC Gaming, EHOME, dan juga Vici Gaming.

Newbee menjuarai The International 4. Source: Valve

Lantas, dengan gelontoran hadiah yang cukup masif, tidak heran bila China menjadi negara paling tinggi dari total pendapatan dari ranah esports. 5 pemain teratas sendiri ditempati oleh mantan punggawa Wings Gaming.

Wings Gaming memenangkan The International 6. Source: Dota 2

Wings Gaming yang menjuarai The International 6 memang memiliki total hadiah yang fantastis. TI6 sendiri memiliki prizepool sebesar US$20,770,460 dan Wings Gaming menerima 44% dari total prizepool atau sejumlah US$9,139,002.

Tim TyLoo CS:GO dari China. Source: HLTV

Tidak heran pemain seperti iceice, y’, Faith_bian, Shadow dan bLink menempati 5 pemain teratas dengan pendapatan tertinggi. Game kedua penyumbang uang pun ditempati sang rival, League of Legends dengan jumlah yang terlampau jauh.


Negara-negara di atas memang memiliki sejarah panjang di ranah esports. Selain itu, kegigihan dan disiplin yang tinggi juga menjadi kunci yang telah diterapkan oleh tim-tim esports dari negara terkait.

Recca Esports di gelaran Zen Esports Network League Sydney. Source: ESL

Lantas, di mana posisi Indonesia sebagai negara dengan pendapatan esports terbesar? Menurut data yang dihimpun dari esportsearnings.com, jawabannya adalah posisi ke-53. Negara tercinta kita ini kalah dari negara Kroasia, Chile hingga Afrika Selatan.

Hansel “BnTeT” Ferdinand bermain bersama TyLoo. Source: ESL

Hansel “BnTeT” Ferdinand sendiri menjadi yang tertinggi dari total pendapatan dari ranah esports. Pemain tersebut memang sedang memperkuat tim CS:GO asal China, TyLoo dan juga sudah menjajal berbagai ranah kompetitif CS:GO level internasional. #IndoPride!

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…