Wawancara Dengan Vinzent “Oddie” Indra, Rex Regum Qeon Manager

darrian jovan

, Dota 2

Hai para sobat RevivaL! Siapa yang tidak tahu tentang team Rex Regum Qeon? Para pecinta esports scene di Indonesia pasti sudah kenal tentang salah satu team Dota 2 terbaik Indonesia. Team ini terbentuk sejak tahun 2013. Nah, dalam kesempatan kali ini RevivaL TV sempat berbincang-bincang nih dengan manager dari RRQ ini sendiri, yaitu Vinzent “Oddie” Indra.

RRQ2

===========================================

R (RevivaL TV): Halo Oddie, bisa minta waktunya sebentar?

V (Vinzent Indra): Halo. Boleh.

R: Manager dari sebuah team esports itu biasanya ngapain aja sih?

V: Kerjaan dari sebuah manager itu dalam garis besar ya ngatur seluruh jadwal kehidupan player. Dari jadwal latihan, turnamen, event, dan juga liburan.

R: Jadi manager memegang seluruh jadwal dari player setiap harinya?

V: Yes, karena turnamen kan banyak sehingga harus diatur gimana caranya biar bisa ikut semua turnamen tapi tetep bisa latihan dan bisa ada waktu untuk relax juga.

R: Oke. Oddie sendiri terjun ke dunia esports itu tahun berapa dan gimana sih bisa sampe masuk ke esport? Boleh cerita dikit tentang sejarahnya Oddie masuk ke dunia esports?

V: Gua sendiri main Dota sejak tahun 2007, waktu itu masih Dota 1. Nah pertamanya tuh cuman ikut ikut turnamen turnamen warnet karena iseng. Waktu itu sih belom bisa dibilang esports karena masih awal banget terus lanjut lanjut dan muncul Dota 2 di tahun 2010 atau 2011. Waktu itu gua belum pindah ke Dota 2 karena pas release Dota 2 masih banyak banget kekurangannya.Tetapi setelah tahun 2012 atau setelah gua nonton TI 2 gua akhirnya nonton TI via youtube dan sejak saat itu gua migrasi ke Dota 2. Karena masa transisi, semuanya harus dipelajari lagi dan Dota 2 belum populer di Indonesia jadi belum ada turnamennya. Setelah udah merasa afal dan terbiasa dengan Dota 2, muncul RRQ dan waktu itu Farand aka Koala yang direkrut paling awal. Koala dan gua itu dulunya satu warnet jadi sebelum pindahpun kita udah temen dan waktu RRQ mulai dibangun ya gwe bantu2 dia untuk ngurusin tim.

R: Nah dari pengalamannya, Susahnya jadi manager itu apa sih dan apa aja yang dibutuhkan buat menjadi manager yang baik.

V: susahnya karena belum berpengalaman aja. Untungnya waktu itu di Dota 1 gua ada ikut turnamen sana sini jadi tau seluk beluk biasanya tiap turnamen seperti apa dan darisana jadi bahan gimana caranya biar tim gak lama nunggu. gak terlalu dipersulit sama jadwal2 turnamen.Untuk jadi manager yang baik tentu harus tau luar dalemnya tim. Masalah mereka gimana,diluar dan didalam game dan mereka merasa gak nyaman dengan apa terus harus bisa dipercaya player untuk diskusi.

R: Ngomong ngomong tentang masalah, kalo ada player yang berantem dengan player lainnya di team. GImana cara mengatasinya?

V: Tiap Manager memiliki cara yang berbeda beda. Kalau gua biasanya ngumpulin mereka di ruang tamu dan mulai bahas satu satu masalahnya di depan semua member tim. Jadi gak ada yang namanya ngomongin dibelakang dan gak terpisah-pisah, semua denger sendiri masalahnya gimana dan kasih solusinya juga bareng-bareng.

R: Nah, dah deket di penghujung wawancara nih, Kira kira ada ga sih player favorit di RRQ?

V: Kalo dari semua player kayaknya pasti Koala karena kita dah temenan lama banget. Tapi kalo dari team kecuali Koala, hampir semuanya enak diajak ngobrol apalagi Xepher untuk sekarang.

R:Terakhir nih, ada ga pesan pesan untuk para fans RRQ?

V: Dukung terus RRQ walaupun lagi diatas atau dibawah ya!

oddie-2

Image Source, facebook.com/vinzent.oddie

Good luck for RRQ di turnamen turnamen ke depannya.