Tips untuk Menjadi Offlaner yang Lebih Efektif di DOTA 2

Hi sobat RevivaL! Hari ini kita mau berbagi sedikit tips buat salah satu role di Dota 2 nih yaitu offlaner. Nah, role offlaner ini merupakan posisi ke-3, apabila sobat RevivaL belum mengetahui posisi di Dota 2, kita kasih tahu ke kalian nih!

  • Carry merupakan posisi 1
  • Mid adalah posisi 2
  • Offlaner adalah  posisi 3
  • Support adalah  posisi 4
  • Hard Support adalah  posisi 5

Terkadang, nama posisi bisa berbeda tergantung pemahaman kita masing-masing tapi inti nya tetap sama kok.

Offlaner bisa di bilang merupakan role yang berat. Kenapa demikian? Karena kalian harus bisa survive di hard lane (top lane apabila kalian berada di Radiant dan bottom lane apabila kalian berada di Dire) yang biasanya di tempati oleh carry musuh yang di jaga oleh 2 support atau biasa di sebut dengan trilane.

Jadi, tugas kalian sebagai offlaner di sini adalah:

 

1. Bertahan Hidup

 

sur-1
Yap, di sini yang harus kalian lakukan adalah bertahan hidup dan usahakan jangan sampai mati karena itu akan memberikan keuntungan pada carry musuh yang ada di depan kalian. Apabila kalian menggunakan hero range cobalah untuk deny creeps atau mengganggu farming dari carry mereka. Bila kalian kebetulan menggunakan hero mellee, cukup ambil creeps sebisanya dan tetap play safe ambil EXP dari creeps musuh yang telah mati.

 

2. Mengganggu Carry Musuh Sewaktu Farming

sur-2

Ada 2 tipikal carry player yaitu, tipikal carry yang tidak manja dan tipikal carry yang manja banget. Tipikal carry yang tidak manja terkadang tidak masalah apabila di tinggalkan oleh support mereka untuk membantu lane lain dan kalian punya kesempatan yang lebih besar untuk mengganggu lane mereka dan bahkan bisa mencuri kill. Tetapi apabila kalian bertemu dengan carry yang manja, cukup ambil EXP dan ganggu atau deny creeps secukupnya karena mereka biasanya di jaga 1 atau 2 support di belakang dan pastinya menunggu kesempatan untuk bisa membunuh kalian.

 

3. Mengalihkan Perhatian Support Musuh

sur-3

Bila kalian bisa sangat mengganggu farming dari carry musuh apalagi sampai bisa nge-kill mereka, biasanya para support musuh akan datang ke lane kalian dan akan sangat menjaga carry mereka. Apabila mereka sampai melakukan hal ini, berarti kalian sudah memberikan ruang untuk mid dan carry kalian agar bisa farming lebih tenang. Karena saat ini perhatian support mereka tertuju pada offlaner yang mengganggu farming dari carry mereka.

4. Menjaga Tower

sur-4
Memang kehilangan tower akan memberikan tim musuh sebesar 200 gold dan itu sangat merugikan kita. Selain itu juga, penguasaan map dari tim kita akan berkurang. Karena itulah, offlaner memiliki peran yang sangat penting  dalam menjaga lane mereka walau harus menghadapi kemungkinan terburuk yaitu melawan 3 hero sekaligus. Salah satu cara untuk bisa bertahan adalah terus hit creeps lawan sebelum mereka menumpuk atau lakukan AOE skill apabila kalian kebetulan menggunakan hero yang mempunyai skill tersebut seperti Windranger atau Leshrac.

 

5. Ganking

sur-5

Tidak perlu menunggu ganking dari support atau pun mid apabila kalian merasa sukses di lane. Apalagi kalau kalian sudah mempunyai core item seperti blink dagger dan sebagainya, janganlah ragu untuk melakukan ganking ke mid lane ataupun safe lane dimana carry kalian berada. Biasanya, apabila kalian melakukan ganking secara otomatis formasi musuh akan rusak dan support yang tadinya menjaga carry mereka akan dipaksa melakukan teleport untuk membantu lane yang kalian gank dan ini sangat memberikan keuntungan kepada tim kalian.

 

6.Warding

sur-6

Untuk beberapa orang kadang gengsi untuk membeli wards apalagi hero yang kalian mainkan merupakan salah satu hero core. Tapi, tidak ada salahnya kalian membeli wards untuk tim kalian. Selain untuk diri sendiri, support kalian pun akan jauh lebih mudah melakukan gank apabila posisi musuh terlihat di map.

Nah, itulah beberapa tips yang kita berikan untuk role offlaner di Dota 2. Semoga tips ini bisa membantu memberikan pengetahuan serta bisa meningkatkan skill bermain Dota 2 sobat RevivaL semua~ See you next time~