Tips & Trik : Menjadi Seorang Support? (Part 2)

yansen wijaya

, Dota 2, Guides

Halo sobat Revival! Setelah sebelumnya kita telah membahas bagaimana menjadi seorang support dibagian pertama, kita akan membahas teknik lebih lanjut dari seorang support pada part 2 ini.

5. Membuat offlaner musuh tidak mendapat level dan gold

hqdefault

Mungkin ini tugas dari support yang paling sederhana yang dapat dilakukan. Kalian cukup menaruh observer ward di bagian safe dari offlaner musuh dan berdiri di dekat area tersebut. Apabila offlaner musuh bergerak maju, maka kalian dapat meng-harras sampai offlaner tersebut mundur lagi. Alhasil, tidak akan ada gold dan level yang didapatkan oleh offlaner dan carry kalian akan sangat nyaman untuk farm, farm, dan farm. 

6. Tahu kapan single pull dan double pull

question-mark

Bagi yang belum mengetahui, pull adalah menarik neutral creeps ke arah creeps kita. Single pull adalah pull yang hanya menarik 1 kelompok dari neutral creeps ke arah creeps kita. Sedangkan double pull adalah menarik 2 kelompok neutral creeps yang berada di 1 kamp ke arah creeps kita. Jadi, sebelum melakukan double pull, kalian harus stack 1 kali terlebih dahulu di kamp yang akan kalian pull nantinya. Kegunaan single pull adalah dengan menarik 1 kelompok neutral creepscreeps kalian akan lebih cepat menghabiskan neutral creeps tersebut dan kembali ke lane kalian lagi. Efeknya, kalian bisa melakukan push lebih cepat karena kalian memiliki 2 wave creeps di lane. Tetapi, single pull ini tidak disarankan apabila offlaner musuh sedang berada di lane karena push yang terjadi ini dapat memberikan EXP dan gold kepada offlaner musuh. Jadi, untuk mengatasinya adalah kalian harus melakukan double pullDouble pull tidak akan mendorong creeps musuh lebih cepat karena creeps kita yang sebelumnya kita pull ke arah neutral creeps yang berisi 2 kelompok, akan habis dibunuh oleh neutral cereps itu sendiri sebelum kembali ke lane. Efeknya, offlaner musuh tetap tidak dapat EXP dan gold, dan creeps tidak maju terlalu jauh. Jadi, single pull dapat kalian lakukan apabila mau push tower lebih cepat dan double pull dapat kalian lakukan apabila creeps kalian maju terlalu jauh dan ingin mengembalikan creeps ke posisi yang aman bagi carry kalian. Untuk lebih mengetahui cara single dan double pull, bisa langsung cek video di bawah.

7. Item

untitled

Item bagi seorang support tidak terlalu penting. Sebagai support, yang harus kalian beli adalah wards, smoke, dust, teleport, magic wand, dan boots. Dengan item tersebut, kalian sebenarnya sudah menyelesaikan tugas kalian sebagai support di game tersebut dan item lainnya hanyalah sebagai pemanis apabila kalian memiliki gold lebih. Item tambahan dari seorang support adalah dagger. Dengan dagger, kalian dapat menginisiasi musuh lebih cepat dan bisa mengatur posisi kalian saat war berlangsung serta dapat meng-cover tim kalian dari gank musuh. Item lainnya adalah Mekansm, Eul Scepter, atau Glimmer Cape. Jadi, kalian harus mementingkan item dasar saja untuk menjadi seorang support karena seorang support memang tidak terlalu mementingkan item. Apabila kalian memiliki gold lebih, baru bisa membeli item tambahan tersebut.

8. Mengontrol map

jrl-bossert-consulting-09

Mengontrol map yang dimaksud disini adalah kalian harus sering lihat minimap, melihat dimana musuh berada, dan mampu berkomunikasi dengan tim kalian. Sebagai contoh, kalian sedang berada di safelane melindungi carry kalian, tiba-tiba offlaner musuh menghilang. Kalian harus memberi kabar ke tim kalian kalau offlaner musuh menghilang, midlaner harus hati-hati. Selain komunikasi soal missing enemy, kalian juga bisa mengajak tim kalian untuk smoke gankSmoke gank ini sangat berfungsi untuk memberikan space bagi carry kalian untuk farm.

 

So sobat Revival, selain mengikuti tips dan trik yang sudah diberikan, kalian harus lebih banyak berlatih lagi karena practice makes perfect!

Salam DOTA 2!