Tips & Trik : Bagaimana Menjadi Seorang Support? (Part 1)

yansen wijaya

, Dota 2, Guides

Halo sobat Revival! Kali ini Revivaltv akan membahas tips & trik mengenai bagaimana menjadi seorang support dalam permainan Dota 2. Tentunya kalian sudah tahu bahwa support merupakan role yang paling jarang disukai karena tidak bisa memiliki banyak uang sehingga item dari seorang support itu-itu saja. Tapi tanpa seorang support, permainan akan lebih sulit untuk dimenangkan loh! So, mari kita bahas lebih lanjut bagaimana menjadi seorang support yang baik di dalam permainan.

1. Tahu Tugas dari Seorang Support

unnamed

Sebelum memulai permainan, kalian harus tahu apa saja hero support dan tugas-tugasnya. Umumnya, tugas seorang support paling dasar adalah membeli courier, observer ward, dan sentry ward. Setelah itu, seorang support wajib untuk upgrade courier ke flying courier. Namun, ada tugas-tugas lain yang harus dijalankan oleh seorang support; seperti menjaga carry kalian agar tetap dapat farming dengan tenang di lane, meng-harras musuh agar tidak bisa farmingpull creep, stack creep, dan tentunya gankingHero paling umum yang sering digunakan sebagai support adalah Lion, Dazzle, Omniknight, Winter Wyvern, Crystal Maiden, Shadow Demon, dan Witch Doctor.

2. Rela Tidak Mendapatkan Gold yang Banyak

Greevil's_Greed_iconSebagai seorang support, sudah tugasnya untuk mengontrol map agar kendali permainan tetap di tangan tim. Salah satu cara mengontrol map yang baik adalah selalu melakukan warding apabila kalian memiliki observer ward dan juga dewarding dengan menggunakan sentry wards. Map control harus dilakukan secara aktif baik di sisi aman map kalian, maupun di bagian mid atau offlane. Support yang baik adalah support yang selalu membeli observer/sentry wards apabila tersedia di shop dan langsung memasang wards tersebut agar map tetap terkontrol dan tim kalian bisa melakukan gank atau farming dengan bantuan observer/sentry wards tersebut. Efek dari hal tersebut adalah seorang support tidak akan bisa memiliki gold yang banyak seperti carry, midlaner, atau offlaner. Sebagai support harus dapat menerima hal tersebut. Seorang support bisa mendapatkan gold apabila sukses melakukan gank dan mendapatkan assist atau kill dari gank tersebut.

3. Pintar-Pintar Mengatur Timing 

Sumber : www.foxrivercapital.com

Sumber : www.foxrivercapital.com

Seorang support harus mampu mengatur permainan, khususnya pada saat ganking agar gank tersebut berhasil. Inisiasi atau pembukaan dalam sebuah ganking yang tepat akan mengejutkan musuh dan akan menguntungkan bagi tim. Sebagai contoh; pada saat kalian bermain Lion, stun Lion memiliki durasi selama 2,7 detik dan pada permainan tersebut kalian memiliki teman yang bermain sebagai Sven. Stun dari Sven memiliki chance untuk mengenai musuh lebih besar karena single target dibandingkan stun lion yang all target sehingga kalian harus menunggu Sven stun terlebih dahulu. Setelah Sven melakukan stun-nya, kalian yang bermain Lion harus dapat memukul musuh atau drain mana dari musuh hingga durasi dari efek stun tersebut hampir hilang. Kalian harus dapat memperkirakan berapa lama efek stun tersebut akan hilang dan kalian harus dapat melakukan stun yang kedua kalinya menggunakan skill 1 kalian sehingga musuh akan diam lebih lama. Setelah 2,7 detik, kalian dapat melakukan hex pada musuh dan selama musuh terkena efek hex, Sven akan memukul musuh tersebut sampai mati dan gank pun berhasil.

Selain itu, positioning selama war juga sangatlah penting. Support adalah role yang paling diincar terlebih dahulu selama gank atau war karena mudah untuk dibunuh, maka dari itu kalian harus mencari posisi yang tepat agar tidak gampang dibunuh dan dapat membantu gank atau war dengan maksimal. Sebagai contoh lagi, kalian bermain hero Lion. Saat war, kalian harus bisa memaksimalkan ketiga skill kalian dengan baik. Jangan berdiri terlalu dekat dengan musuh atau terlalu jauh dengan tim kalian. Setelah melakukan stun, mundurlah sedikit dan gunakan fog di sekitar pohon agar tidak bisa dijangkau oleh musuh. Apabila ada musuh yang terlalu maju, kalian bisa melakukan hex dan mengakibatkan rusaknya formasi musuh. Setelah stun cooldown, kalian bisa melakukan stun kembali dan mana drain selama musuh terkena efek stun. Terakhir, jangan lupa gunakan Finger of Death karena skill untuk mengurangi banyak darah musuh secara instan, ini membantu tim kalian untuk memenangkan gank atau war tersebut.

4. Selalu Siap Teleport

teleport_3

Sumber : dota2.com

Ada alasan mengapa Valve terus mengurangi harga teleport scroll hingga pada harga sekarang, yaitu hanya 50 gold saja. Alasan utamanya adalah agar kalian terus bisa membeli TP untuk membantu teman yang sedang terkena gankTeleport yang dilakukan oleh seorang support pada saat teman terkena gank dapat melakukan counter attack pada musuh tersebut. Dengan skill yang masih ready, kalian dapat menyelamatkan teman yang terkena gank, bahkan dapat membunuh musuh yang berusaha melakukan gank. Akan tetapi, ada kalanya seorang support tidak harus teleport ketika teman terkena gank musuh. Apabila teman kalian yang terkena gank sudah dapat dipastikan mati, kalian dapat melakukan trade kill dengan cara membunuh musuh yang ada di lane lain dengan bantuan teman atau menghancurkan tower yang ditinggalkan oleh musuh tersebut.

So, sobat Revival. Keempat langkah di atas merupakan dasar dari apa yang harus dilakukan oleh seorang support dalam permainan Dota 2. Untuk langkah-langkah selanjutnya, kita tunggu Part 2-nya!

Salam Dota 2!

 

  • Abdul Hamid Al Kamal

    nambahin boleh pak?
    support harus selalu bisa mengontrol map .. mini map or big map ( memainkan mini map dengan cursor ).. karena ketika carry sedang war.. carry tidak bisa terlalu leluasa mengontrol map.. ( ( fokus hit ) untuk war single 3/2 3/3 2/1 )
    dan support harus mengontrol map.. untuk persiapan terkena gank dari belakang ( musuh datang dengan tp ) / untuk survive ( map warding / apapun hero yang akan tp ke tempat war tsb )…

    CMIIW

  • shirugash1

    support itu role paling sengsara dan paling banyak jobdesk nya wkwk.
    gimana engga banyak? di satu sisi lu harus coverin temen dari gank musuh di sisi lain lu harus mengakomodasi segala keperluan ganking (ward,smoke,dust,tp), dan lu dituntut untuk tetep beli item support untuk semacam buckler/hadress. lu harus rela mati demi nyelametin carry. iya kalo semua itu dibales dengan sebuah kemenangan. la kalo carry mu tole, udah di kasi tau mana abis tetep maju terus ngeblame support sapa yg ga mangkel mz. duh kog curhat.#salamsupport
    keep playing not blamming