Tips & Trick : Mengetahui Role dari Hero Dota 2

yansen wijaya

, Dota 2, Guides

Setelah memilih hero, kalian harus memutuskan role apa yang harus kalian mainkan dengan hero kalian tersebut. Dalam Dota 2, ada beberapa jenis role yang mungkin kalian sudah ketahui, seperti Carry, Support/Roamer, Offlaner, dan Midlaner. Tapi, ternyata role yang ada dalam Dota 2 lebih banyak dari yang kalian tahu loh. Yuk kita bahas satu per satu role yang ada di Dota 2!

1. Carry

dsa

Carry adalah role hero yang paling difavoritkan oleh kebanyakan player karena setiap carry pasti dilindungi oleh seorang support dan merupakan role yang paling banyak farming untuk mendapatkan gold yang banyak. Nama “carry” sendiri dipilih karena hero dengan role ini harus dapat meng-“carry” atau membawa tim nya menuju kemenangan dengan keuntungan gold yang banyak dan item yang lebih bagus dibandingkan role lain. Tugas utama carry hanya 1, yaitu farming, farming, dan farming sampai level tinggi dan item yang bagus. Setelah mendapatkan level tinggi dan item yang bagus, carry harus lebih sering mencari “mangsa” untuk dibunuh dan pada akhirnya memenangkan game. Role dari carry tidak terbatas hanya untuk hero agility saja, namun banyak dari hero jenis strength dan intelligence yang memiliki role carry juga seperti Obsidian Destroyer, Dragon Knight, Wraith King, Windrunner, Queen of Pain, dan lain-lain. So, kalau kalian mau jadi carry, harus lebih sering latihan last hit ya guys!

 

2. Disabler

zx

Sesuai dengan namanya, disabler pasti memiliki 1 dari 4 skill yang mendisable hero musuh. Sebagai contoh disable adalah skill stun, hex, dan shackle. Skill disable ini biasanya dimiliki oleh hero-hero yang biasanya bekerja sebagai support di dalam tim karena kewajibannya untuk mengontrol hero-hero musuh pada saat clash berlangsung dan juga sebagai pelindung carry. Tapi, tidak semua disabler adalah support loh guys, ada banyak disabler yang juga carry seperti Sven, Troll Warlord, Faceless Void, Ember Spirit, dan lain-lain.

 

3. Initiator

czxczxc

Initiator ini biasanya disebut juga dengan “pembuka clash/war”. Tugas utama dari seorang initiator adalah mencari posisi sebagus mungkin agar bisa mengejutkan tim lawan dengan skillnya sehingga timnya bisa memenangkan clash dengan mudah. Biasanya seorang initiator memiliki skill area yang sangat bagus, seperti Earthshaker, Tidehunter, Sand King, Naga Siren, Puck, dan lain-lain.  Mau menang clash dengan gampang? Pick initiator dan gunakan timing yang bagus dalam membuka clash kalian.

 

4. Jungler

zxcv

Jungler adalah role dari sebuah hero yang fokus farming di neutral creeps pada awal-awal game. Jungler adalah salah satu role yang jarang dipakai dalam sebuah game, kecuali ada strategi tertentu yang ingin dijalankan. Biasanya, jungler hanya mementingkan level mereka sehingga bisa lebih cepat untuk gank musuh dan bisa menggunakan skill lebih efektif ke musuh saat gank dibandingkan dengan gold yang didapat.

 

5. Support

bb

Support adalah salah satu role terpenting yang harus ada di dalam setiap game. Support wajib membeli barang-barang pendukung untuk timnya, seperti observer wards, sentry wards, mekansm, dan lain-lain. Tugas utama dari seorang support adalah menjaga carry mereka agar tidak gampang dibunuh dan juga menjaga map awareness dari tim. Dengan support yang bagus, maka game dapat dikatakan bisa lebih mudah untuk dimenangkan. Kalian sering menuduh support yang sering mati dalam clash sebagai penyebab kekalahan? Ingat lagi, dibalik carry yang sukses, ada support yang terus membantunya!

 

6. Durable/Tanker

qwe

Sesuai dengan namanya, durable/tanker adalah role di dalam game yang bertugas untuk menjadi benteng di depan saat clash berlangsung. Biasanya, role ini cocok untuk hero-hero yang memiliki HP yang besar serta armor yang besar juga, seperti Axe, Tidehunter, Timbersaw, Bristleback, dan Centaur. Selain memiliki HP dan armor yang besar, seorang durable juga semakin bagus apabila dilengkapi dengan skill area. Seorang durable/tanker biasa juga bermain dalam posisi offlane di dalam game karena kemampuan survive hero ini yang sangat baik.

 

7. Nuker

ggg

Nuker hero adalah hero yang memiliki serangkaian skill berdamage besar sehingga dapat membunuh hero musuh dengan cepat. Pada saat clash berlangsung, seorang nuker sangat berperan penting dalam membunuh support musuh sehingga clash dapat dengan mudah dimenangkan tanpa adanya support lawan. Nuker yang sekarang lagi favorit adalah Mirana, Morphling, Sandking, dan tentunya Invoker.

 

8. Pusher

www

 

Pusher adalah role yang bertugas untuk mempercepat penghancuran tower dan barak. Selain itu, pusher juga memiliki skill yang dapat menghabiskan creep dalam waktu singkat. Pusher yang baik sangat ditakuti oleh tim musuh karena kemampuan RAT MODE nya yang sangat baik dapat menghancurkan tower lawan dalam waktu yang singkat dan juga dapat membalikkan keadaan tim.

 

9. Escape 

zzz

Escape hero memiliki kemampuan untuk kabur dari kejaran hero musuh dengan cepat. Biasanya skill yang paling banyak digunakan untuk escape adalah skill blink yang dimiliki oleh Anti Mage, Queen of Pain, maupun Leap yang dimiliki oleh Mirana. Skill escape dari seorang hero akan membuat mereka lebih aman untuk farming dan lebih cepat mendapatkan item yang diinginkan.

 

So guys, setelah kalian memilih hero yang kalian ingin mainkan di dalam game, tentukanlah dengan bijak role apa yang sebaiknya kalian mainkan di dalam game tersebut. Penyesuaian role yang dilakukan oleh seseorang dalam game dapat memberikan efek yang sangat besar terhadap game tersebut! Jangan takut untuk menjadi seorang support yang terus menerus terbunuh saat clash. Jangan takut menjadi seorang midlaner karena terlalu sering di-gank oleh musuh. Jangan takut menjadi seorang carry karena last-hit kalian masih belum sempurna. Selalu ingat bahwa Dota 2, adalah game yang mementingkan kerja sama tim, role yang kalian pilih sangat berpengaruh untuk mendapatkan kemenangan.

 

source gambar : dota2.gamepedia.com