Tips & Trick : Hal-Hal yang Perlu Kalian Ketahui Saat Memulai Bermain DOTA 2

yansen wijaya

, Dota 2, Guides

Kita tahu bahwa sudah banyak pemain Dota 2 yang bisa dibilang “Pro” di Indonesia. Tetapi bagi kalian yang baru mencoba atau dalam tahap belajar, Revivaltv punya tips dan trik untuk kalian.

 

1.  Hero

DYWoDtn

Hero adalah karakter kalian yang kalian pilih dalam satu game yang akan kalian mainkan. Secara keseluruhan, total hero yang dapat dimainkan dalam game Dota 2 ini adalah 111 hero yang terdiri dari 3 tipe, yaitu Strength, Agility, dan Intelligence. Setiap tipe memiliki 2 jenis hero yang dapat dimainkan, yaitu hero Mellee dan Range. Tentunya kalian sudah punya hero andalan masing-masing dong buat naikin MMR? Ga ketinggalan juga, akhir bulan Agustus ini, hero baru bakal keluar loh, yaitu Underlord! Untuk musim gugur nanti, hero baru juga bakalan keluar, yaitu Monkey King!

 

2. Item

Capture

Item merupakan hal yang penting untuk membuat kalian dapat memenangkan game dengan hero kalian. Setiap hero dapat membuat kombinasi item yang berbeda-beda sesuai dengan hero yang dimainkan dan role dari hero tersebut. Biasanya, perkembangan item dalam game dibagi menjadi 3 tahap, yaitu early game, mid game, dan late game. Sebagai contoh untuk early game, kalian dapat membeli item Tango, Ironwood Branch, serta Wraith Band untuk hero agility yang kalian mainkan. Setelah bermain selama 10 menit lebih, maka kalian akan memasuki tahap mid game dan item kalian harus kalian upgrade untuk mendukung hero kalian agar lebih kuat. Contohnya, kalian bisa membuat Power Treads, Yasha, atau Drum of Endurance. Setelah bermain selama lebih dari 30-40 menit, maka kalian akan memasuki tahap late game yang sangat menentukan. Item kalian pun juga harus di-upgrade. Contohnya, item late game yang kalian build adalah Manta Style, Daedalus, Assault Cuirass, dan Abyssal Blade. Pastikan kalian tidak terfokus hanya dengan beberapa item, item dalam Dota 2 sangat beragam dan semua item memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan keadaan dan hero kalian!

 

3. Skill Build

steamworkshop_webupload_previewfile_123364976_preview

Skill build adalah serangkaian set skill dari hero kalian yang dapat kalian ambil atau up setelah kalian naik level. Setiap skill dari hero memiliki fungsi masing-masing dan kalian harus mengerti apa yang dapat skill kalian lakukan untuk diri kalian, teammate, dan musuh sehinnga kalian dapat memainkan hero kalian secara maksimal dan nantinya memenangkan game. Untuk skill pertama sampai ketiga, kalian dapat mengambilnya secara bergantian mulai dari level 1-5. Untuk skill 4 atau ULTIMATE hanya dapat diambil apabila kalian sampai ke level 6, 11, dan 16 pada game. Selain ke 4 skill utama dari sebuah hero, ada skill bonus yang dilambangkan dengan simbol atribut hero kalian di sebelah kolom skill utama kalian. Setiap skill memiliki level masing-masing. Untuk skill 1-3, memiliki masing-masing 4 level yang dapat kalian up seiring dengan level kalian yang bertambah. Untuk Ultimate, hanya dapat naik sampai 3 level. So, up skill kalian sebijak mungkin sesuai dengan kondisi hero kalian, hero teammate, dan hero musuh agar kalian bisa memenangkan pertandingan dengan lebih mudah!

 

4. Laning

350px-Minimap_Lanes

Sebelum mengenal Laning, kalian harus tahu bahwa ada 2 buah sisi dari Dota 2 yang secara random kalian akan dapatkan setelah masuk ke dalam game, yaitu sisi Radiant, dan sisi Dire.

Dalam game Dota 2, ada 3 buah lane yang dapat kalian pilih sesuai dengan hero kalian, yaitu lane bagian atas (TOP), tengah (MIDDLE), dan bawah (BOTTOM).

  • Untuk sisi Radiant, bagian lane TOP sesuai dengan hero-hero yang memiliki kemampuan survive yang lebih kuat yang mementingkan level dibandingkan gold, seperti Faceless Void, Tidehunter, Batrider, dan Beastmaster.
  • Bagian lane MIDDLE diisi dengan hero-hero yang memiliki kemampuan cepat untuk menghabiskan creep serta mampu mempertahankan posisi nya sehingga level hero yang berada di MIDDLE lane lebih besar dibandingkan hero yang berada di lane lain. Hero favorit yang biasa ada di MIDDLE adalah Invoker, Puck, Mirana, Queen of Pain, Death Prophet, dan lain-lain.
  • Untuk lane BOTTOM atau yang biasa disebut dengan SAFELANE, biasa diisi dengan hero-hero yang memiliki kemampuan late game yang sangat bagus sehingga bisa membawa tim menuju kemenangan. Hero yang biasa mengisi SAFELANE ini adalah Anti Mage, Morphling, Juggernaut, Phantom Assassin, dan lain-lain. Untuk sisi Dire, lane nya berkebalikan dengan Radiant, kecuali Middle.

Selain 3 lane tersebut, ada 1 posisi lagi, yaitu JUNGLE. Jungle ini biasa diisi dengan hero-hero yang memiliki kemampuan untuk membunuh creep yang ada di jungle mulai dari level 1. Contohnya adalah Enigma, Beastmaster, dan Legion Commander.

So, pilihlah salah satu dari lane tersebut, dan mainkan hero favorit kalian di lane tersebut sehingga kalian menjadi semakin mahir dalam Dota 2 ini!

 

5. Last-Hitting / Farming

last hit creep dota 2

Last-hitting atau farming merupakan salah satu unsur terpenting yang harus kalian kuasai dalam early game sampai mid game sehingga hero yang kalian pakai mendapatkan item yang kalian inginkan dan pada akhirnya dapat memenangi game. Last-hitting adalah gerakan kita membunuh creep musuh pada saat HP dari creep tersebut sangat sedikit. Last-hitting membutuhkan kesabaran dan timing yang pas  sehingga kita mendapatkan gold dari creep tersebut untuk meng-upgrade item kita. Last-hitting juga memerlukan latihan terus menerus sampai kalian benar-benar ahli dalam last-hitting dan dapat membuat lawan stress karena keahlian kalian. Skill last-hitting ini sangat berguna apabila kalian sangat suka berada di middle lane atau safelane (bottom). Selain untuk mendapatkan gold, last-hitting creep kalian sendiri atau denying bisa membuat musuh kehilangan EXP yang seharusnya didapatkan loh!

 

6. Neutral Creeps 

gnolls

Neutral creeps merupakan creep yang berada di jungle tim kalian atau tim musuh yang dapat dibunuh untuk mendapatkan gold tambahan. Neutral creeps sendiri apabila dibunuh akan muncul dengan otomatis setiap 1 menit dan pada awal game, neutral creeps akan muncul pada detik ke 30.

 

7. Rune

dota_2__runes_by_kisetsukaze-d8v3a7u

Rune atau yang sering disebut dengan Power Up merupakan sebuah buff untuk hero kalian sehingga hero kalian mendapatkan power-up selama waktu dari tiap rune tersebut. Ada 5 jenis rune yang terdapat dalam game Dota 2, yaitu Bounty Rune, Invisibility Rune, Haste Rune, Double Damage Rune, Regeneration Rune, Arcane Rune dan Illusion Rune. Masing-masing rune akan spawn setiap 2 menit sekali secara random pada sungai di bagian Radiant dan Dire.

Bounty rune akan menambahkan gold dan EXP kalian apabila kalian mengambilnya. Invisibility rune akan membuat kalian menjadi invisible. Haste rune akan membuat movement speed kalian menjadi maksimum. Double damage rune akan membuat damage kalian menjadi 2 kali lebih besar. Regeneration rune akan meregenerasikan HP dan mana kalian selama waktu rune tersebut masih aktif. Arcane rune berfungsi selama 50 detik dan akan mengurangi waktu cooldown skill kalian sebanyak 30% dan mengurangi jumlah mana yang digunakan untuk menggunakan spell kalian sebanyak 50%. Illusion rune akan menduplikatkan hero kalian menjadi 3. Tentunya, tiap rune memiliki waktu buff ke hero kalian, kecuali bounty rune yang langsung menghadiahkan gold dan EXP tambahan kepada yang mengambilnya.

 

8. Tower, Barrack, dan Ancient

download

Untuk memenangkan game, kalian dapat menghancurkan tower, barrack, dan yang terakhir adalah ancient musuh. Setiap tower dan barrack yang dihancurkan akan memberikan bonus gold yang berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan tower yang dihancurkan. Untuk tower, ada 3 tier tower yang harus dihancurkan sebelum mencapai barrack. Setelah ketiga tier tower dihancurkan, maka ada 2 jenis barrack yang dapat dihancurkan sebelum menghancurkan ancient, yaitu barrack untuk mellee creeps dan ranged creeps. Setelah menghancurkan barrack, maka kalian dapat menghancurkan ancient musuh dan dapat memenangi game.

Mungkin dari kalian masih ada yang belum tahu, untuk menghancurkan ancient, tidak perlu menghancurkan barrack apabila kalian sudah menghancurkan tower tier 3 loh! Jadi, kalian bisa mempercepat kemenangan kalian apabila kalian mau!

 

9. Perbanyak Melihat Replay Professional Gamers

Menurut para professional gamers, menonton kembali replay game yang sudah selesai dan menganalisa replay tersebut merupakan hal yang sangat baik dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kalian dan mengetahui kesalahan kalian dalam game tersebut sehingga tidak mengulanginya kembali. Selain menonton replay, cara mudah untuk meningkatkan cara bermain kalian adalah menonton replay dari professional gamers itu sendiri. Kalian dapat menontonnya di Youtube, atau langsung di ingame Dota 2 kalian dan download replay dari pemain favorit kalian. Untuk melihat replay-replay terbaru dari pemain favorit kalian, kalian langsung bisa menuju channel Dota 2 Rapier, Natus Vincere Dota 2, Dota 2 Highschool, dan Dota 2 Divine di Youtube. Mencontoh apa yang professional gamers lakukan pada game secara tidak langsung akan membuat kalian menjadi lebih paham mengenai apa yang harus dilakukan pada saat situasi dan kondisi tertentu. Yang paling penting adalah jangan takut mencoba, karena practice makes perfect guys!

 

So guys, mungkin ini basic dari game Dota 2 yang perlu diketahui. Jangan lupa leave comment kalian apabila ada beberapa basic yang belum dijelaskan ya!

OPEN YOUR DOTA 2 GAME, FIND MATCH, AND WIN THE MATCH (ez +25.lol)

Salam DOTA 2!