Tips Menghadapi Toxic Player di Dota 2

Sobat RevivaL pastinya pernah dong bertemu player Dota 2 yang suka nyalahin tim sendiri ? Yap, istilah untuk player tersebut adalah Toxic Player. Pemain yang bertipikal seperti ini biasanya membuat kita pusing dan game yang kita mainkan hampir 80% pasti kalah. Nah, di kesempatan kali ini kita bakal membagikan beberapa tips untuk menghadapi makhluk-makhluk astral semacam ini. Yuk kita simak~

 

 

1. PMA / Possitive Mental Attitude

pma

Hal ini sangat penting banget untuk menghadapi toxic player yang suka nge-blame. Dengan kita bersikap positif tanpa membalas omelan mereka saat melakukan kesalahan dalam game, beberapa toxic player akan sedikit lebih jinak karena energi positif yang kita keluarkan di game tersebut. Memang di beberapa kasus memang beberapa toxic player susah untuk dijinakan. Namun, dengan kalian fokus pada game kalian dan mencoba berusaha untuk memenangkan game tersebut, percaya deh nantinya mereka juga pasti akan diam sendiri. 😀

 

2. Mute Chat / Speaker

mute

Untuk beberapa player mungkin ada yang tidak tahan melihat chat atau voice chat gak jelas dari toxic player ini. Kebanyakan disebabkan oleh blaming dari mereka yang kadang gak jelas banget dan ujungnya mengganggu konsentrasi kita. Jadi mute chat atau mute speaker sangat efektif untuk menaikan konsentrasi kalian lagi agar kalian bisa menang.

 

3. Pura-pura Membelanya

luna-pretend

Nah ini, beberapa toxic player awalnya akan terus menyalahkan kalian tentang semua yang terjadi, walau kalian benar sekalipun. Seringkali juga toxic player akan melakukan chat all yang bisa di baca oleh musuh kita dan tidak jarang, mereka malah jadi bahan bully oleh musuh. Cobalah untuk membela si pemain toxic ini dan dia akan menganggap kalian mendukungnya. Dia pasti akan berhenti melakukan blaming dan kalian jadi punya kesempatan untuk mencoba memenangkan match sebelum si toxic player kembali liar.

 

4. Memberikan Pujian

commended

Biasanya pemain toxic selain doyan nge-blaming, mereka juga doyan dipuji loh! Jadi, bertahanlah separah apapun kelakuan mereka. Misalkan mereka berhasil meng-kill musuh atau sampai bisa triple kill, jangan ragu untuk memujinya seperti “commended”, “well played” atau semacamnya. Dengan ini kita akan jadi terhindar dari target blame mereka.

 

5. Tetap Menyelamatkan Mereka

omni
Mungkin ini memang salah satu hal yang menyebalkan saat player toxic ini nge-blame kalian. Terkadang mereka juga cenderung suka melakukan kesalahan sendiri seperti tiba-tiba maju sendiri walau fog di map gelap dan tidak ada wards sekalipun, namun mereka tetap pergi terlalu jauh untuk farming dan menjadi target gank oleh tim musuh. Namun, tidak ada salahnya mencoba menolongnya atau bahkan mati demi menyelamatkannya. Tapi ingat, lakukan ini cuma beberapa kali saja yah! Kalau mereka tidak ada perubahan, langsung saja klik profile mereka dan tekan “Report Player”.

 

6.Jangan Membalas Blame

eternalenvy_frankfurt_major_2015

Jangan pernah, dan sekali lagi jangan pernah membalas blame walau mereka feeder sekali pun. Cobalah untuk tetap bermain dengan tenang dan pelan-pelan arahkan mereka. Kalau perlu berikan dia semangat seperti “Relax you’re doing fine” atau sebagainya. Karena apabila kita nge-blame mereka, maka sudah bisa dipastikan game kita bakal rusak karena toxic player tersebut akan kesurupan dan memulai melakukan kesalahan dengan sengaja. Apabila itu sudah terjadi, well siap-siap saja MMR kalian jadi turun.

 

7. Banyak Berdoa

gaben

Inilah hal yang terakhir dan paling penting yang kamu harus lakukan sebelum bermain, berharap kalian tidak satu tim toxic player. Jadi, kalian bisa fokus dan bermain dengan tenang :’D

 

Itu dia sobat RevivaL beberapa tips dari kami! Semoga bisa membantu dan kita bisa tetap tabah menghadapi toxic player yang berkeliaran di luar sana. See you next time~ Salam +25 MMR.