Tips Mempersiapkan Mental Untuk Meningkatkan MMR!

Wilson Wong

, Dota 2, Guides

Halo sobat RevivaL! Ex-player profesional Complexity Dota 2, Chessie, telah memberikan beberapa tips untuk menaikkan MMR. Tips yang ia berikan berguna untuk mempersiapkan mental di MMR, dimana kalian akan bertemu dengan situasi yang tidak terduga. Berikut adalah tipsnya:
Tahap Picking

Tahap yang sangat penting dalam sebuah game adalah picking. Hero yang telah dipilih dapat memutuskan jika game itu akan mudah atau susah dimainkan. Bayangkan seorang dengan MMR terendah memilih untuk bermain role carry atau mid, hal ini akan menurunkan peluang untuk menang secara signifikan; sama halnya jika seluruh tim memilih hero carry atau support. Ego seseorang bisa menjadi masalah bila tidak direndahkan.

Contohnya, jika role yang diperlukan adalah support dan tersisa 2 orang yang hanya ingin memainkan role carry, alhasil tim mereka akan kesusahan mencari tempat untuk farm dan tidak ada yang membeli ward, smoke, dust, dan lain lain.

Ada baiknya jika kalian beradaptasi dengan kondisi pick tim kalian dan memilih hero yang diperlukan agar game itu tidak otomatis membawa kekalahan.herolayout

Memberi Dukungan

Setiap orang pasti pernah mengalami game yang buruk. Disaat kalian menyadari bahwa seseorang sedang bermain buruk, dari pada mencaci dan menurunkan semangatnya, berilah ia dukungan agar ia tahu hal seperti itu wajar. Jika ada yang menjelekan seseorang karena ia terus menerus mati, sebuah dukungan yang kalian berikan akan mencegah orang itu dari AFK (berdiam di tempat) atau feed dengan sengaja.

dendigettingup

Valve: Free to Play

Raging

Semua orang dapat berurusan dengan emosi dalam permainan yang melibatkan sebuah tim. Jangan biarkan emosi mengendalikan diri kalian, walaupun akan susah melakukannya. Pakailah fitur mute jika ada yang ingin menjatuhkan kalian. Terus-terusan emosi tidak akan pernah membawa kemenangan, melainkan menurunkan peluang untuk menang.tableflipDisconnects

Kadang-kadang seseorang bisa mengalami disconnect dan tidak dapat tersambung kembali (reconnect), hal ini tidak dapat diperbaiki. Banyak yang akan kecewa, tapi apa boleh buat, terus fokus dan tetap bermain.disconnect

Menyerah

Hal ini sedikit menyebalkan dan tidak mudah untuk diuraikan. Pasti ada saatnya dimana kalian tahu bahwa game is over dan tidak ada jalan keluar, selalu ingat ada kemungkinan tim musuh akan throw dan memberi kalian kemenangan. Dengan kesempatan yang mungkin kecil tapi tetap ada, jangan pernah menyerah karena kesalahan dari tim musuh sewaktu-waktu dapat memutar balikan keadaan.

giveup

 

Jika kalian mengikuti tips di atas, tanpa mempertajam skill kalian pun, akan membantu untuk meningkatkan win rate kalian; serta membuat komunitas Dota 2 yang lebih ramah dan seru untuk semuanya!

Sumber: https://www.reddit.com/r/DotA2/comments/54betr/a_little_writeup_on_mental_fortitude_in/