Tips Dasar Menjadi Support yang Baik.

 

Terkadang kita terlalu menganggap remeh role support. tapi taukah kalian role support ini salah satu faktor yang menentukan dalam kemenangan bahkan ada istilah good support make a good carry (walau terkadang tidak selalu demikian ūüėÄ ) nah jadi supaya untuk menjadi support yang efektif nih sobat RevivaL kita simak sama-sama.

Hindari Auto Attack Creeps!

Hal penting dalam  bermain Support adalah hindari  auto-attack atau menyerang creep lane secara terus menerus. Kegiatan ini mengakibatkan creep menjadi ke push dan menjadi jadi terlalu dekat ke tower musuh dan membuat carry tim kita menjadi sulit melakukan farming. selain itu terkadang carry kita akan marah apabila kita melakukan hal ini dan membuat kondisi tim menjadi tidak bagus karena saling blaming.

 

Ward dan Courier Menjadi Prioritas Utama

Tidak perlu di tanya lagi, membeli Support items merupakan prioritas utama. Ward dan Courier wajib dibeli di awal permainan jika kamu adalah seorang hard-support. Jika kamu bermain role hard-support usahakan untuk menjaga stock wards karena kita tidak tau kapan musuh akan melakukan deward. jadi apabila map sudah di rasa cukup aman cobalah membeli item-item seperti bracer atau magic stick untuk keselamatan dirimu. Jangan ragu untuk membeli sentry atau dust apabila ada hero musuh yang invisible atau bahasa gaulnya mahluk ghoib semacam riki, bounty hunter, nyx dan weaver sebelum mereka berkreasi.

 

maxresdefault
item wajib para support.

 

Ambil Exp dan Gold Secukupnya

Sebagai hero support, kamu memang harus mengalah dari para Carry. Hal penting yang juga harus diingat usahakan jangan mengambil exp dari carry kita. Hal ini dimaksudkan agar carry kita¬†bisa berkembang, cepat naik level dan dapat item. Selama di lane usahakan untuk melakukan harrash¬†atau ‚Äúnyicil‚ÄĚ hero musuh agar menjauh dan tidak mendapatkan exp dan gold dari creep. tapi apabila kamu perlu untuk mencapai lv tertentu dan gold untuk membeli courier / wards jangan ragu untuk meminta carry mu untuk share sedikit dari creeps. carry yang baik pasti mengerti dan membiarkan mu untuk mengambil gold dan exp dari creeps yang ada.

 

Farming

Yap Farming, sebab kamu tetap butuh Lv dan Gold untuk beli item-item support. ganking, deward, dan creep pulling adalah beberapa metode farming yang bisa kamu lakukan serta mengambil rune yang akan memberi gold dan XP apabila tidak ada hero core yang berada di sekitar sana. Kamu juga bisa farming ketika ada momentum lane kosong dengan banyak creep di dekat tower. Support memang tak butuh banyak item, tapi begitu kamu mempunyai item-item tertentu seperti euls, force staff dll dipakstikan bisa membuat kesal musuh yang ingin mengincarmu. tapi taukah kamu farming yang paling efektif dari support adalah saat melakukan gank dan berhasil di sana exp dan gold mu akan naik drastis jadi usahakan jgn pasif dan stay on lane lakukan roaming gank. hal ini juga akan menaikan semangat teman satu tim kalian.

Creep pulling, salah satu metode farming pemain support.

Earlygank Midlane Musuh

Kenapa harus mencoba melakukan early gank di mid lane musuh? karena mid itu merupakan playmaker tim kita apabila kita membantunya midlane kita. dia bisa melakukan bantuan roaming lebih cepat dan meringankan tugas para support. jadi kita hanya focus pada wards dan melakukan support di lane carry kita. salah satu cara efektif untuk melakukan gank di midlane adalah menggunakan smoke ya karena saat kalian menggunakan smoke tidak akan terdeteksi oleh wards musuh sehingga kalian bisa melakukan serangan tiba-tiba tanpa mereka menyadari kalian sudah siap untuk menyerang.

berikut penggunaan smoke untuk melakukan gank mid
smoke

So gimana sobat RevivaL? semoga tips and tricks kita kali ini bisa sangat membantu mengembangkan permainan kalian dalam menggunakan role Support ya. selalu jangan menyerah apapun keadaannya tetap tryhard gaming! see you next time keep PMA guys~