Tips dan Trik Untuk Menjadi Lebih Baik di Ranked Match

darrian jovan

, Dota 2

Kemenangan dari sebuah game tidak hanya ditentukan oleh skill individual dari masing masing player yang ada di game tersebut. Selain dari skill, hal lain yang memiliki pengaruh besar pada kemenangan dalam sebuah game adalah team morale – tingkat kepercayadirian dan tingkat keoptimisan yang sangat mempengaruhi disiplin dan juga motivasi dari masing masing orang. Mental dan semangat dari masing-masing player di tim memiliki pengaruh yang sangat besar pada kemenangan dari sebuah game.

Skill individual hanyalah salah satu faktor dari banyak faktor yang membawa kemenangan dari sebuah tim di public games maupun ranked games. Dota 2 , CSGO dan banyak game eSports lainnya adalah sebuah permainan team. Mengalahkan musuh dengan membentuk kerja sama antar anggota tim dan juga meningkatkan team morale.

Berikut adalah berberapa tips yang tidak hanya dapat memenangkan game tapi juga mendapatkan teman dan mendapatkan commendations.

a11.Berkomunikasilah dengan baik dengan anggota tim

Dalam solo ranked games, kita tidak dapat menentukan dengan siapa kita akan berteman sehingga kita tidak punya pilihan lain selain bermain dengan serius dengan siapapun yang sistem game tersebut berikan dan karena hampir semua games eSports adalah permainan tim, maka kalian haruslah berkomunikasi dengan mereka sehingga dapat melakukan permainan dengan lebih baik. Berilah ide strategi untuk memenangkan permainan tersebut dan sebaliknya harus juga terbuka terhadap ide strategi dari orang lain. Kemungkinan mereka akan mendengarkan terhadap ide kalian adalah ketika kalian membicarakannya dengan sikap yang baik karena jika kalian berkata kata kasar atau flaming ke sesama anggota team, mereka tidak akan mendengarkan kalian malah akan membuat masalah.

Komunikasi adalah kunci keberhasilan sebuah tim mengalahkan musuhnya. Komunikasi yang efektif akan membantu anggota team mengerti perannya masing masing dalam sebuah game.

2.PMA (Positive Mental Attitude)

Dalam semua awal permainan, jadilah orang yang memberikan suasana yang nyaman di dalam tim. Awal permainan yang baik sangat memberikan dampak yang sangat besar pada game. Dengan kata kata simple seperti “Goodluck”,”Have fun” atau “We will win this” bisa membawa suasana yang membuat orang berasa nyaman untuk bermain pada tingkat maksimalnya masing masing individu.

Ketika ada teman dalam tim yang down karena suatu kesalahan mereka maupun karena mereka tidak dapat berkontribusi banyak, cobalah untuk menyemangati mereka kembali. Mulailah kerja sama dari menjelaskan peran dari masing masing anggota tim dalam sebuah game. Mereka butuh untuk memiliki ide yang sama dengan kalian untuk memenangkan sebuah game. A positive thinking and a positive attitude will lead into a positive outcome.

3.Objective Gaming

Semua permainan memiliki tujuan dan objektifnya masing-masing. Sebagai contoh adalah Dota 2. Objektif dari game Dota 2 adalah untuk menghancurkan ancient dari lawan sehingga cara bermain dari tiap player harus untuk mencapai objektif tersebut bukan mendapatkan kill paling banyak di game agar bisa pamer ke teman teman bahwa dia lah yang membawa kemenangan tersebut, karena kill belum tentu menentukan kemenangan. Satu hal yang perlu diingat objective gaming  sebaiknya dilakukan oleh semua anggota tim karena jika kalian sendiri yang bergerak mengarah kesana maka hasilnya akan percuma. Kerja sama adalah awal dari sebuah kemenangan.

 

Nah, Sobat RevivaL siap untuk menjadi lebih baik lagi dalam sebuah Ranked Match maupun Public Match? Jangan pernah menyerah dan teruslah menjadi lebih baik lagi. Good luck and have fun!