Mengenal Motenai, Artist Ternama di Dota 2 Workshop

Sobat RevivaL sering beli skin di Dota 2? Pernah gak sih kalian penasaran sama pembuatnya? Nah, salah satu Artist di Dota 2 Workshop Andrea ‘ Motenai ‘ Orioli beberapa waktu lalu berbincang dengan Gosugamers dan membicarakan tentang items / avatar buatannya di dalam Dota 2. Berikut sedikit perbincangan dengan Andrea:

Hallo, Andrea, mari kita mulai dari yang paling awal. Bagaimana kamu bisa tertarik dalam membuat cosmetic items Dota 2?
– 
Rekan saya memperkenalkan saya dengan Dota 2, dan memberitahu saya bahwa Dota juga memiliki workshop seperti halnya TF2 (Team Fortress) yang memperbolehkan kita membuat comestic items di dalam game.  Karena saya selalu tertarik dengan model workshop seperti TF2, saya kemudian mencoba membuat beberapa items sederhana. Item buatan saya yang ke-2 (Direstone Liferipper untuk Necrophos) diterima cukup cepat ke dalam game.  Itu adalah pertama kalinya saya melihat potensi di workshop Dota 2 dan berencana untuk membuat lebih banyak items ke depannya. Setelah 6 bulan, saya mulai bekerja di workshop Dota 2 secara full time.

Apakah kamu pernah belajar desain / modeling?
– Tidak juga, saya pertama kali belajar 3D di akhir tahun 90-an dimana saya masih berumur 17 tahun (sebagian besar karena sepupu saya mempunyai versi awal dari 3D Studio di komputernya) dan akhirnya saya tertarik untuk mendalaminya dan mempelajari semua yang saya bisa. Entah itu dari buku atau tutorial online pada saat itu.

Apa yang membuat mu bersemangat untuk melanjutkan kegemaranmu? apakah sulit untuk membuktikan waktu yang di habiskan berjam-jam untuk sesuatu yang kamu sukai?
Mmm, dari awal saya tidak mendapat tekanan tertentu dari seseorang dan semuanya berjalan secara natural untuk saya menyukai art 3D. Ini seperti menyatukan kecintaan saya kepada video game dan menggambar. Mungkin orang tua saya tidak begitu senang dengan waktu yang saya gunakan di depan komputer, tapi paling tidak itu terbayarkan dalam jangka waktu yang panjang.

Apa item pertama yang kamu buat dan bagaimana perasaan kamu saat pertama mendaftarkan item tersebut di workshop Dota 2?
flying-deso
Item paling pertama yang pernah saya buat adalah Flying Desolation untuk Bounty Hunter. Saya menyelesaikan item ini dalam beberapa hari dan awalnya hanya untuk coba-coba untuk melihat bagaimana tanggapan yang akan saya dapat dari workshop Dota 2. Saya sangat gembira ketika di hari berikutnya saya membuka steam, saya mendapat lebih dari 70 notifikasi komentar dari orang-orang. Hal itu adalah salah satu alasan yang membuat saya termotivasi untuk membuat item lainnya.

Bagaimana pengaruh tanggapan kepada item buatanmu?
Tanggapan pemain Dota 2 sangat mendorong saya untuk menciptakan model lainnya. Untuk tanggapan yang lebih artistik, saya biasanya memperlihatkan kreasi saya di tempat yang berbeda kepada 3D artist lainnya (tidak hanya di workshop Dota 2) dan mendengar apa yang akan mereka katakan tentang kreasi saya tersebut.

Berapa jam yang kamu gunakan untuk membuat cosmetic items, dan apakah itu bernilai?
– Biasanya 1 set membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung banyaknya faktor. Jika saya memproduksi 1 set lengkap, biasanya memerlukan waktu lebih dari satu bulan untuk menyelesaikannya. Dan jika saya berkolaborasi dengan artist lain, biasanya akan lebih singkat dalam menyelesaikannya. Hal yang paling sulit dan menguras waktu adalah  membuat ide baru dan mencoba membuat desain yang saya inginkan.  Juga membuat ilustrasi loading screen selalu menguras banyak waktu karena saya seorang 3D artist, membuat ilustrasi 2D cukup membutuhkan perjuangan.

Apa set yang sangat membuatmu kesusahan dan mengapa?
– Aku tidak mengatakan kesusahan, tapi yang paling kontroversial adalah set dari Skywrath MageVigilance of the Manticore” atau “Red Skywrath“. Banyak pemain yang tidak menyukainya karena menggunakan warna baru yang berbeda walau itu hanya untuk warna alternatif, dengan warna asli masih tetap biru, emas, dan putih.

Apa set favorit kamu yang pernah kamu ciptakan?
– Sulit untuk mengatakan ini, mungkin set Dazzle untuk Vanskor yaitu Darkclaw Emissary yang dibuat bekerja sama dengan ROBO dan Abyssfx. Ini mungkin adalah satu-satunya set yang saya buat dengan drop rate yang langka. Dan menurutku, itu menjadikannya incaran dari para pemain.dazzle_turn_hires

Dari semua kreasi yang kamu yang bisa kita liat di workshop Dota 2, apa yang menjadi favoritmu?
Saya kebanyakan menyukai set-set yang saya buat beberapa tahun ini. Mungkin Apostle Of Decay untuk Necrophos yang paling saya sukai jika saya harus memilih. Dan favorit lainnya adalah Divine Flame untuk Lina,  dan Echoes of the Eyrie untuk Vengeful Spirit. Ini dikarenakan saya selalu menggunakan hero tersebut. Dan saya juga mempunyai perasaan yang special untuk set terakhir yang telah saya kerjakan, yaitu Jorogumo untuk Broodmother.
favorites
brood

Sumber: http://www.gosugamers.net/dota2/features/41383-workshop-spotlight-motenai-i-like-how-much-freedom-i-have-in-my-creation

  • Dhanipoo Martino Trigarcia

    sekali-kali ngomen disini, biar gak sepi (y)

  • Monas Muhaimin

    dazle, necropos dan broodmother keren-keren,, yg broodmother paling ngeri