DOTA 2 TIPS – Penguasa Alam Maut, Underlord!

darrian jovan

, Dota 2, Guides

Underlord merupakan hero yang paling baru masuk ke dunia dota 2. Hero ini juga merupakan hero terakhir yang di transisi oleh Valve dari Dota 1 ke Dota 2. Underlord sendiri memiliki skill-skill yang unik karena skill dari Underlord ini bisa dikategorikan dalam role support (dapat mengunci lawan), carry (passive yang menambah damage) dan juga offlane (dapat farming dan menjaga jarak dari lawan serta mengganggu lawan agar tidak dapat farm).

DOTA 2 TIPS - Underlordpic1

Dalam artikel ini akan dibahas item serta skill build dari Underlord dalam 2 role yang sudah disebutkan di atas (Carry dan Offlane) berdasarkan opini pribadi dan juga pengalaman pribadi. Jika ada sahabat RevivaL yang memiliki ide lain, bisa langsung tuangkan idenya di kolom komentar ga.

1. Carry

Sebuah carry adalah sebuah role yang mementingkan farming agar dapat memenangkan game pada akhirnya. Role ini identik dengan damage dan memiliki item item penting. Ketika Underlord berada dalam sebuah posisi ini, maka Underlord akan lebih mengandalkan right-click dari hero tersebut karena terbatasnya mana dari hero ini.

Banyak variasi untuk skill build dalam role ini, tetapi pada umumnya Underlord akan mengambil skill pertamanya (Firestorm) dan juga skill ketiga (Atrophy Aura) yang meningkatkan damage right-click dari Underlord dan juga membuat hero ini cukup tebal. Skill 1 dan skill 3 diutamakan karena pada umumnya support dari team sudah memiliki skill untuk lockdown hero lawan tersendiri seperti stun, sleep ataupun disrupt tetapi semua dapat disesuaikan berdasarkan komposisi dari team pada game tersebut. Jika kedua support tidak memiliki lockdown sama sekali, ada baiknya Underlord mengambil skill 2 (Pit of Malice) dan juga skill 3 (Atrophy Aura) agar dapat mendapatkan kill pada fase laning.

DOTA 2 TIPS - Underlordpic2

Force Staff – Item ini sebenarnya optional tapi sangat berguna untuk mobility dari Underlord itu sendiri karena dapat digunakan untuk kabur dari gank musuh maupun untuk memulai sebuah team fight/gank.

Echo Sabre – Item ini digunakan untuk memperlambat musuh yang merupakan efek pasif dari echo sabre itu sendiri dan juga serangan 2x yang menambah damage dalam waktu yang cepat.

Assault Cuirass – Item ini dipakai untuk mempertebal armor dari Underlord itu sendiri dan juga mengurangi armor musuh sehingga serangan Underlord yang sudah sakit dikarenakan dari Atrophy Aura dapat lebih cepat membunuh musuh.

Black King Bar – Item ini adalah item situational yang berarti item ini tidak harus dimiliki oleh seorang carry, tetapi item ini dapat sangat berguna dalam team fight dimana hero-hero dari team musuh memiliki banyak skill lockdown.

Desolator – Sekali lagi untuk mengurangi armor musuh. Assault Cuirass bersifat aura tetapi desolator akan berfungsi jika musuh sudah kena serangan dari hero kita. Assault Cuirass dengan desolator adalah kombinasi yang cukup baik untuk mengurangi armor lawan dan menghasilkan damage yang besar ke hero lawan.

Power Treads–Sepatu yang digunakan adalah power treads karena dapat berganti alih ke agi maupun int dimana underlord dapat sedikit mana untuk kabur ataupun mendapat attackspeed lebih banyak. Sepatu yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk role carry adalah Phase Boots dengan fungsi base attack lebih tinggi dan juga dapat mengejar musuh.

DOTA 2 TIPS - Underlordpic3

Gambar diatas menunjukan stats yang akan dimiliki oleh underlord dengan item yang disebutkan diatas. Base Damage underlord 176+89 sebelum ada efek dari Atrophy Aura. Berikut ini adalah damage yang dihasilkan dari 1 klik ke musuh setebal axe dengan 2 heart of tarrasque. Hit pertama dari Underlord sudah menghasilkan sekitar 600 damage tanpa bonus damage dari Atrophy Aura sama sekali. Damage yang cukup besar bukan?

DOTA 2 TIPS - Underlordpic4

2. Offlane

Kepentingan dari role ini adalah menjadi “carry” sementara saat pertengahan game agar dapat menang team fight maupun gank. Early game dari offlane hanya membutuhkan level sehingga skill skill yang dimiliki bisa bekerja dengan maksimal.

Ada 2 variasi untuk skill build Underlord dalam role ini. Pertama adalah maximum skill Firestorm dan Atrophy Aura agar bisa mengganggu farm dari hero lawan. Build ini biasa digunakan untuk melawan hero carry melee. Yang kedua adalah maximum skill 1 dan skill 2 yaitu Firestorm dan Pit of Malices. Build ini mengandalakn mobility dari hero sehingga dapat kabur dan tidak gampang mati sedangkan farm akan sedikit melambat.

DOTA 2 TIPS - Underlordpic5

Force Staff – Item ini sebenarnya optional tapi sangat berguna untuk mobility dari Underlord itu sendiri karena dapat digunakan untuk kabur dari gank musuh maupun untuk memulai sebuah team fight/gank dan juga untuk menyelamatkan carry dari serbuan hero musuh pada pertengahan game.

Guardian Greaves – Item ini sangat berguna untuk underlord karena selain membuat Underlord semakin tebal, item ini dapat menyelamatkan teman dan juga diri sendiri. Item ini juga dapat menghilangkan silence pada Underlord sehingga dapat mengubah tempo dari team fight itu sendiri.

Pipe of Insight – Meningkatkan Magic resistance dari team sehingga pada team fight damage yang dihasilkan oleh hero-hero yang menggunakan magic sebagai sumber damage mereka tidak terlalu besar menhancurkan team kawan.

Lotus Orb – Melindungi carry saat pertengahan dan fase akhir game sehingga musuh akan berpikir 2 kali untuk menggunakan skill burst damage maupun stun yang harus click-on-hero seperti Dagon, Finger of Death dan juga Laguna Blade.

Crimson Guard – Meningkatkan physical resistance sehingga serangan carry musuh akan berkurang pada team dan juga membuat Underlord tebal.

Black King Bar / Linken Sphere – Item situational yang tidak harus dibeli / bisa diganti item lain. Item ini akan membuat Underlord lebih gampang dalam teamfight untuk melakukan tugasnya, yaitu menyelamatkan teman maupun menangkap hero lawan.

DOTA 2 TIPS - Underlordpic6

Gambar diatas adalah stats yang dimiliki oleh Underlord setelah memakai item diatas. Dengan HP 2.9k dan juga 35 armor, Hero ini dapat dikatakan cukup tebal dalam teamfight walaupun tidak setebal hero seperti Bristleback dan juga Axe, hero ini cukup oke.

Nah sekian dulu untuk guide untuk Underlord. Untuk build support Underlord, tunggu part berikutnya ga! See you next time, sobat RevivaL!