Andi ‘Monang’ Habibie, Salah Satu Pro Player Indonesia

Rino Putra

, Dota 2

ANDI MONANG HABIBIE (KANAYA GAMING)

 

10615432_10203401355693070_454573993115861933_n

PROFIL

Nama : Andi ‘Monang’ Habibie

Tanggal Lahir : 26 Mei 1992

Negara : Indonesia

Status : aktif

Team : Kanaya Gaming

Role : Carry

Signature Hero : Anti-Mage, Storm Spirit, Naga Siren

Total Pendapatan : ±Rp.100.000.000

Solo MMR : 5724

 

BIOGRAFI

I’m nothing without my team” ini yang dikatakan Andi Monang Habibie yang akrab di panggil Monang saat interview dengan RevivaL TV beberapa waktu lalu.

Siapa sih Monang? Bagi sebagian para pemain game Dota 2, tentunya nama ini tidak asing didengar. Monang adalah salah satu pro player Dota 2 di Indonesia sejak tahun 2011 hingga saat ini. Dia selalu tampil maksimal dan tetap memberikan performa yang bagus pada timnya dalam setiap pertandingan yang telah ia lewati, meskipun kondisinya sedang dalam keadaan tidak baik (kalah).

Seperti gamer pada umumnya, Monang juga pernah bermain di internet café (warnet) dan juga mengikuti kompetisi lokal dengan teman-temannya. “gue tertarik sama game online gara-gara waktu SMP suka main bareng sama temen di warnet dan waktu itu tahun 2010 juga udah aktif ikutan tournament Dota 1” kata Monang.

Tidak hanya game MOBA (multiplayer online battle arena), Monang pun juga pernah bermain game RPG (role-playing game) yaitu Ragnarok dan Seal. “Karna dulu kan jamannya game RPG banget. Setelah ada dota, gameplay nya beda gitu, mirip-mirip CS jadi lebih seru aja dan tidak cepat bosan dan bisa bacot” katanya.

 

DOTA 2

Monang, mengawali bersama dengan Team Minion yang mewakili Indonesia di ESWC 2012 France, Paris. Kemudian Monang pun bergabung dengan Andre Gaming bersama dengan Y2K dan Bubu. Tak lama setelah itu, terdengar kabar bahwa Monang telah bergabung dengan The Prime dan saat ini Monang terdaftar sebagai salah satu player dari Kanaya Gaming.

 

Berikut adalah achievement yang di banggakannya:

  1. Juara 3 Indonesia Game Show 2012 (Team Minion)
  2. Juara 1 Indonesia Game Show 2013 Road to France, Paris (Team Minion)
  3. Juara 1 IGS 2014 (The Prime)
  4. Juara 1 Indonesia Qualifier Dota Master Road to Kuala Lumpur (The Prime)
  5. Juara 2 The Prime Tournament 2015 (The Prime)
  6. Juara 1 Lenovo Gaming League 2016 (Kanaya Gaming)

 

Monang sendiri berhasil meraih award first place best carry Dota Café di tahun 2015 lalu. Harapannya adalah agar eSport Indonesia lebih memperlihatkan perkembangan yang lebih maksimal lagi mulai dari tournament yang diselenggarakan maupun dari hadiah yang diberikan.
Sebagai pro player Dota 2, Monang pun juga pernah mengalami kesulitan. Ia menerangkan bahwa “Dota itu permainan yang tidak dilakukan sendiri melainkan bekerja sama sebagai sebuah team. Terkadang perubahan roster atau pemain yang teralu sering dapat membunuh karir individu pro player tersebut”. Dapat disimpulkan dari kutipannya itu, jika kerjasama dalam sebuah team menurun berarti makin kecil juga kemenangan yang diraih, dan begitu pula sebaliknya makin besar kerjasama dalam team maka kemenangan pun akan lebih mudah didapat.

Semangat terus untuk Monang atas karir yang ia jalani saat ini sebagai gamer, good luck have fun! (y)