in , ,

[TI8 Team Profile] Mengintip Peluang Winstrike di TI8, Tim Dota 2 Regional CIS Terbaik?

FlyToMoon (sekarang Winstrike) di ajang EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Winstrike merupakan salah satu tim jawara di regional CIS. Dengan nama FlyToMoon, rupanya tim tersebut mengejutkan banyak pihak pada gelaran EPICENTER XL.

Menempati posisi 3 besar, rupanya armada CIS tersebut menunjukan bahwa mereka memiiki level yang tidak dapat diremehkan.

Logo terbaru Winstrike di The International 8. Sumber: liquidpedia

Perjalanan Winstrike

Menuju perjalanannya, FlyToMoon sedikit-banyak merupakan tim yang berisikan para pemain lepas atau tidak terikat kontrak. Iceberg sendiri merupakan mantan pemain Team Spirit yang memutuskan keluar, hingga membentuk tim FlyToMoon.

Dengan babak kualifikasi terbuka di beberapa regional, EPICENTER XL menjadi panggung untuk Iceberg dan kawan-kawan. Bahkan mereka mampu tampil gemilang dan melampaui tim Virtus.pro dengan skor 2-0.

Hasil ini pun menjadi nilai tambah mengingat performa Virtus.pro yang tidak bisa dianggap remeh. Menuju pertandingan berikutnya, mereka terpaksa menyerah di tangan Team Liquid di lower bracket semi-final dengan skor 2-1.

FlyToMoon (sekarang Winstrike) di ajang EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Lantas, tim tersebut tidak cepat puas dengan posisi ketiga di ajang EPICENTER XL. FlyToMoon kembali beraksi dengan berhasil memuncaki babak kualifikasi TI8 regional CIS setelah mengalahkan Espada dengan skor 3-1.

Kemenangan ini pun menarik minat tim esports profesional asal Rusia, Winstrike dan sekaligus mengakuisisi keseluruhan roster FlyToMoon.

Winstrike Dota 2 Roster:

  • Airat “Silent” Gaziev
  • Bogdan “Iceberg” Vasilenko
  • Alexey “nongrata” Vasilev
  • Aleksander “Nofear” Churochkin (Kapten)
  • Andrey “ALWAYSWANNAFLY” Bondarenko

Peluang Winstrike di The International 8

FlyToMoon (sekarang Winstrike) di ajang EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Winstrike Team Statistik:

  • Total Pertandingan: 91 (Dire 56, Radiant 35)
  • Winrate: 70,33%
  • Total Hero Dimainkan: 81 (Uncpicked Heroes: Invoker, Anti-Mage, Bloodseeker, Earthshaker, Morphling, Sven, Phantom Assasin, Winter Wyvern, Crystal Maiden, dll.)
  • Hasil Turnamen: 5th StarLadder ImbaTV Invitational Season 5, 3rd EPICENTER XL & 1st The International 8 CIS Qualifier

Berbicara peluang Winstrike menjadi salah satu tim yang patut ditakuti. Bukan tanpa alasan, tim tersebut menunjukan permainan yang gemilang di panggung LAN pertandingan EPICENTER XL. Namun perjalanan awal FlyToMoon sebelum diakuisisi terbilang biasa saja.

Mereka bahkan lebih disibukkan di babak kualifikasi baik gelaran minor ataupun major. Winstrike hanya menghadiri 2 gelaran LAN yaitu EPICENTER XL dan StarLadder ImbaTV Invitational Season 5.

[In-Depth] Kembalinya Crystal Maiden Dota 2 jelang The International 8

Setidaknya tim tersebut sudah mengikuti 5 kualifikasi tingkat major dan minor seperti ESL One Birmingham, China Dota2 Supermajor, MDL Changsa Major dan lainnya. Tim tersebut bahkan belum mampu bertahan di klasemen atas gelaran Dota Pro Circuit.

EPICENTER XL menjadi satu-satunya laga Dota Pro Circuit yang diikuti oleh Winstrike. Dengan prestasinya hingga saat ini, Winstrike juga belum menunjukan strategi mereka karena terakhir kali berpartisipasi di babak kualifikasi The International 8 regional CIS. Mungkin Winstreak akan menjadi tim yang paling susah ditebak.


Komposisi Hero Winstrike

FlyToMoon (sekarang Winstrike) di ajang EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Strategi tentu dapat dilihat oleh para kompetitor lainnya lewat faktor statistik. Winstrike juga tidak luput dari perhatian para partisipan The International 8 lainnya. Sejauh mana tim tersebut memiliki kekuatan di komposisi hero?

BACA JUGA: 11 Pemain yang Berpeluang Meraih Trofi Aegis Kedua di The International 8

Secara garis besar semua tim yang beraksi di The International 8 merupakan tim-tim yang tentu tidak dapat dianggap remeh. Sejauh Winstrike bertanding Gyrocopter menjadi satu-satunya hero yang paling sering digunakan dengan total 23 pertandingan.

Winstrike Ti8
Winstrike di TI8. Sumber: Wykrhm

Penggunaan Gyrocopter pun terbilang efektif dengan winrate sebesar 78,26% dan memang hero ini menjadi salah satu hero kunci yang membawa Winstrike menang dari Virtus.pro dan mengamankan posisi ketiga di ajang EPICENTER XL.

Statistik Hero Winstrike. Sumber: dotabuff

Bagaimana posisi hero ban? Omniknight menjadi hero yang paling sering di-banned oleh tim Winstrike. Dengan total 39 ban, Winstrike juga cukup sering melakukan ban terhadap Tiny.

Berbeda dengan Winstrike, para lawan dari tim tersebut cukup sering melakukan ban terhadap Chen sebanyak 65 kali. Melihat statistik yang ada cukup wajar bila Winstrike cukup ditakuti dalam penggunaan hero Chen.

Tercatat bahwa Winstrike memiliki winrate tertinggi dengan hero Chen sebanyak 90,91%. Yup, hampir sempurna dan hal ini disusul ban terhadap Gyrocopter yang juga cukup menakutkan dengan ban 23 kali.

FlyToMoon (sekarang Winstrike) di ajang EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Namun perlu digarisbawahi bahwa hero-hero ini merupakan hero yang digunakan oleh Winstrike di patch 7.17. Di mana patch tersebut masih membawa Gyrocopter dalam performa terbaiknya, di sisi lain Winstrike belum membocorkan komposisi hero yang akan digunakan di patch 7.18.


Winstrike pun menjadi salah satu tim yang belum mampu berbuat banyak. Nyatanya tim tersebut bisa dibilang sedang di masa emasnya pada saat yang tepat. Buruknya performa tim-tim CIS seperti Team Empire, Vega Squadron dan Natus Vincere menjadi titik bangkitnya kekuatan Iceberg dan kawan-kawan.

Jadwal The International 8. Source: Valve

Iceberg juga menjadi pemain yang cukup mencolok di Winstrike. Namun bukan tidak mungkin tim CIS yang masih merahasiakan strategi mereka ini menjadi tim penantang serius di ajang The International 8 pada 15-25 Agustus 2018 di Rogers Arena, Vancouver, Kanada.

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…