in , ,

[TI8 Team Profile] Era Emas Roster Dota 2 dan Kado Ulang Tahun Virtus Pro di TI8

Virtus.pro di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Menuju gelaran akbar Dota 2, The International 8 rasanya semua akan setuju bila Virtus.pro menjadi tim yang difavoritkan. Bukan tanpa alasan, armada beruang kutub tampil dominan di musim Dota Pro Circuit musim 2017/18 ini.

Fans Virtus.pro terlihat membawa scarf untuk mendukung tim favoritnya. Sumber: Virtus.pro fanpage

Lantas, dengan banyaknya prestasi mampukah tim tersebut menghadirkan sesuatu yang baru, yaitu trofi aegis di TI8. Perlu digarisbawahi bahwa Virtus.pro menjadi tim yang sukses meraih trofi ESL secara terus menerus.

No[o]ne di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL
Dari kesuksesannya di Hamburg 2017, lanjut ke Katowice 2018 hingga akhirnya di Birmingham 2018. Setidaknya 3 pemain berhasil meraih doorprize mobil Mercedes-Benz, yaitu Solo, RodjER dan No[o]ne.

Virtus.pro menjuarai ESL One Hamburg 2017. Sumber: ESL

Enak juga ya main Dota 2 dapat mobil, belum lagi dari hadiahnya, wkwk. Eitss, jangan dilihat bagian enaknya saja, karena tim Virtus.pro memang menunjukan permainan yang apik dan tentu dengan porsi latihan yang ekstra.

Memang Virtus.pro menjadi tim yang paling sering menghadiri ajang main event selama gelaran Dota Pro Circuit 2017/18. Bahkan sampai semakin seringnya, Virtus.pro sempat menolak beberapa tawaran tanding di beberapa gelaran.

Virtus.pro di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Dengan mengemban tim top, tak perlu sibuk mencari jalur kualifikasi. Virtus.pro memang mengikuti beberapa gelaran dengan predikat direct invite paska sukses memenangkan ESL One Hamburg 2017.

Virtus.pro foto sponsor dengan Pari Match. Sumber: Vritus.pro fanpage

Menuju gelaran-gelaran berikutnya Virtus.pro seperti mulai kehabisan tenaga, bahkan mereka kalah dari Natus Vincere di turnamen internal regional CIS, Adrenaline Cyber League. Lantas, Virtus.pro belum menunjukan permainan yang konsisten terkait stamina para pemainnya.

Virtus.pro di EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Berbicara soal Natus Vincere, tim asal Ukraina tersebut bisa dibilang mengambil andil di balik kesuksesan Virtus.pro di musim ini. Bukan karena kalah terus ya, wkwk, melainkan karena andil seorang RodjER.

Virtus.pro di DOTA Summit 8. Sumber: BeyondTheSummit

Pemain asal Rusia, RodjER memang menjadi pemain terbaru di tubuh tim Virtus.pro. Menggantikan sosok Lil yang sudah memperkuat armada beruang kutub sejak tahun 2016. Semuanya resmi berubah setelah gelaran ESL One Genting 2018.

RAMZES666 di ESL One Genting 2018. Sumber: ESL

Sosok Lil memang merupakan pemain yang bertalenta, namun siapa sangka Virtus.pro akan menumbalkan dalam negosiasi swap pemain tersebut.

Natus Vincere pun belum bisa menunjukan permainan terbaiknya meskipun kedatangan seorang Lil. Berbeda 180 derajat, Virtus.pro justru bisa dibilang memasuki era emas roster Dota 2 mereka dengan kedatangan RodjER.

Virtus.pro foto sponsor dengan Pari Match. Sumber: Vritus.pro fanpage

Mengantongi gelar major yang sangat banyak, seperti ESL One Hamburg, Katowice, Birmingham dan PGL Bucharest. 4 trofi pun sukses membuat armada beruang kutub menempati puncak klasemen Dota Pro Circuit dengan torehan 12,372 poin.

Virtus.pro Roster Dota 2:

  • Roman “RAMZES666” Kushnarev
  • Vladmir “No[o]ne” Minenko
  • Pavel “9pasha” Khvastunov
  • Vladmiri “RodjER” Nikogosyan
  • Alexei “Solo” Berezin

Dominasi Beruang Kutub di Tengah Tren Buruk Tim CIS

Virtus.pro menjuarai ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Virtus.pro Statistik:

  • Total Pertandingan: 175 (Radiant 122, Dire 53)
  • Winrate: 69,14%
  • Total Hero Dimainkan: 102 (Unpicked Heroes: Arc Warden, Bristleback, Drow Ranger, Ember Spirit, Enigma, Huskar, Keeper of the Light, Lone Druid, Phoenix, Riki, Techies, Visage, Zeus)
  • Hasil Turnamen: 1st. ESL One Hamburg 2017, 1st DOTA Summit 8, 1st The Bucharest Major 2018, 1st ESL One Katowice 2018, 1st ESL One Birmingham 2018, 2nd China Dota2 Supermajor

Virtus.pro memang tampil sebagai bintang di musim ini, apalagi melihat jajaran trofi yang mereka raih. Bukan main-main, VP meraih 4 trofi level major selama menggeluti Dota 2 paska hasil kurang memuaskan di TI7.

Roster Virtus.pro di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Sosok perubahan roster lagi-lagi menjadi kunci sukses tim ini, namun hanya ada satu nama yang cukup asing di VP. Yup, RodjER yang merupakan mantan pemain Team Empire di TI7 ini bergabung dengan armada beruang kutub.

Virtus.pro di Dota 2 Asia Championships 2018. Sumber: DAC

Spesialnya pemain ini dapat menambahkan kekuatan Virtus.pro secara signifikan di dalam waktu yang sangat singkat. Dengan datang pada 1 Februari 2018, tidak butuh waktu lama untuk RodjER meraih trofi pertamanya dengan Virtus.pro.

Virtus.pro di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Di laga final mereka melawan Vici Gaming, di mana RodjER mengeluarkan permainan indahnya dengan Chen. Elder Dragon 3 ekor mampu memorak-porandakan tower high ground dari tim Paparazzi dan kawan-kawan.

Hasilnya RodjER sukses meraih title MVP dan berhak membawa mobil Mercedes-Benz ke rumah. Namun tidak hanya sampai situ, Virtus.pro kembali memenangkan major bersama RodjER di PGL Bucharest Major 2018.

Virtus.pro menjuarai PGL Bucharest 2018. Sumber: PGL

Tetapi kehadiran lawan-lawan yang baru ‘panas’ pun menutup dominasi dari tim Virtus.pro. Seperti yang telah disebutkan, para pemain VP sempat mengalami masalah stamina, layaknya Solo yang sempat digantikan oleh ArtStyle.

[TI8 Team Profile] Tekanan Besar di Pundak Sang Tim Favorit Juara TI8, PSG.LGD

Pasalnya, 3 bulan terakhir merupakan masa-masa di mana VP menurun dari segi kemenangan. Bahkan mereka dikalahkan oleh tim FlyToMoon (sekarang Winstrike) dengan skor 2-0 tanpa balas di EPICENTER XL.

Virtus.pro di EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Menyadari hal tersebut, Virtus.pro mengambil cuti atau rehat setelah gelaran yang menguras stamina. MDL Changsha Major 2018 menjadi gelaran yang dilewatkan oleh VP meskipun meraih slot direct invite.

BACA JUGA: [TI8 Team Profile] Newbee di TI8: Pertaruhan untuk Mengembalikan Harapan

Namun di atas kertas, Virtus.pro menjadi tim terkuat lewat kesuksesan mereka di setiap gelaran major. Jangan sibuk-sibuk membandingkan dengan tim regional CIS, bahkan VP dapat mengalahkan segelintir tim top China.

Virtus.pro di ESL One Birmingham 2018. Sumber: ESL

Memang CIS sedang memasuki masa terburuknya, korbannya pun tidak sedikit antara lain, Team Effect, Team Empire, Vega Squadron, Team Spirit, Natus Vincere, Team Kinguin dan Gambit Esports.

Kehadiran Virtus.pro pun sangat mencolok dibandingkan rekan sejawat mereka di regional CIS. Bahkan mungkin kalian lupa bahwa VP merupakan tim CIS melihat banyak nya tim di regional tersebut yang mengalami kegagalan.

Virtus.pro di Dota 2 Asia Championships 2018. Sumber: DAC

Satu-satunya wakil dari CIS selain Virtus.pro adalah Winstrike yang tampil memukai di babak kualifikasi TI8. Mampukah tim-tim regional CIS lainnya bangkit paska The International 8?


Penggunaan Hero Signature dengan Segudang Strategi

Solo di EPICENTER XL. Sumber: EPICENTER

Mungkin kalian dapat melihat bahwa Virtus.pro hanya menggunakan 106 hero sejak selesainya gelaran The International 7. Tidak usah heran, karena memang Virtus.pro memiliki strategi sendiri dalam bermain Dota 2.

Virtus.pro di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Bahkan tim Virtus.pro mempunyai segudang ide dan strategi menggunakan hero signature-nya masing-masing. Meskipun mengalami nerf di beberapa aspek, Virtus.pro berhasil menemukan cara untuk menggunakannya di luar META yang seharusnya.

Virtus.pro di ESL One Birmingham 2018. Sumber: ESL

Ajaib sekali ya, namun begitulah seharusnya sebuah tim level juara. Jadi teringat bagaimana Wings Gaming menggunakan hero yang di luar META, kalau kalian ingat penggunaan Alchemist di posisi 4 pada ajang TI6 tahun 2016 lalu.

Ban and pick di Virtus.pro. Sumber: dotabuff

Untuk kombo sendiri Virtus.pro menyajikan permainan yang berbeda, seperti pengunaan Sand King. Hero yang biasanya digunakan oleh RodjER ini setidaknya memiliki 7 kombo dengan hero-hero lainnya.

RodjER di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Memang RodjER menjadi pemain yang perlu diwaspadai dengan posisinya yang luar biasa lihai memainkan perannya. Sejak kedatangannya, dari 10 hero yang sering dimainkan VP bahkan Beastmaster menempati posisi terakhir dengan winrate 60,87%

Top 10 pick Virtus.pro. Sumber: dotabuff

Belum lagi peran Solo dalam menggunakan hero-hero yang krusial. Penempatan ward dan rotasinya juga menjadi masalah untuk lawan Virtus.pro. Sangat unik bila Solo dan RodjER menjadi 2 pemain yang perlu diwaspadai, mungkin di pub match pemain Support cenderung diremahkan ya, wkwk.


Virtus.pro sendiri merupakan tim yang difavoritkan juara dari jajaran 5 tim yang ada. Mampukah VP mematahkan kutukan TI8? Apalagi dengan permainan yang luar biasa dari Solo dan RodjER di segi Support.

virtus pro dota 2 kontrak
Roster Dota 2 tim Virtus.pro memperpanjang kontrak. Sumber: Virtus.pro

Jangan lupa juga dengan para core hebat mereka, RAMZES666, 9pasha dan No[o]ne yang menunjukan permainan terbaik mereka.

Mampukah Virtus.pro membawa trof aegis sebagai kado ulang tahun ke-15 Virtus.pro di bulan November 2018 mendatang? Saksikan nanti malam laga perdana Virtus.pro melawan Team Serenity.

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…