in , ,

[TI8 Team Profile] Kutukan Runner-Up Vici Gaming, Bukan Tim China Favorit Juara?

Vici Gaming di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Berbeda dengan wakil-wakil China lainnya, Vici Gaming bisa dibilang menjadi sosok juru kunci di The International 8. Memang beberapa tim lebih difavoritkan dari regional China seperti Newbee dan PSG.LGD.

Vici Gaming Dota 2. Sumber: DeviantArt

Namun hal ini tidak bisa disalahkan, selain karena wakil dari China terbilang paling banyak di TI8, wakil-wakilnya juga memiliki peta kekuatan tersendiri. Mungkin bila diurutkan PSG.LGD dan Newbee menjadi 2 urutan pertama.

Vici Gaming? Mereka layak menjadi urutan ketiga bila diurutkan dari seluruh tim China lainnya di TI8. Alasannya? Mari simak di ulasan tim RevivalTV mengenai Vici Gaming di TI8. Tim yang menjadi raksasa esports asal China ini memang menjadi langganan partisipan The International.

Vici Gaming di MDL Changsha Major. Sumber: MDL

Beberapa roster senior seperti Fenrir juga masih memperkuat Vici Gaming. Ditambah Mikasa yang mengisi posisi bangku pelatih semakin memperketat persaingan di Ti8, terlebih lagi potensi Vici Gaming dengan 2 sosok pemain senior dengan LaNm.

Vici Gaming di China Dota2 Supermajor. Sumber: PGL

Meskipun demikian, Vici Gaming merupakan tim yang gagal lolos ke gelaran The International 7 tahun 2017 lalu. Beberapa pendapat mengenai tim ini menempatkan mereka di juru kunci tim China di TI8.

BACA JUGA: Paska Nonaktif, Begini Kabar Terakhir Para Roster Dota 2 Tim Natus Vincere

Dengan tim China yang di posisi ketiga yang difavoritkan uara, mereka dapat dengan mudah tersingkir atau bahkan melaju sampai ke 8 besar. Namun seberapa mampukah tim Vici Gaming melaju di ajang akbar Dota 2 tersebut?

Vici Gaming di MDL Changsha Major. Sumber: MDL

Kutukan runner-up Vici Gaming di musim 2017/18 pun makin terasa lewat torehan mereka di ajang Dota PIT League, Perfect World Masters, Captains Draft 4.0 hingga ESL One Katowice 2018. Akankah tahun China di TI 8 menjadi milik armada Paparazi dan kawan-kawan?

Vici Gaming Dota 2 Roster:

  • Zhang “Paparazi” Chengjun
  • Zeng “Ori” Jiaoyang
  • Ren “eLeVeN” Yangwei
  • Zhang “LaNm” Zhicheng
  • Lu “Fenrir” Chao

Inkonsistensi Vici Gaming di Dota Pro Circuit 2017-2018

Vici Gaming di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Vici Gaming Statistik:

  • Total Pertandingan: 285 (Dire 199, Radiant 86)
  • Winrate: 60,35%
  • Total Hero Dimainkan: 108 (Unplayable Heroes: Meepo, Pangolier, Silencer, Techies, Troll Warlordd, Ursa, Windranger)
  • Hasil Turnamen: 2nd AMD Sapphire Dota PIT League, 2nd Perfect World Masters, 2nd Captains Draft 4.0, 2nd ESL One Katowice 2018, 3rd MDL Changsha Major.

Era Vici Gaming di musim 2017/2018 memang cukup ikonik melihat susunan roster yang tidak biasa. Pasalnya, beberapa nama hadir untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh roster di tahun sebelumnya.

Vici Gaming di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Nama-nama pemain seperti Hao, Yang, ChuaN dan END meninggalkan Vici Gaming pada 6 September 2017 lalu. Namun di saat yang bersamaan Vici Gaming mendatangkan pemain-pemain pengganti.

Paparazzi, Ori dan Fenrir didatangkan oleh manajemen Vici Gaming dan membawa LaNm dari bangku pelatih ke pemain. Untuk satu pemain tersisa, EHOME meminjakan salah satu pemain veterannya, eLeVeN ke susunan roster Vici Gaming.

Fenrir di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Jangan heran bila ada opsi pemain peminjaman, karena esports sudah cukup berkembang layaknya olahraga konvensional lainnya. Contoh saja VGJ.Thunder juga melakukan peminjaman ke LFY untuk membawa sosok ddc ke timnya.

Lantas, seberapa jauh pencapaian Vici Gaming di musim DPC 2017/2018? Mungkin bila kalian melihat timnas sepak bola Belanda sekarang kurang lebih sama dengan status Vici Gaming, raja tanpa mahkota.

Vici Gaming di China Dota2 Supermajor. Sumber: PGL

Belanda sempat menjadi runner-up di beberapa ajang bergengsi antar negara, seperti FIFA World Cup dan gelaran Euro, namun tidak pernah merengkuh piala tersebut. Vici Gaming di tahun ini pun sesuai dengan pencapaian yang ditorehkan oleh timnas Belanda.

Tim yang berisikan pemain-pemain bertalenta ini tentu memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi juara. Vici Gaming memiliki sosok pemimpin dari LaNm dan pengalaman dari Fenrir pada sisi Support.

LaNm di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Namun ada sesuatu yang hilang dari komposisi dan strategi Vici Gaming ketika menghadapi laga final. Kegagalan mereka di babak final di beberapa pertandingan LAN sukses membuat tim Vici Gaming mengemban title spesialis runner-up.

Pada ajang LAN pertama, AMD Sapphire Dota PIT League sempat menjadi panggung bagi Paparazi dan kawan-kawan. Mengemban ambisi sukses dari nama organisasi esports tersebut, LaNm mampu membawa Vici Gaming ke babak final pertama mereka di musim 2017/18.

Vici Gaming di AMD Sapphire Dota PIT League. Sumber: dotapit

Sukses mengalahkan 3 tim raksasa Dota 2, seperti OG, Virtus.pro dan Newbee. Namun mereka kalah 3-2 di persaingan yang cukup ketat dengan skor 3-2 melawan Team Liquid. Susunan pemain yang berisikan generasi junior-senior ini rupanya masih belum cukup.

Jalan berliku pun kembali dialami oleh Vici Gaming setelah gagal untuk kedua kalinya di babak grand final. Ajang Perfect World Masters sempat menghadirkan kekuatan Vici Gaming dengan memuncaki klasemen grup A.

Vici Gaming di AMD Sapphire Dota PIT League. Sumber: dotapit

Di babak playoff pun Vici Gaming tampil tetap menawan dengan menumpaskan perlawanan Mineski dan Team Secret, namun kalah di upper bracket melawan Newbee.

Pada babak final Newbee kembali menjamu Vici Gaming, tetapi layaknya tanpa perubahan justru Vici Gaming kalah dengan skor 3-0 tanpa balas.

Hasil nihil ini terus berulang, bahkan hingga Vici Gaming dikalahkan oleh Virtus.pro di ajang major ESL One Katowice 2018 dengan skor 3-1. Posisi runner-up terakhir Vici Gaming pun terjadi di ajang tersebut yang berlangsung pada bulan Februari 2018.

Vici Gaming di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Pasalnya, Vici Gaming terpuruk di beberapa pertandingan LAN hingga belum mampu bangkit dan terpaksa menempati posisi yang kurang difavoritkan. Kekalahan di beberapa kualifikasi juga menghambat Vici Gaming dalam meraih poin DPC.

Torehan buruk pun terjadi di ajang Dota 2 Asia Championships 2018, ESL One Birmingham 2018, China Dota2 Supermajor. MDL Changsha Major pun menempatkan tim Vici Gaming di posisi ketiga ketika ditaklukan oleh PSG.LGD.

Vici Gaming di Dota 2 Asia Championships 2018. Sumber: DAC

Perubahan posisi ini tak ayal menjadi skala bahwa Vici Gaming mengalami penurunan di beberapa ajang terakhir. Bersemangat pada awal musim hingga belum mampu berbuat banyak di beberapa pertandingan terakhir.

Beruntung performa mereka mampu meraih beberapa poin DPC untuk menempatkan mereka di rentetan tim juara. Namun kehadiran mereka di TI 8 lewat jalur direct invite posisi ke-6 juga imbas dari hasil buruk tim-tim favorit Dota 2 di musim 2017/18 ini.

Vici Gaming di MDL Changsha Major. Sumber: MDL

Natus Vincere yang selalu berganti roster, OG yang tidak konsisten hingga keluarnya sang pilar utama dan kurangnya dominasi regional Amerika Utara. Vici Gaming tentu akan tampil maksimal melihat keselahan mereka sebelumnya, namun pertanyaanya adalah apakah itu cukup?


Andil LaNm Dalam Strategi di The International 8

Vici Gaming di China Dota2 Supermajor. Sumber: PGL

Sejauh mana kesiapan armada Vici Gaming menghadapi TI 8? Sulit mengira hal tersebut mengingat setiap tim merahasiakan strategi mereka menghadapi ajang akbar Dota 2 tersebut. Beberapa pilar penting mungkin menjadi satu-satunya cara membaca kemampuan beberapa tim di TI 8.

BACA JUGA: Resmi Teken Kontrak, Roster Dota 2 Virtus Pro Langgeng Hingga Akhir Tahun 2019

Bila Evil Geniuses dihadapkan oleh Fly, OpTic Gaming oleh ppd dan Virtus.pro oleh Solo, maka Vici Gaming akan sangat terpaku oleh sosok LaNm. Mengapa bukan Fenrir yang mengemban posisi kapten?

Vici Gaming di MDL Changsha Major. Sumber: VPEsports

Sebenarnya secara garis besar semua pemain bertanggung jawab atas kemenangan atau kekalahan sebuah tim. Tetapi tentu saja Vici Gaming sadar betul bahwa LaNm merupakan mantan pelatih yang diangkat menjadi pemain.

Kontribusi Fenrir dan LaNm akan membuat tim tersebut menjadi lebih menakutkan dengan komposisi support agresif. Bila disandingkan dengan para pemain core, Paparazi menjadi pemain yang sangat layak ditonjolkan oleh Vici Gaming.

Vici Gaming di China Dota2 Supermajor. Sumber: PGL

LaNm layaknya busur panah dan Paparazi sebagai anak panah untuk Vici Gaming. Sekuat apapun pemain bila tidak didasari dengan kepemimpinan dan strategi tentu akan tetap sulit. Layaknya busur panah yang kuat tanpa mengenai target sasaran.

[TI8 Team Profile] Invictus Gaming di TI8: Merajut Asa Juara di Tengah Minimnya Prestasi

Mengingat strategi yang diutamakan, LaNm dan Fenrir menjadi arsitek penyerangan dan bertahan oleh armada Vici Gaming. Hasilnya? Beberapa hero andalan kedua pemain ini menjadi langganan banned.

Sebut saja Bane yang terkena banned sebanyak 83 kali dan menghasilkan kemenangan 65% bagi tim lawan. Berbeda dengan Fenrir, LaNm sukses mengamankan Night Stalker sebanyak 92 kali banned dan membawa kemenangan 68%.

Pick and Ban Vici Gaming. Sumber: dotabuff

Vici Gaming juga mengandalkan permainan lihai dari Death Prophet milik Paparazi. Pasalnya, hero tersebut menjadi yang terbanyak kedua dari total 285 pertandingan Vici Gaming selama 12 bulan terakhir.

Semakin terlihat bahwa alasan Vici Gaming melakukan banned terhadap Night Stalker adalah untuk memberi ruang bagi Death Prophet. Lantas, apakah Vici Gaming akan tetap menggunakan kombo Death Prophet dan Bane?

Hero Winrate Vici Gaming. Sumber: dotabuff

Semua tergantung penyesuaian pemain, strategi Vici Gaming, META di TI 8 dan kombo khas dari LaNm dan kawan-kawan. Mungkin ini saat yang tepat untuk menunjukan bahwa Vici Gaming mampu lebih dari juara 2, terlebih ini merupakan tahunnya tim China.


Pada akhirnya Vici Gaming tetap menjadi tim yang difavoritkan juara, meskipun bisa dibilang jauh dari para tim satu rumpunnya, PSG.LGD dan Newbee. Namun tentu semua datang dari pertimbangan yang matang, apalagi Vici Gaming diisi oleh roster-roster berpengalaman.

vici gaming di ti8
Vici Gaming di ESL One Katowice 2018. Sumber: ESL

Bagaimana langkah Vici Gaming di TI 8 akan tergantung dari seberapa siap LaNm memimpin timnya bersama Fenrir. Mari melihat perkembangan tim tersebut di TI 8 pada 15 Agustus 2018 mendatang.

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…