in

Valve Angkat Suara, Stream Turnamen Sekarang Dibatasi

Setelah kemarin kita menerima kabar bahwa banyak sekali akun-akun Twitch yang terkena ban akibat menyiarkan Starladder i-League Invitational #3, hari ini kita menerima sedikit pencerahan. Langsung dari Valve sendiri, mereka membuat sebuah pengumuman di blog DOTA 2. Pengumuman yang berisikan tentang polemik yang terjadi masalah stream turnamen tersebut dan apa yang akan dilakukan Valve dan organizer turnamen-turnamen ke depannya.

Dalam pengumuman tersebut, Valve memang tidak secara gamblang meminta kepada streamer dalam hal ini baik perorangan maupun sebuah tim caster untuk membatasi apa saja yang bisa mereka siarkan. Namun secara tersirat, Valve menginginkan untuk mereka menggunakan template polos agar tidak ada tabrakan antara stream resmi dengan stream yang tidak resmi.

Tabrakan dalam hal apakah yang dimaksud oleh Valve? Tabrakan yang dimaskud adalah seperti dalam hal penggunaan komersial. Seperti yang kita ketahui, banyak turnamen-turnamen DOTA 2 saat ini mendapatkan sponsor dari banyak pihak. Mereka juga pastinya ingin para penonton menyaksikan stream mereka langsung dari stream resmi. Selain produksi mewah yang mereka jual, tentunya melihat wajah para pemain yang bertanding menjadi kelebihannya.

Sayangnya, banyak stream tidak resmi yang menayangkannya. Meskipun lewat DotaTV, namun beberapa streaming tersebut memberikan embel-embel sponsor milik mereka sendiri. Tentunya, hal ini yang ingin coba dibersihkan oleh Valve. Membiarkan para penyelenggara memaksimalkan potensi dan penggunaan komersial yang mereka miliki, di saat streaming dari DotaTV terpaksa harus benar-benar bersih.

Dalam artian, kalian yang masih ingin melakukan stream diwajibkan untuk tidak menggunakannya untuk kegiatan komersil. Hal ini tentunya menjadi keputusan terbaik. Menguntungkan kedua belah pihak, baik stream resmi maupun yang tidak resmi. Nantinya, stream resmi akan mendapatkan viewers yang memang ingin disuguhi dengan produksi terbaik. Di saat stream tidak resmi akan melakukan stream seadanya dengan viewers yang memang tidak terlalu menginginkan konten mewah selain personalitas si streamer saja.

Dan di bawah ini adalah video disaat Bulldog terkena peringatan dari Starladder. Ia diperingatkan untuk berhenti atau Twitch-nya akan terkena ban.

For your information, sejak awal Valve selalu mengijinkan streaming apapun lewat DotaTV. Salah satunya hal ini bertujuan agar coverage bisa lebih bervariasi. Namun dengan perkembangan esports yang besar dan dengan masuknya banyak sponsor dan produksi serta konten-konten ekslusif dari penyelenggara, maka Valve merasa harus mengambil langkah ini.

Menurut kalian, bagaimana?

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…