in , , ,

[Exclusive Interview] Buka-Bukaan Bareng Richard Permana, CEO TEAMnxl>

Dokumentasi: TEAMnxl>

Beberapa hari yang lalu, tim esports paling senior di Indonesia mengumumkan divisi barunya lagi, yaitu divisi TEAMnxl> Dota 2. Menariknya, tim ini kembali terdiri dari 3 orang pemain luar dan 2 orang pemain lokal.

Lima pemain dari divisi Dota 2 TEAMnxl> tersebut adalah:

  • Billy “Zeke” Jay Bucala
  • Kalebh “Kalebh” Leong Kah Lok
  • Tri “Water” Azri Fadilla
  • Hasyim “Reverend” Muhammad
  • Reza “Trikku” Jhay Lacanlale

Sebelumnya, TEAMnxl> juga mengambil crazyguy ke divisi CS:GO mereka, yang merupakan pemain dari Vietnam.

Hal ini menarik mengingat sebelumnya TEAMnxl> dikenal sebagai tim yang selalu menggunakan pemain dalam negeri.

Selain itu, dalam wawancara kami bersama salah satu shoutcaster Indonesia, Wooswaa, ia mengatakan bahwa crazyguy itu sudah out-of-date.

Plus, mengingat menurunnya prestasi TEAMnxl> selama belakangan tahun terakhir, tim yang dulu pernah merajai dunia persilatan CS:GO Asia Tenggara ini jadi menuai banyak haters baru (meski fans loyal mereka juga sebenarnya tak kalah banyak).

Richard Permana saat Grand Opening MSI Store. Dokumentasi: MSI Indonesia

Saya pun berbincang-bincang dengan Richard “frgd[ibtJ]” Permana, yang merupakan pendiri sekaligus CEO dari TEAMnxl> pada Grand Opening MSI Store di Mall Mangga Dua kemarin (8 Agustus 2018); tentang divisi baru mereka, crazyguy, dan soal haters.

Kenapa kok baru sekarang buat divisi Dota 2? Apakah gara-gara IESPL?

Dokumentasi: TEAMnxl>

“Iya gara-gara IESPL (Tokopedia Battle of Friday) kita juga buat divisi Dota 2. Mereka juga akan tanding perdana besok Jumat (10 Agustus 2018). Selain CS:GO, skarang kita juga punya berbagai divisi seperti FIFA, Hearthstone, Point Blank, League of Legends, dan Mobile Legends.” Jawab Richard.

IESPL Tokopedia Battle of Friday sendiri memang salah satu liga esports baru yang mengundang berbagai tim esports papan atas Indonesia untuk berbagai jenis game, seperti Dota 2, Point Blank, Mobile Legends dan lain-lainnya.

Kenapa akhirnya cari pemain luar negeri?

“Soalnya masih banyak pemain Indonesia yang mungkin punya potensi tapi belum siap atau berani go profesional. Ada juga yang awalnya packaging luarnya terlihat menarik tapi ternyata, pas kita tarik, kosong dalamnya.

Untuk divisi Dota 2 juga awalnya kita cari pemain Indonesia namun kesulitan. Sampai akhirnya ada manager Indonesia yang menyarankan tarik tim luar yang udah OK untuk digabung dengan 2 pemain lokal.”

crazyguy
crazyguy saat masih di Skyred. Image Courtesy: CSGO2ASIA

Gimana pendapatnya soal komentar dari Wooswaa yang bilang crazyguy itu out-of-date?

“Kalau waktu dulu masih di Recca, crazyguy cerita dia kesulitan komunikasi karena rekan-rekan satu timnya lebih sering berkomunikasi pakai bahasa Indonesia. Sedangkan setelah dia keluar dari Recca dan tidak terdengar lagi di SEA ya karena di Vietnam tidak ada tim-tim yang serius.

crazyguy cerita, player-player di sana kalau diajak latihan tidak mau. Jadi ya mungkin dia yang paling jago di Vietnam. Itu sih yang gua tahu soal crazyguy,” jelas Richard.

Bagaimana soal haters? Bagaimana sih Richard menyikapi para haters?

“Haters itu pasti ada. Bahkan Christiano Ronaldo pun juga punya haters; apalagi kita. Tapi, gw sih menganggap haters sebagai pembakar semangat. Yang penting kita berusaha sekuat tenaga aja. Kalau ada haters ya dinikmati dan disyukuri aja. Itu artinya mereka masih perhatian sama kita.

Haters juga sebenernya membuat kita lebih bersyukur sama temen-temen yang lain yang masih selalu support kita meski kita berada di bawah atau di atas.”


Akhirnya, saya pribadi selalu mengagumi kawan saya yang satu ini atas kegigihannya berjuang; apapun kata orang-orang apalagi kata netizen yang maha benar. Semoga saja, kita bisa melihat lagi TEAMnxl> kembali ke masa-masa kejayaannya ya!

Goodluck terus buat Richard dan TEAMnxl> ya!

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…