,


Siarkan Starladder i-League Invitational #3, Banyak Akun Twitch Terkena Ban

Apakah YouTube aman?

Kabar duka bagi dunia perdotaan hadir kemarin. Di awal musim DOTA 2, Starladder i-League Invitational #3 menjadi turnamen pertama yang mengawali musim ini. Berstatus sebagai salah stau turnamen berkelas minor, tentunya turnamen satu ini ditunggu banyak penikmat DOTA 2. Ditambah hadirnya tim-tim kelas dunia termasuk Team Liquid sang jawara The International 2017 kemarin pasti menambah semarak awal musim ini.

Sayangnya, hype ini sedikit ternoda dengan keputusan dari banyak akun-akun Twitch yang menayangkan streaming turnamen ini. Padahal, dahulu hal-hal seperti ini tidaklah menjadi soal.

Jika bicara tentang izin, memang tidak ada izin karena kebanyakan akun-akun yang melakukan stream ini juga mengandalkan DotaTV. Sebuah hal yang buruk tentunya saat sebuah tim caster atau streamer biasa mencoba untuk melakukan cast namun tanpa melakukan ijin.

Namun apakah menjadi sebuah keharusan untuk melakukan ban kepada banyak pelaku yang pada kenyataannya tidak diberi peringatan terlebih dahulu?

Selain itu, ban ini juga belum diketahui apakah akan permanen atau nantinya para pelaku bisa mengajukan banding untuk mengembalikan akun Twitch mereka atau tidak. Parahnya lagi, banyak akun-akun yang terkena ban adalah akun-akun besar dengan jumlah followers yang tidak main-main.

Salah satunya adalah BananaSlamJamma. Streamer yang cukup terkenal dengan aksi-aksi nyelenehnya dan fansnya yang cukup banyak, mencoba untuk melakukan cast ke salah satu game kemarin. Namun, tak lama, akunnya terkena ban.

Selain itu, tim caster yang memang tidak memiliki ijin resmi seperti ShapiraTV dari Jerman, FroggedTV milik Perancis, serta 23Creative asal Vietnam juga harus tumbang. Uniknya, ketiga nama ini merupakan tim-tim caster yang sempat menajadi official broadcaster untuk The International 2017 lalu.

Apa yang salah di sini? Apakah memang Valve melarang untuk melakukan cast dari DotaTV sekarang di musim yang baru ini atau murni ulah dari Twitch sendiri? Ditambah ban yang diberikan tidak pandang bulu, baik akun besar maupun kecil.

Untuk stream Indonesia sendiri, hak siar dipegang oleh MineskiTV Indonesia. Namun uniknya, Starladder malah memberikan sebuah channel tersendiri untuk MineskiTV Indonesia melakukan stream. So, mereka cast tidak menggunakan Twitch MineskiTV Indonesia. Kalian bisa klik link ini untuk menyaksikan stream mereka.

Bagaimana dengan YouTube? Ternyata sama saja. Dikabarkan Supreme League yang melakukan siaran di kanal YouTube-nya terkena ban dan belum diketahui apakah ban tersebut mengharuskan Supreme League melalui masa “hukuman” larangan untuk stream selama 3 bulan.

Bagaimana dengan RevivaLTV sendiri? Kami memang sempat ingin menayangkan turnamen satu ini dan membawa hype-nya ke para pemirsa setia RevivaLTV, namun beberapa pertimbangan seperti salah satunya adalah faktor copyright membuat RevivaLTV mengurungkan niat kemarin di hari pertama. Dan terbukti, copyright sepertinya menjadi momok untuk para streamer maupun caster DOTA 2 saat ini.

Akankah nantinya streaming dengan menggunakan DotaTV menjadi haram hukumnya setelah kasus ini? Di Reddit sendiri, banyak komplain mengarah ke kasus ini. Tidak diketahui siapa yang memiliki kuasa terbesar atas aksi ban ini. Baik Valve, Twitch maupun Starladder masih bungkam. Namun komunitas sepertinya menyalahkan Twitch atas aksi ini.

Jika Twitch dalang semuanya, lantas mengapa stream di YouTube juga memakan korban? For your information, Valve sebenarnya tidak akan melakukan ban karena streaming lewat DotaTV memang diijinkan. Kemungkinan, Starladder salah melakukan copyright claim. Memang Starladder memiliki copyright untuk observer, caster dan konten-konten lainnya namun untuk game-nya sendiri halal ditayangkan jika menggunakan DotaTV.

Untuk jadwal Starladder i-League Invitational #3 sendiri, kalian bisa melihatnya di sini.

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Comments

Loading…