in

EVOS Taklukan IYD dan jadi Juara di Prodota Cup Season 13!

Image Credit: EVOS Esports

Duel Indopride terjadi di Prodota Cup Season 13 antara EVOS Esports melawan TNC Tigers. Duel ini jadi yang pertama kalinya sepanjang sejarah Dota 2 profesional dengan dua tim yang sama-sama ada pemain Indonesianya, bertemu di grand final turnamen tingkat regional. Dan EVOS pun menjadi juaranya dengan skor telak 3-0!

Sebelumnya, EVOS memang pernah bertemu TNC Tigers saat Season 12 namun saat itu TNC Tigers yang menjadi pemenangnya. Kedua tim lagi-lagi bertemu saat group stage Season 13 dan EVOS mampu membalaskan dendamnya.

Sumber: MET Events

EVOS berhasil masuk ke babak playoff karena jadi peringkat pertama di babak grup, dengan satu kemenangan dan dua seri. Hasil tersebut membuat mereka berada di upper bracket. Perjalanan mereka terbilang mulus dengan kemenangan atas Sterling Global Dragons dan Execration, yang membuat mereka mendapat keunggulan satu poin di grand final.

rusman dota 2
Xepher – inYourdreaM di TNC Tiger

Sedangkan TNC Tigers justru memulai dari lower bracket karena berada di dua peringkat terbawah saat group stage dengan raihan dua seri dan sekali kalah.

Meski begitu Xepher dan kawan-kawan justru tampil sangat meyakinkan dengan mengalahkan Rampage Gaming, Sterling Global Dragons, Orange Gaming Team, dan Execration. Hebatnya lagi, mereka berhasil memenangkan semua pertandingan dengan tidak terkalahkan.

Namun saat pertandingan finalnya, justru EVOS yang mampu mengontrol permainan sejak awal. Di game pertama kehadiran Necrophos yang dimainkan Bruce “ilLogic” Ervandi benar-benar menyulitkan Anti Mage yang dimainkan Muhammad “inYourdreaM” Rizky untuk farming.

Ditambah lagi, kehadiran Nyx Assassin yang dimainkan Indra “Vlaicu” Utama mampu memberikan informasi vision yang semakin menyulitkan TNC Tigers. Meski beberapa kali penyelamatan dari Sycthe yang dilakukan oleh Shadow Demon (Xepher), hal itu tidak cukup untuk menahan gempuran EVOS yang akhirnya membuatnya mampu mengamankan game pertama.

BACA JUGA: Bot Pukul Telak Pemain Kawakan di Dota 2 OpenAI Exhibition

Permainan cepat lagi-lagi dilakukan oleh EVOS di game kedua. ilLogic dan Vlaicu menjadi kunci kemenangan. Keduanya memainkan Bloodseeker dan Bounty Hunter. Objektif demi objektif berhasil diambil EVOS yang membuat mereka mampu mengakhiri game di menit 23 sekaligus membuat mereka menjadi juara di Prodota Cup Season 13.

Lionheart (paling kiri) Sumber: EVOS Esports Fanpage

Kristiawan “Lionheart” Eko yang juga pelatih dari EVOS Esports mengatakan kunci kemenangan mereka adalah mengontrol tempo permainan dan tidak terpancing permainan TNC Tigers. “Sama persiapan matang aja sih dan siap sama segala situasi dari mereka” katanya.

Bagi yang belum tahu, sebelumnya Lionheart merupakan pelatih The Prime Esports. Jadi, ia pun paham betul dengan bekas anak asuhnya saat di The Prime Esports, Muhammad “inYourdreaM” Rizky. “Kurang lebih saya paham dengan cara mainnya (IYD) jadi bisa menjadi keunggulan bagi kami,” katanya.

Prodota Cup Season 13
Image credit: EVOS Esports

Bagaimana dari pandangan caster yang juga turut melihat langsung perjalanan EVOS maupun TNC Tigers? Anonim yang saat ini sedang populer di kalangan komunitas Dota 2 Indonesia mengakui permainan yang solid, ditambah eksekusi, dan draft yang bagus membuat Aville dan kawan-kawan bisa memenangkan pertandingan.

BACA JUGA: [TI8 Team Profile] Kembalinya Raksasa SEA, Mineski di TI8 Setelah Tujuh Tahun!

“Di dua game, TNC Tigers memakai carry yang farm dependant dan ga bisa fight sebelum dapetin farm yang cukup. Itu kenapa EVOS ambil Nyx Assassin (di game pertama) dan Bounty Hunter (di game kedua) yang emang bisa scout dan kill hero-hero farming kalau di-follow up” kata caster yang memilih merahasiakan namanya ini.

“Dan emang gak ada yang bisa imbangin kecepatan farm dari Anti Mage (di game pertama) dan Luna (di game kedua). Itu kenapa EVOS tidak mau adu farm” tambahnya.

Dengan hasil ini, EVOS mencatatkan sejarah sebagai tim Indonesia pertama yang menjadi juara di Prodota Cup. Sebelumnya Rex Regum Qeon, The Prime Esports, sampai EVOS harus puas berada di runner up di musim sebelumnya. TNC Tigers juga sebelumnya menjadi runner up di season 12 setelah dikalahkan oleh Clutch Gamers.

Diedit oleh Yabes Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…