in

Playoffs MDL Changsha Dimulai, Secret dan Vici Top Seed!

MDL Changsha merupakan ajang Major ketiga dari yang terakhir di Dota Pro Circuit dan babak Group Stage mereka baru saja usai. Setelah Grupnya yang dibagi oleh tim pesertanya sendiri, ajang tersebut-pun resmi dimulai.

Di hari pertama, beberapa tim dari Grup A terlihat sangat mendominasi. Pasalnya, ada 3 tim yang berhasil memenangkan match dengan skor akhir 2-0, yaitu Invictus GamingTeam Secret, dan Mineski. Mereka masing-masing telah mengalahkan OGInfamous, dan IG.V.

Tim-tim tersebut benar-benar mendominasi lawan mereka dan bahkan Team Secret berhasil mengalahkan Infamous dalam waktu 19 menit saja pada game kedua.

Team Secret yang terlihat tak terkalahkan ternyata dapat dihentikan oleh Mineski dengan skor 1-1. Yang unik dari seri tersebut adalah Mineski yang memutuskan untuk men-draft Meepo, hero yang sudah jarang sekali terlihat di ranah kompetitif.

Pada game ini juga, terlihat bahwa Mushi tiba-tiba menukar role dengan Jabz yang akhirnya bermain di Mid Lane menggunakan Meeponya tersebut. Meski demikian, Meepo yang digunakan oleh Jabz terbukti efektif untuk mengalahkan Team Secret pada game kedua.

secret mineski mdl
Image Courtesy: dotabuff.com

Di sisi lainnya, tim-tim asal China terlihat lebih menguasai Grup B. PSG.LGD, sang juara EPICENTER XL kemarin, dapat menang atas tim dari region CIS, Vega Squadron, dengan skor 2-0. Lalu hal yang sama terjadi saat mereka melawan Newbee, dengan skor akhir 2-0.

PSG.LGD Raih Major Pertama Mereka dari Gelaran Epicenter XL

Vici Gaming juga sempat memegang skor yang imbang dengan PSG.LGD setelah ia mengalahkan roster Amerika Utara dari organisasinya sendiri, VGJ.Storm 2-0. Namun mereka tidak dapat melakukan hal yang sama saat menghadapi TNC, karena mereka harus tumbang melawan TNC di game pertama.

Di akhir hari pertama, 3 tim yang memegang skor tertinggi di Grup A adalah Team Secret, Mineski, dan Invictus Gaming. Sedangkan di Grup B, PSG.LGD memegang skor tertinggi yakni 4 poin. Tim yang memegang poin terendah pada masing-masing grup adalah Infamous dan Vega Squadron. Mereka tidak mendapatkan satu poin-pun di hari pertama.

mdl changsha day 1
MDL Changsha Group Stage Day 1 – Image Courtesy: Mars Media

Di hari kedua, semua tim bekerja keras untuk mengamankan posisi mereka di babak Playoffs nanti. Seri pertama untuk hari kedua tersebut sudah sangat menarik karena akhirnya kita dapat melihat pertandingan di antara dua tim raksasa China, PSG.LGD melawan Vici Gaming.

Meski jarang terlihat di ranah kompetitif, Vici Gaming berhasil mengejutkan para penonton dengan menundukkan PSG.LGD di game pertama dalam jangka waktu 38 menit. Bahkan, mereka juga berhasil merebut posisi PSG.LGD dengan mengalahkan mereka di game kedua.

Vici Gaming tiba-tiba terlihat menjadi tim terkuat dari Grup B setelah mengalahkan PSG.LGD. Mereka juga mengalahkan Vega Squadron dengan skor 2-0. Namun sayangnya, kehebatan dari Newbee harus diakui oleh VG pada seri berikutnya di game kedua karena mereka harus puas dengan skor akhir 1-1.

Dengan itu, Vici Gaming memegang skor tertinggi di Grup B, yakni 8 poin, yang mengamankan mereka ronde kedua Upper Bracket. Sedangkan untuk pemegang poin kedua tertinggi, TNC dan VGJ.Storm, mereka tetap berada di Upper Bracket namun harus bermain di ronde pertama.

Lalu, tim PSG.LGD, tim yang terlihat sangat kuat di hari pertama harus berada di Lower Bracket karena memegang poin ketiga tertinggi bersama dengan Newbee.

mdl changsha group b
MDL Changsha Group Stage Group B – Image Courtesy: liquipedia.net

Untuk Grup A, OG yang terlihat tertinggal di hari pertama membuktikan bahwa mereka tetap salah satu tim terbaik saat ini. Pasalnya, mereka mengalahkan dua tim dengan skor 2-0, yakni Mineski dan Infamous.

Satu hal juga yang harus diingat juga adalah OG masih menggunakan 7ckingMad, pelatih mereka, untuk mengisi slot Mid Lane yang kosong, yang dulunya diisi oleh Resolut1on.

Meskipun performa OG sangat bagus di hari kedua, ketertinggalan mereka di hari pertama menyebabkan Secret untuk tetap memegang skor tertinggi di Grup A. Maka, tim yang berhasil lolos ke ronde kedua Upper Bracket bersama VG adalah Team Secret, sedangkan OG dan Mineski harus tetap bermain di ronde pertama Upper Bracket.

Dua tim yang harus bermain di Lower Bracket datang dari organisasi yang sama – IG dan IG.V. Masing-masing tim akan bertemu dengan Newbee dan PSG.LGD di Lower Bracket nantinya.

mdl changsha group a
MDL Changsha Group Stage Group A – Image Courtesy: liquipedia.net

Ada yang unik juga dari roster IG.V, Mid-Laner mereka, HAlf, ternyata masih berumur 17 tahun dan MDL Changsha merupakan ajang LAN besar pertamanya. Ia menggantikan posisi Sakata yang sedang beristirahat.

Berakhirnya babak Group Stage menandakan dimulainya babak Playoffs. Berikut adalah Bracket yang telah ditentukan:

mdl changsha playoffs
MDL Changsha Playoffs Bracket – Image Courtesy: liquipedia.net

Kira-kira siapakah yang akan keluar sebagai juara dari ajang Major ini?

Diedit oleh Yabes Elia

Written by w11wo

Esports & Computers. 24/7 high-school nerd who just loves to play games and write articles, occasionally does interviews too.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…