in , ,

[TI8 Team Profile] Debut PaiN Gaming dan Daya Magis w33, Tim Pelengkap atau Potensial?

PaiN Gaming di TI8. Sumber: VP Sports

Regional Amerika Selatan memang kurang mendapatkan perhatian di ranah kompetitif Dota 2-nya. Selain lebih didominasi oleh sang tetangga Amerika Utara, juga regional tersebut belum banyak mempromosikan pemain-pemain berbakat.

Namun semua berubah ketika w33 datang (kaya Avatar, wkwk). Pemain berkewarganegaraan Rumania tersebut memperkuat tim paiN Gaming setelah hengkang dari PENTA Sports yang tak kunjung menunjukan hasil positif.

w33 pain gaming
w33 saat dibandara menuju bootcamp paiN Gaming. Source: paiN Gaming Twitter

PaiN Gaming sendiri bisa dibilang salah satu tim veteran Dota 2 di Brasil, namun predikat jago kandang lebih layak disematkan karena tim tersebut hanya bermain di Brasil dalam kurun waktu 2014 hingga tahun 2016.

Ajang Brasil Game Cup 2014-2016 juga dapat dikantongi oleh paiN Gaming yang mengalahkan Isurus Gaming dan T Show. Baru pada awal tahun 2018 tim tersebut menunjukan minatnya terjun ke ranah kompetitif Dota 2 skala internasional.

PaiN Gaming menjuarai Brasil Game Cup. Sumber: paiN Gaming

Prestasi yang cukup membanggakan pertama kali hadir saat ajang Captains Draft 4.0 yang dimenangkan oleh Team Secret. paiN Gaming hanya mampu menempati posisi 5-8th setelah ditaklukan oleh Mineski dengan skor 2-0.

PaiN Gaming sendiri berhasil lolos setelah mengalahkan sang rival, SG e-Sports di babak kualifikasi The International 8 regional Amerika Selatan. Pertandingan yang sengit pun membutuhkan setidaknya 5 ronde untuk menentukan tim yang lolos.

PaiN Gaming Dota 2 Roster:

  • William “hFn” Medeiros
  • Aliwi “w33” Omar
  • Otavio “tavo” Gabriel
  • Danylo “Kingrd” Nascimento
  • Heitor “Duster” Pereira

Debut PaiN Gaming di The International 8, Akankah Berbuah Manis?

PaiN Gaming di TI8. Sumber: VP Sports

PaiN Gaming Statistik:

  • Total Pertandingan: 208 (Dire 95, Radiant 113)
  • Winrate: 60,58%
  • Total Hero Dimainkan: 109 (Unpicked Heroes: Techies, Necrophos, Centaur Warrunner, Huskar, Bristleback, Arc Warden, Meepo)
  • Hasil Turnamen: 5-6th DOTA Summit 9, 3rd ESL One Birmingham 2018, 7-8th EPICENTER XL, 2nd WESG 2017, 5-6th Galaxy Battles II: Emerging Worlds, 5-6th Captains Draft 4.0

PaiN Gaming menjadi satu-satunya perwakilan dari regional Amerika Selatan, paling sedikit dari regional lainnya. Lantas, banyak publik atau penggiat esports Dota 2 mengharapkan mereka tampil gemilang di panggung Vancouvers pada 15-25 Agustus 2018 mendatang.

Melihat hal tersebut seberapa hebatkah persiapan dari tim esports asal Brasil tersebut. Memang melihat dari susunan roster, Aliwi “w33” Omar atau yang kerap disapa weeha menjadi pemain yang paling mencolok pada masanya.

Namun sebelum dia datang, Danilo “Arms” Silva menjadi pemain yang mengisi bangku Midlane dari paiN Gaming.

w33 sendiri memperkuat paiN Gaming pada 14 April 2018 lalu. Hasil ini dapat menunjukan seberapa mencolokkah kekuatan dari mantan punggawa Team Secret tersebut.

PaiN Gaming juara 2 WESG 2017. Sumber: WESG

Pencapaian terbaik paiN Gaming sebelum diperkuat oleh w33 adalah pada ajang WESG 2017 di mana paiN Gaming masuk sebagai perwakilan negara Brasil. Sisanya? Seluruh pertandingan paiN Gaming menempatkan tim tersebut di posisi 5-6 bersama dengan Arms.

Kedatangan w33 dari PENTA Sports pun disambut baik oleh beberapa pihak, paiN Gaming sendiri menjadi tim yang mulai melepas title roster Brasil dengan kedatangan w33. Debut perdana bersama w33 pun dimulai pada ajang LAN EPICENTER XL.

PaiN Gaming tampil cukup cemerlang pada awal ajang tersebut, meskipun harus menempati posisi ke-4 di grup B. Posisi tersebut membantu armada paiN Gaming melaju ke babak playoff pada gelaran EPICENTER XL.

Seperti pemanis, paiN Gaming yang berada di lower bracket harus langsung tersingkir 1-0 setelah dikalahkan oleh wakil The International 8 lainnya, Winstrike (FlyToMoon). Namun terlalu naif rasanya bila mengharapkan perbaikan suatu tim hanya dalam waktu sebulan saja.

Menuju pertandingan berikutnya di mana w33 kembali diuji pada ajang ESL One Birmingham 2018. Kejutan yang dinanti-nantikan akhirnya tiba, paiN Gaming yang menempati grup B bersama OG, Team Liquid dan Vici Gaming rupanya berhasil lolos ke babak playoff.

Aliwi “w33” Omar. Sumber: Cybersport

Kejutan ini semakin diperparah dengan andil paiN Gaming yang menumpaskan perjalanan Team Liquid di ajang besutan ESL tersebut. Pasalnya, w33 dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Team Liquid 2 kali, yaitu dengan skor 1-0 dan tie-breaker dengan skor 2-1.

PaiN Gaming di ESL Birmingham 2018. Sumber: ESL

Belum sampai situ saja, paiN Gaming kembali mengejutkan publik Birmingham setelah mengalahkan juara Dota 2 Asia Championship, Mineski dengan skor 2-0 tanpa balas. Meskipun demikian, mereka tetap tunduk pada kekuatan Virtus.pro dengan kekalahan 2-0.

Senasib dengan paiN Gaming, Fnatic juga dikalahkan oleh armada The Green Wall dengan skor 2-1. Alhasil, paiN Gaming menyambut Fnatic di pertandingan bronze match atau perebutan juara ketiga.

Kembali bersinar, paiN Gaming setidaknya berhasil menorehkan tren positifnya dengan menyudahi gelaran itu sebagai juara ketiga. Menumpaskan raksasa Asia Tenggara, Fnatic dengan skor 2-1 lewat pertarungan ketiga yang sengit.

Menghadapi TI8 yang semakin dekat, DOTA Summit 9 turut mengundang paiN Gaming sebagai salah satu partisipan di ajang besutan BeyondTheSummit tersebut. Tapi justru tim-tim yang gagal bersinar di ESL One Birmingham 2018 menunjukan permainan yang kuat.

pain gaming ti8
PaiN Gaming lolos ke TI8. Sumber: Wykrhm

Sebut saja Fnatic dan Evil Geniuses yang menjuarai ajang tersebut, di mana sebaliknya dengan paiN Gaming dan OpTic Gaming yang menempati posisi bontot. Penurunan performa atau nasib buruk? Melihat babak grup, PaiN Gaming tampil cukup meyakinkan dengan menempati posisi ke-3.

Hasil ini membawa tim tersebut ke babak playoff di lower bracket, namun mantan roster Team Kinguin mampu menumpaskan perlawanan paiN Gaming. Nampaknya Phantom Lancer dan Ember Spirit cukup menjadi momok bagi para pemain paiN Gaming.

Pain Gaming divisi Dota 2. Sumber: ESL

Mau tidak mau tim esports asal Brasil tersebut harus berbenah diri dengan cepat mengingat performa mereka yang menurun. Sejauh mana paiN Gaming akan melaju? Tergantung sejauh mana latihan dan draft yang mampu dikuasai paiN Gaming.


Meracik Strategi dan Potensi dari PaiN Gaming

PaiN Gaming di ESL Birmingham 2018. Sumber: ESL

Mungkin banyak yang bingung sejauh mana ciri khas strategi yang ditunjukkan oleh armada paiN Gaming. Jawabnnya mungkin tidak ada, kenapa demikian? Karena paiN Gaming menjadi salah satu tim yang sangat kompleks dari segi permainan.

Kompleks? Yup, menjadi tim yang menggunakan seluruh hero dalam selang 12 bulan ke belakang sebanyak 109 hero. Sangat luas yah, namun beberapa hero seperti Pudge, Monkey King, Underlord, Chaos Knight, Pugna dan Lich sepert menjadi pelengkap strategi semata.

Permainan draft? Bisa iya bisa tidak, jadi hero pool yang luas pun belum tentu menampilkan permainan yang baik bila tidak mampu bersaing. Mari kita ambil contoh bagaimana Winstrike yang hanya memiliki hero pool 81 dapat mengalahkan paiN Gaming di EPICENTER XL.

Pain Gaming divisi Dota 2. Sumber: paiN Gaming

Kunci di sini adalah bagaimana paiN Gaming memiliki hero-hero yang sangat dipelajari hingga sulit dapat melawannya. Semua akan setuju bila w33 terkenal dengan permainan Meepo-nya, namun ada salah satu fakta menarik selama dia bermain di paiN Gaming.

[TI8 Team Profile] Mengintip Peluang Winstrike di TI8, Tim Dota 2 Regional CIS Terbaik?

Apa fakta menarik itu? Aliwi “w33” Omar yang terkenal dengan sosok Meepo belum sekalipun menunjukan permainannya di bawah bendera paiN Gaming. Akankah Meepo menjadi kunci sukses? Apakah Meepo menjadi senjata rahasia paiN Gaming di TI8?

Pain Gaming divisi Dota 2. Sumber: paiN Gaming

Well, who knows, Namun sejauh patch yang ada Meepo masih dalam lingkup META, setidaknya di patch 7.18. Dengan kabar yang mengatakan bahwa 7.18 akan menjadi patch di The International 8, mungkin saja permainan indah Meepo akan tersaji di ajang tersebut.

Update Dota 2 Patch 7.18, Mimpi Buruk Night Stalker dan Opini Acil di META Support

PaiN Gaming sendiri paling banyak menggunakan Gyrocopter dengan total 83 pertandingan lewat 55,42% winrate. Hero yang biasa digunakan oleh hFn ini memang menjadi andalan tim tersebut, bahkan saat kualifikasi TI8 melawan SG e-Sports.

Namun menurut statistik, paiN Gaming paling sering melakukan banned kepada Night Stalker. Dengan total 89 ban, paiN Gaming berhasil mengantongi 64% kemenangna bila hero tersebut di-ban.

Statistik pick and ban paiN Gaming. Sumber: dotabuff

Para lawan paiN Gaming juga sangat sering melakukan banned kepada Death Prophet juga Gyrocopter.

Hasilnya pun hanya 50:50 terkait hasil kalah atau menang, namun hFn dengan Gyrocopter juga w33 dengan Death Prophet bukan alasan untuk meremehkan kekuatan asal Amerika Selatan tersebut.

BACA JUGA: [TI8 Team Profile] Melirik Kekuatan Team Serenity di TI8, The Next Wings Gaming?

The International 8 memang menunjukan permainan kelas internasional, namun ada lagi fakta yang menarik. Aliwi “w33” Omar melakukan spam Invoker di pertandingan pub terakhirnya, dan lagi-lagi tidak ada Meepo di beberapa pertandingan terakhir.

Daftar pub terakhir w33 (8 Agustus 2018). Sumber: dotabuff

Sepertinya Meepo tetap akan dibangkucadangkan melihat terakhir kali w33 memainkannya sekitar 6 bulan yang lalu. Invoker dari w33 mungkin menjadi obat atau strategi dari paiN Gaming, patut dinanti bagaimana Ka’El mengguncang map Dota 2 di TI8.


Bila melihat analisa dan track record yang ada, mungkin paiN Gaming belum menjadi tim yang difavoritkan di ajang The International 8. Melihat permainan yang tidak konsisten dan hero pool luas yang berakibat kurang matangnya strategi yang ada.

Pain Gaming divisi Dota 2. Sumber: paiN Gaming

Favorit juara pun masih dipegang oleh Virtus.pro, Team Liquid dan PSG.LGD. Namun melihat prediksi Oddie dan DZ, mungkin saja nama-nama Newbee, Mineski dan Team Secret membuat kejutan.

Akankah debut paiN Gaming berbuah manis? Sepertinya mereka harus menunggu beberapa bulan lagi untuk mematangkan strategi tim yang belu memiliki ciri khas.

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…