in

MMR Stuck? Ini Loh Tips Menaikkan MMR yang Wajib Dilakukan!

Tidak bisa dipungkiri, bermain DOTA 2 adalah salah satu kebahagiaan. Bermain game yang mana saat ini sudah bukan menjadi game saja namun juga menjadi gaya hidup. Banyak dari kalian yang mungkin bermain demi kesenangan, namun banyak diantaranya yang bermain dengan serius. Saat sebagian kecil, bermain untuk hidupnya (baca: menjadi pro player).

Namun, apapun motifnya, MMR atau Match Making Ranking adalah salah satu elemen penting di DOTA 2. Siapapun akan memiliki kebanggaan saat memiliki MMR yang tinggi. Tapi, tidak semudah itu untuk memiliki MMR tinggi, apalagi saat kalian mendapatkan MMR yang kesil saat calibrating.

Lantas, apa saja tips-tips untuk menaikkan MMR? Sebelum bicara tentang hal advice, tentunya kita perlu untuk melihat dari sisi paling dasarnya terlebih dulu. Dan inilah tipsnya!

  1. Berdoa
    Berdoalah kalian mendapatkan tim yang sehat, Tim yang mengerti role, tim yang mengerti apa yang dibutuhkan tim. Terkadang kita lupa untuk berdoa sebelum finding match. Padahal, inilah elemen terpenting yang harus dipraktekkan kalian.
  2. Mengerti kebutuhan
    Yes, kalian harus mengerti kebutuhan tim. Mulai dari fase pick hero sampai saat berjuang di dalam game. Pemilihan item adalah salah satu yang paling berpengaruh. Saat bertemu hero-hero nuker, tentunya akan lebih bijaksana jika kita membeli Black King Bar di awal. Atau saat bertemu hero-hero licin, akan sangat baik membeli Ochid Malovelence. Membeli deteksi saat bertemu hero-hero invis, akan begitu berpengaruh dalam tim.
  3. Komunikasikan dengan baik
    Apa fungsi voice chat di DOTA 2? Untuk berkomunikasi. Jelas itu tujuan awalnya. Namun, jika digunakan untuk flamming/blamming tentunya akan berakhibat buruk dalam permainan. So, gunakan sebaik mungkin. Kecuali teman satu tim kalian tidak menggunakannya dengan benar, kalian dapat mute pemain tersebut. Hal ini berlaku juga untuk text chat ya! Jangan lupa juga ada chat wheel yang bisa kalian gunakan jika kalian terlalu malas.
  4. Berpikiran positif
    Jika sejak awal saja kalian sudah berpikiran negatif atas apa yang terjadi nantinya, tentunya misi menaikkan MMR kalian akan penuh dengan hawa kekecewaan di ujung. Jauhkan hal tersebut, dan mulailah untuk terus berpikiran positif. Bahkan saat teman kalian feed, positiflah siapa tahu itulah sat kalian mendapatakan space untuk push. 50:50 bukan? Saat kalian kehilangan sesuatu, kalian tetap mendapatkan sesuatu.
  5. Tetap bersyukur
    Kalah-menang, biasa dalam sebuah permainan. Namun bagaimana caranya kalian untuk tetap bersyukur. Mengapa demikian? Karena dari kekalahan, kalian akan belajar untuk memperbaiki diri. Kalian akan terus menggali potensi kalian saat kalian kalah. Mempelajari suatu hal yang baru agar menjadi lebih baik dan secara perlahan menaikkan MMR kalian. Namun jangan lupa juga saat kalian menang, itulah saat mempersiapkan diri untuk menerima tantangan baru.
  6. Tonton replay
    Cara yang ini terbilang cukup ampuh. Dengan melihat replay, kalian akan mengerti di mana kesalahan yang kalian lakukan. Atau kalian akan mengerti apa yang dilakukan musuh sesaat sebelum kalian terkena gank. Hal ini juga harus diimbangi dengan melihat replay dari para pro player.
  7. Berdiskusi
    Yes, kalian harus belajar berdiskusi. Dengan cara ini, kalian akan memperoleh banyak teman, dan tentunya saran-saran dari banyak orang. Kalian akan melihat banyak sudut pandang dari yang awalnya hanya sudut pandang kalian saja. Jika kalian bisa berdikusi dengan yang lebih “jago” tentunya hal ini akan berakibat pada lebih baiknya permainan kalian dan semoga berefek juga pada MMR kalian nantinya.

Bagaimana? 7 tips di atas apakah siap untuk kalian praktekkan? Tentunya kalian harus mempraktekkannya secara rutin dan berkesinambungan. Niscaya, MMR kalian akan bertambah. Sedikit saja melenceng dari tips, bukan tidak mungkin misi menaikkan MMR kalian akan sulit atau mungkin malah gagal.

Tetap berusaha ya, Sobat RevivaL TV!

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…