in

Akhirnya MMR Dota 2 Dihilangkan, Diganti Sistem Medal alias Seasonal Rank

Valve memang sudah berencana mengganti sistem MMR sejak beberapa waktu yang lalu. Namun baru hari ini, sistem MMR dihilangkan dan diganti dengan sistem ranking yang berbasis tiap season.

Buat kawan-kawan yang sudah biasa bermain MOBA di mobile, seperti Mobile Legends ataupun Arena of Valor mungkin lebih familiar dengan sistem ranking ini. Overwatch dan League of Legends juga sebenarnya sudah menggunakan sistem penamaan ranking ini lebih dulu.

Sebelumnya, memang Dota 2 yang lebih unik dibanding game-game lainnya dengan tidak memberikan nama untuk sistem pembagian kasta rankingnya. Namun ternyata mereka memutuskan untuk mengganti sistem yang hanya berbasis angka tadi.

Berikut ini adalah urutan medal ranking yang akan digunakan:

  1. Unranked
  2. Herald
  3. Guardian
  4. Crusader
  5. Archon
  6. Legend
  7. Ancient
  8. Divine

Setiap ranking juga akan dibagi menjadi 5 bintang sebagai sistem progresinya. Performa kita, baik untuk Party dan Solo, akan diperhitungkan dalam sistem ranking ini. Namun, permainan Solo akan memiliki signifikansi yang lebih besar. Plus, bagi para pemain yang ingin mencapai ranking Ancient atau Divine, hanya performa Solo game yang dipertimbangkan.

Semua pemain yang mendapatkan 5 bintang di ranking Divine juga akan secara otomatis ditampilkan di Leaderboards. Medal setiap pemain juga akan ditampilkan di masing-masing Profile. Sistem ranking baru ini juga akan dikalibrasi setiap musim atau setiap 6 bulan.

Memang, sistem ini akan jadi lebih mirip dengan game-game kompetitif lainnya seperti Overwatch, CS:GO, LoL, atau bahkan Mobile Legends dan AoV. Namun apakah kawan-kawan di sini setuju dengan perubahan ini?

Saya pribadi sebenarnya melihat perubahan ini mungkin tidak akan cukup signifikan karena sebenarnya masalah utama di game-game MOBA adalah sistem Matchmaking buat Solo player yang tak jarang disandingkan dengan pemain-pemain yang bisa dibilang tidak satu tingkat kemampuan bermainnya atawa noobz.

Sistem ranking berbasis musim yang sudah diterapkan di LoL, Mobile Legends, ataupun AoV juga sepertinya tidak efektif dalam menyaring pemain-pemain rusuh. Namun demikian, mari kita lihat saja bagaimana sistem ini bekerja di Dota 2.

Bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian lebih suka dengan sistem MMR atau sistem baru ini sekarang? Kenapa?

Sumber: Blog Resmi Dota 2

Written by Yabes Elia

Memulai petualangannya di industri media sejak Desember 2008 saat bergabung dengan majalah T3 Indonesia. Pernah juga bermain dan belajar sebagai Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia selama 5 tahun.

Follow me: twitter.com/Yabes_Elia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…