in

Make DOTA 2 Great Again: Harapan Untuk DOTA 2

Melihat peminat game DOTA 2 yang semakin menurun setiap harinya, sepetinya slogan Make DOTA 2 Great Again harus mulai dicanangkan. Namun, sepertinya Valve sebagai pemilik game masih terlihat biasa saja di saat banyak pemain yang peduli dan mulai memikirkan apa yang patut dilakukan Valve untuk membawa DOTA 2 kembali ke masa jayanya.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu user di Reddit bernama kingofthegorgonitesG yang membeberkan banyak harapan untuk DOTA 2 lewat thread-nya. Bisa dibilang begitu banyak yang harus di-improve oleh Valve untuk DOTA 2. Apa saja ya harapan darinya?

Mengerti komunitas:

  • Berfokus pada game. Game ini sedang kekurangan pemain apalagi sejak dihapuskannya guild.
  • Seminggu atau dua minggu sekali Battlecup, turnamen auto online mirip War3/SC2. Yang idealnya babak kalifikasi turnamen ini dapat dilakukan di dalam client Dota tersebut sendiri.
  • Adanya guild/clan
  • Kompetisi antar guild (skor poin guild untuk battlecup/ranked)
  • Ubah lagi region chat
  • Tampilan turnamen rumahan dengan kemampuan untuk membuat turnamen
  • Integrasi Facebook dan media sosial (grup populer di Facebook seperti grup trading)
  • Halam utama yang lebih mudah untuk diakses, saat ini halam depan hanya berisikan chest dan hal receh tidak bermanfaat.

Tujuan jangka panjang diluar MMR:

Dota kekurangan progres. Bahkan level trophy di profil menjadi tidak ada makanya. Dota paling tidak menggunakan cara lama dengan memberikan bonus chest setiap naik level, yang mana memberikan rasa bahagia sebagai reward setelah bermain. Saat ini, tidak ada insentif saat bermain selain MMR.

  • Sistem loot dan quest permanen, berikan sistem quest jangka panjang dengan menambahkan reward yang spesifik, Zeus skin untuk 1000 game misalnya.
  • Ada fitur tambahan seperti misi server untuk membocorkan hero, event, recehan battle pass, atau chest yang akan datang.

Update rutin dan maintenance

  • Cek selalu tooltip dan update secara berkala, perbaiki segala penjelasan talent yang buruk. Juga jangan lupa alt+hover pada talent.
  • Balancing kecil (5-10% buffs/nerfs) pada game secara rutin, setiap 1-2 bulan sekali.
  • Tidak ada patch besar yang bertahan lebih dari 6 bulan.
  • Perbaikan pada tab watch, waktu loading yang slow, filtering yang lebih layak, pengurutan game, dan buat turnamen agar free to watch in game, banyak yang ingin melihat top tier game tapi kesulitan untuk melihatnya.
  • Perbaikan item ingame yang broken seperti HUD.

Sistem behaviour yang kurang

  • Behaviour seharusnya tidak ditempatkan di didepan skill si pemain dalam banyak situasi.
  • Cek report dengan kelalaian orang, seperti di CS:GO dan Overwatch.
  • Option tambahan pada report seperti boosting maupun scripting.

Kustomisasi pada game

  • Kustomisasi profile, Buat dengan loading screen yang berbeda dengan loading screen. Dan HUD dapat digunakan pada profile bersama dengan item lain.
  • Kustomisasi hero grid
  • Kustomisasi item grid
  • Kustomisasi daftar teman dan kemampuan untuk filter teman
  • Loading screens dapat digunakan sebagai background
  • Hero showcase, mengijinkan kita untuk memamerkan hero favorit maupun set combo set

Integrasi Pro Circuit

Daya tarik Dota yang paling besar adalah scene esportnya, dan bahkan kalian mungkin tahu bukan hanya dari client-nya saja. Kita memiliki akses untuk melihat point pada Pro Circuit serta standings juga event lewat situs pihak ketiga benar-benar tak adapat diterima. Meskipun Liquidpedia melakukan job yang fenomenal, tetap saja hal ini harus bisa diakses dalam client game, TERUTAMA Minor dan Majors, yang mana event yang didukung Valve. Leaderboard juga harus ada dalam client.

  • Informasi Pro Circuit, update dan leaderboard seluruhnya muncul dan dapat diakses denmgan mudah dalam game.
  • Kompetisi Fantasy Circuit yang mana akan membuat banyak orang bermain, dengan hadiah item dota atau bahkan bisa reward khusus seperti kesempatan trip ke TI / Major / Minor.
  • Tikcer match ingame match ticker dan news feed, sehingga seluruh pemain dapat melihat game yang akan dimulai, seluruhnya harus ada di halaman utama.

Perbaikan Arcade:

  • Buat Arcade dengan versi game yang dengan skala lebih kecil, tetepa berada dalam Dota. Atau bisa juga Valve mulai peduli dengan setiap patch untuk memastikan agar mode game arcade tidak hancur.
  • New games find it difficult, if not impossible, to break into the current scene of Arcade games, leading to new games stopping development and dying, and even popular games slowly fade due to boredom because they are only games being played (see: ReIncarnation RPG). Game-game baru sulit untuk ditemukan, dan tentunya sulit untuk menggebrak scene arcade game saat ini, membuat developer menghentikan pengembangan game tersebut sampai akhirnya mati. Bahkan game populer juga semakin lama semakin memudar karena kebosanan game itu terus yang dimainkan.
  • Setiap game harus memiliki server dedicated sendiri, banyak game baru yang tak dapat dimainkan karena adanya latency.

Kembalikan event

Kita terbiasa untuk memiliki event setiap beberapa bulan yang mana banyak pemain mengapresiasinya. Valve seharusnya punya event besar tiap 6 bulan sekali. Dengan event seperti:

  • New Bloom
  • Diretide
  • Dark Moon
  • Frostivus
  • Wraith-Night
  • Siltbreaker

Item

Kreator Workshop sold out, pengurangan profit, dan keeksklusifitasan untuk masuk pada iset immortal / TI/ battlepass meninggalkan apapun yang ditinggalkan di masa lalu. Selengkapnya: https://www.reddit.com/r/DotA2/comments/62991t/the_dota_2_workshop_and_its_ecosystem_are_dying/

  • Nilai kosmetik sekarang begitu balance, kosmetik bisa dibilang tak ada harganya lagi, variasi antar kosmetik juga terlihat begitu lemah.
  • Penyingkiran fitur crafting dan penghapusan item untuk kesempatan mendapatkan item dengan kualitas di atasnya. Hal ini bisa menjadi masalah di mana dengan banyakan item. Hal ini dapat diimplementasikan dengan cara lain.

Tutorial

  • Buat sistem tutorial, yang menarik, menginspirasi, dan menunjukkan potensi pemain baru tersebut dalam game ini. Tentunya hal ini akan membuat banyak pemain baru masuk dalam game.
  • Tutorial sebaiknya punya banyak jenis untuk memberikan gambaran setiap aspek di Dota. Membolehkan bahkan pemain lama untuk berlatih dan memperbaiki skillnya ketika menunggu saat finding match.

Bagaimana menurut kalian, bagian mana saja yang menurut kalian merupakan saran yang wajib diimplementasikan ke dalam game ini? Memang tidak ada jaminan Valve mendengarkan harapan pemainnya ini, namun jika terjadi, tentunya Valve akan selangkah untuk mengembalikan kejayaan DOTA 2. Make DOTA 2 Great Again! Mampukah?

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…