in

Setelah Lama Ditunggu, Ini Dia Format Baru ESL One Hamburg 2017!

Kurang dari 1 bulan lagi Dota 2 akan segera menggelar turnamen Major pertama di musim kompetisi 2017/2018, Dota Pro Circuit yakni ESL One Hamburg 2017. Hari Rabu (4/10) kemarin akhirnya ESL merilis detail mengenai format tournament, jadwal, dan juga Qualifying Points Distribution dan Prize Money Distribution.

Berikut adalah detailnya :

Tournament Schedule

Turnamen akan dilaksanakan selama 4 hari, dimulai dari Kamis hingga Minggu, 26-29 Oktober 2017. Group Stage akan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat, stream dimulai pada pukul 15.00 waktu Jerman atau sekitar pukul 21.00 WIB.

Untuk format sendiri, 8 tim dibagi ke dalam 2 group terdiri dari masing-masing 4 tim, seluruh pertandingan dalam Group Stage akan dilakukan dengan Best of 1. Elimination matches pada setiap grup untuk menyisihkan 4 tim dan sisanya (4 Tim) akan bermain di single elimination semifinal.

Eliminasi mulai dilakukan di hari kedua, tim dengan rekor terburuk akan bertemu di Elimination Match, dan tim yang kalah harus rela angkat kaki lebih dulu dari Hamburg.

Main Event pada hari Sabtu dan Minggu akan digelar di venue utama yakni Barclaycard Arena. Stadium berkapasitas ~16.000 orang ini akan menjadi tempat diperebutkannya 1 Juta USD dan gelar Major pertama.

Eliminasi untuk Group B akan dilaksanakan di main event dan akan ada acara pengisi khusus untuk Main Event seperti Cosplay Parade dan masih banyak konten lagi dari pihak ESL selaku Organizer Major.

Prize Distribution

1 Juta dollar menjadi total prize pool untuk ESL One Hamburg, dengan distribusi sebagai berikut :

  1. 1st $500.000 
  2. 2nd $200.000 
  3. 3rd-4th $100.000
  4. 5th-6th $40.000
  5. 7th-8th $10.000

Selain Prize Money, hal lain yang diperebutkan adalah Qualifying Points untuk The International 2018. Sesuai dengan kesepakatan dengan Valve, Qualifying Points ini akan menjadi modal pemain untuk mendapatkan Direct Invite ke TI8, dan points ini akan diberikan kepada individual pemain, bukan secara Tim.

Karena ESL One Hamburg 2017 merupakan Major, maka tentu Qualifying Points yang dibagikan lebih besar dibanding Minors. Qualifying Points hanya akan diberikan kepada Top 4 Teams, dengan distribusi :

  1. 1st Place 750 Points
  2. 2nd Place 450 Points
  3. 3rd Place 150 Points
  4. 4th Place 150 Points

ESL One Hamburg juga diprediksi menjadi turnamen terakhir yang dimainkan di Patch 7.07, karena Dueling Fates update diperkirakan muncul bulan depan. Namun, belum ada detail dan konfirmasi dalam hal ini dari pihak manapun.

New System

Major pertama di Dota Pro Circuit hanya dapat diikuti oleh 8 tim karena dampak dari lambatnya informasi yang muncul dari Valve. ESL One Hamburg sudah direncanakan jauh sebelum pengumuman perubahan Dota Pro Circuit dan sebelumnya bukanlah sebuah Major, Namun hanya premier tournament biasa.

Dari pihak organizer, dalam hal ini ESL, menyatakan bahwa dampak dari lambatnya informasi ini adalah organizer yang sudah melakukan budgeting, planning venue dan akomodasi untuk 8 tim tidak bisa dengan begitu saja menambah jumlah tim karena memang tidak memungkinkan.

Selain itu, karena masalah ini, format Grand Finals Major yang sebelumnya Best of 5 Final terpaksa hanya bisa dilaksanakan dalam Best of 3 untuk Hamburg, dan main event dilaksanakan dengan single elimination bracket.

ESL mengakui hal ini sebagai salah satu hal yang perlu diingat di ESL One Hamburg dan menyatakan bahwa untuk Major selanjutnya, tim yang berpartisipasi dalam Major bisa menjadi 12 atau bahkan 16 tim.

Meskipun hanya 8 tim, namun tentunya kompetisi yang ada tidak akan kalah mengingat besarnya hal yang diperebutkan di Major pertama ini, dan pentingnya membentuk momentum untuk musim kompetisi 2017/2018.

Jadi ingat, 26-29 Oktober 2017, 8 tim Dota 2 terbaik akan berkompetisi untuk membuka Major pertama musim ini. Jangan lupa untuk ikuti terus perkembangan mengenai Majors dan Minors musim ini di RevivalTV!

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Rudi Hartanto

Providing fresh insights and unique perspective in my piece(s).
Esports Historian. For discusion feel free to follow on twitter : @therudihartanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…