in

Sambut Female Esports League, Gelaran Liga Dota 2 Bagi Para Kaum Hawa!

Sumber: FSL

Tidak bisa dipungkiri, esports masih didominasi oleh kaum adam. Namun bagi kaum hawa tentunya juga ada wadah untuk bisa menjadi atlet esports profesional. Salah satunya adalah Female Esports League (FSL) yang merupakan liga khusus untuk tim Dota 2 kaum hawa.

Apa itu Female Esports League (FSL)? Seperti apa perjalanan liga tersebut? Untuk itu saya menanyakan kepada Tammy Tang yang juga founder dari turnamen ini. Ia menceritakan ia memulai membuat FSL sejak tahun 2012.

Sumber: Female Dota 2 Fanpage

“Tujuan pembuatan FSL sebagai pengenalan para perempuan untuk kompetitif dan format turnamen yaitu double round robin membuat mereka bisa berkembang sebagai tim dan bisa merasakan pengalaman untuk bisa bertanding secara kompetitif,” katanya.

“Selain itu bisa memberdayakan perempuan yang ingin keluar dari zona nyaman dan mengejar impian mereka.

Kami bukan membuat komunitas perempuan untuk bisa bermain game secara kompetitif, kami ingin mendorong mereka yang sudah memiliki minat namun terhalang berbagai faktor untuk mengambil langkah,” katanya.

BACA JUGA: Kenalan dengan Cening Ayu Gaming, Tim Dota 2 Wanita Penuh Talenta!

FSL yang telah memasuki musim keenam ini mempertemukan 52 tim dari negara-negara Asia Tenggara.

“Namun di tengah perjalanan ada tim yang memilih mengundurkan diri.” Untuk kedepannya ia mengatakan akan merencanakan memperluas cabang game di FSL yaitu game mobile yang akan diadakan tahun depan.

Kehadiran FSL membawa dampak positif, bahkan sudah ada yang meraih mimpinya menjadi pemain profesional.

TNC Amazon, tim Dota 2 TNC yang diisi perempuan. Sumber: TNC Amazon

“Setelah season 5, TNC mengambil tim perempuan dan mereka bermain baik di liga musim ini. Saya tahu tidak mungkin untuk tim profesional mengambil semua pemain perempuan, namun saya mendorong untuk hal ini.

Karena terkadang sebuah hal kecil di organisasi besar bisa membuat perbedaan besar untuk mendorong orang-orang untuk bisa mencapai mimpi mereka,” katanya.

female esports league
Sumber: Female Dota 2 Fanpage

Tim Dota 2 Indonesia juga mengikuti turnamen ini, salah satunya adalah Efigenia. Berikut para pemain dari tim ini:

  • Adelina “Alin” – Carry
  • Jessica “Caelyn” – Midlaner
  • Erika Su “Krystalize” – Offlaner
  • Riri “Iris” – Roaming Support
  • Elisa “Elzura” – Hard Support

Nah, bisa dilihat ada beberapa nama terkenal yang masuk di tim ini seperti Caelyn yang juga kapten dari tim ini yang terkenal sebagai influencer dan Erika Su yang dikenal sebagai Youtuber.

Jessica “Caelyn”, pemain Efigenia

Caelyn mengaku alasannya mengikuti turnamen karena ingin menunjukkan kalau wanita juga bisa bermain. “Apalagi di dunia esports, wanita terkadang cuma dipandang sebelah mata skill-nya.”

Awal terbentuknya Efigenia karena kesulitan untuk mencari orang. “Setelah dapat saran terus ketemu yang cocok jadi cobain ngetim deh, lawannya sih banyak yang berpotensi jago. Terkadang kalau kalah bisa jadi pembelajaran biar bisa lebih kompak lagi.”

Cewek yang sejak dulu hanya bermain Dota 2 ini memiliki impian untuk bisa ikut turnamen di luar negeri khusus untuk turnamen-turnamen cewek.

Erika Su “Krystalize”, pemain Efigenia

Bagaimana pendapat mereka mengenai kehadiran FSL? Erika mengaku FSL menjadi ajang dimana para perempuan bisa menunjukkan skill terutama Dota 2.

“Sebagian juga ikut buat tes sejauh mana skill-nya. Menurut aku sih, liga ini positif banget karena ya seperti kita tahu, turnamen cewek memang ada tapi ga sebanyak itu.

Kesulitannya itu karena online jadi masih ada isu piloting (dijokiin cowok), sedihnya di situ karena ya dipikiran ketika cewe lain pada tryhard dan niat mau mencoba masih ada aja orang-orang yang piloting,” tutup wanita yang memiliki kanal Youtube tersebut.

Kenalan dengan Para Srikandi Esports yang Wakili Indonesia di WESG 2018!

Pemain cewek di dunia esports memang tidak begitu banyak, meski begitu ada juga yang berkesempatan untuk bertanding sampai ke luar negeri. Salah satunya di WESG 2018, Indonesia juga mengirimkan wakilnya yaitu CS:GO dan Hearthstone.

Nah, bagi kamu yang ingin melihat perjuangan Efigenia, kamu bisa stay tune di fanpage Female Dota 2. Berikan dukungan kalian kepada Efigenia yang bertanding di FSL Season 6, ya!

Diedit oleh Yubian A. Huda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…