in ,

Dream Team Dota 2 Indonesia versi Para Caster Indonesia, Setujukah Kamu?

Meski 2017 telah berakhir namun masih menyisakan beragam catatan menarik terutama bagi tim Dota 2 di Indonesia. Beragam proses, baik itu hal yang baik atau buruk, telah dirasakan. Namun tentunya kita penasaran, siapakah pemain terbaik Dota 2 di Indonesia yang layak menduduki dream team di tahun 2017?

Supaya adil, tidak berpihak, dan tentunya kredibel, kami memilih untuk mewawancarai para caster Dota 2 di Indonesia. Mengapa kami memilih caster? Karena dari mereka inilah kita bisa mengerti seperti apa karakteristik permainan setiap pemain. Mereka jugalah yang mengkomentari para pemain saat pertandingan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain caster RevivalTV untuk Dota 2 yaitu Benetz dan Zakucj, kami juga menanyakan kepada caster Dota 2 di Indonesia di luar RevivaLTV. Siapa sajakah mereka?

  • Gisma “Melon” Priayudha
  • Yudi “Justincase” Anggi
  • Riantoro “Pasta” Yogi
  • Ahmad “Captain Rigel” Ichsanul
  • Dimas “DZ” Surya
  • Veronica “Velajave” Fortuna
  • Zabiella “Euka” Ruth
  • Vinzent “Oddie” Indra

Mohon maaf jika tidak semua caster memberikan alasan mengingat kesibukan mereka. Berikut pendapat dari para caster.

Melon Sumber : Gisma Priayudha

Gisma “Melon” Priayudha

Carry: Rusman (TP.NND)

“Salah satu carry di Indonesia yang paling berani, pintar mencari celah, dan, kalau melakukan kesalahan, ia tidak mengulanginya kembali. Ia juga memiliki gaya farming yang ideal contohnya kalau ga ada stack ya ga farming. Last hit denied kritis, pelan tapi pasti.”

Mid: InYourDream (BOOM.ID)

“Midlaner penuh gaya, penuh ide, dan mungkin ia sendiri sudah berbakat dari sananya. Sekalipun midnya gagal, ada aja ide buat mencari networth yang jarang dilakukan oleh pro player Indonesia lainnya.”

Offlaner: SaintDeLucaz (BOOM.ID)

“Offlaner memang harus miskin, terkadang suka di gang namun bagi SaintDeLucaz selama di BOOM.ID networth ga pernah rendah.”

Support: Xepher (RRQ)

“Roaming 10/10. Tidak semua pemain pro Indonesia mirip Xepher yang cari goldnya dari roaming, mampu membaca posisi lawan dan ward. Ia juga senang memakai hero initiator, meski bisa dibaca lawan untuk heronya namun belum tentu untuk gaya mainnya.”

Support: Vlaicu (EVOS)

“Kadang Vlaicu, di posisi 4 namun bisa support 5. Cari posisinya pinter meski jadi bait tapi juke-nya 70 persen sukses melawan pro team di Indonesia.”

Zakucj bersama Sam_H, pemain TNC Sumber : Fanpage Zakucj

Wawan “Zakucj” Firdaus

Carry: Fbz (Pandora Esports)

Mid: InYourDream (BOOM.ID)

Offlaner: Koala (RRQ)

Support: R7 (TP.NND)

Support: Xepher (RRQ)

Euka

Zabiella “Euka” Ruth

Carry: Rusman (TP.NND)

Mid: InYourDream (BOOM.ID)

Offlaner: Bima (Barol Gaming)

Support: Xepher (RRQ)

Support: iLogic (EVOS)

Benetz

Higsweart “Benetz” Estrada

Carry: Rusman (TP.NND)

“Tinggal poles, makin diasah lagi kemampuannya, Rusman bisa jadi carry nomer 1 di Indonesia, perjuangannya sendiri tidak boleh dilihat sebelah mata. Meski memiliki banyak saingan di posisi carry namun Rusman mempunyai kelasnya sendiri.”

Mid: InYourDream (BOOM.ID)

“Pemain terbaik Indonesia saat ini, memiliki hero pool yang luas, gaya main yang kalem namun tiba-tiba bisa fat menjadi keunggulan tersendiri. Mustahil jika ia tidak masuk daftar. Ia sendiri merupakan contoh gifted gamer yang skill-nya bener-bener bawaan dari lahir.”

Offlaner: Koala (RRQ)

“Pemain senior dan penyeimbang tim. Yes, dia ini yang menyeimbangkan tim nantinya karena pengalaman yang tidak diragukan lagi. Di akhir masa baktinya, ia mengisi posisi offlaner dan ia sangat layak masuk di daftar ini.”

Support: Vlaicu (EVOS)

“Favorit since beginning. Sejak bermain bersama Mahameru.id, Cuma Vlaicu pemain support lokal yang menginspirasi saya untuk menjadi support lebih baik. Tipikal pemain yang rajin gank dan pengatur ritme permainan.”

Support: 2hoi (SEA Reject)

“Meskipun saat ini sudah tidak bersama tim tier 1 Indonesia, namun permainan 2hoi selalu dikenang. Terlihat sebagai support feeder, namun sebenarnya permainan 2hoi bisa dibilang sebuah pengorbanan untuk hasil yang lebih baik. Tactical feeding kalau kata orang, tidak ada support 5 yang punya permainan sekeran 2hoi di Indonesia. Please comeback!”

Pasta (Kiri) dan Oddie (kanan). Sumber : Mineski TV ID

Riantoro “Pasta” Yogi

Carry: Dreamocel (BOOM.ID)

Mid: InYourDream (BOOM.ID)

Offlaner: AVILLE (EVOS)

Support: Jhocam (BOOM.ID)

Support: 2hoi (Sea Reject)

Vinzent “Oddie” Indra

“Dream team ini lebih ke arah personality sekaligus experience dari pemain. Selain itu mereka juga memiliki sinergi antar pemain.”

Carry: InYourDream (BOOM.ID)

Mid: Yabyoo (RRQ)

Offlaner: AVILLE (EVOS)

Support: Xepher (RRQ)

Support: Vlaicu (EVOS)

Justincase (kiri), Melon, dan DZ (kanan)

Dimas “DZ” Rizki

Carry: Dreamocel (BOOM.ID)

“Paling konsisten dan paling jarang melakukan kesalahan individu. Ia juga memiliki hero pool carry yang cukup banyak.”

Midlaner: Yabyoo (RRQ)

“Midlaner paling konsisten baik dari segi farming di lane dan ketika team fight. Walau RRQ belum mendapatkan hasil yang memuaskan tapi performa Yabby secara individu tidak pernah buruk.”

Offlaner: SaintDeLucaz (BOOM.ID)

“Offlaner paling kuat sejauh 2017 berjalan, paling strong di laning phase walaupun bertemu dengan 3 orang di lane lawan.”

Support: Xepher (RRQ)

“Memiliki visi game paling luar biasa sejauh 2017 berjalan dengan memberikan kontribusi early game bagi team nya.”

Support: 2hoi (SEA Reject)

“Memiliki peran yang sangat penting dimanapun dia bermain dengan memberikan space bagi core player di timnya bahkan di akhir game pun dia rela bermain dengan bermodalkan Boots of Speed.”

Yudi “Justincase” Anggi

Carry: Dreamocel (BOOM.ID)

“Membuktikan dirinya terbaik di MMR tertinggi sekarang dan performa di tim BOOM.ID juga sangat bagus.”

Mid: InYourDream (BOOM.ID)

“Bisa dibilang tandem Dreamocel karena mereka tukar-tukaran posisi mid/carry untuk beberapa hero dan berjalan sukses.”

Offlaner: AVILLE (EVOS)

“Offlaner merupakan role yang sulit sebenarnya tapi gua suka melihat permainan Omniknight dari AVILLE yng dimana sekarang lagi meta juga.”

Support: Xepher (RRQ)

“Support terbaik di Indonesia menurut gua.”

Support: Khezcute (BOOM.ID)

“The brain behind BOOM.ID, seorang kapten yang jenius dalam mengatur timnya.”

Velajave (kanan)

Veronica “Velajave” Fortuna

Carry: Rusman (TP.NND)

“Tipikal farm dia bagus, pintar mencari space. Benar-benar pemikiran dia pemikiran carry banget. Selain itu laningnya juga bagus.”

Midlaner: Ramz (PG.Barracx)

“Meski orangnya nyebelin dan susah dibilangin kalau diajak omong, namun perjuangannya di Dota harus diapresiasi walau kadang dia orangnya toxic HAHA. Dia di mid bisa mendominasi dan kemampuan laningnya yang bagus. Tapi minusnya cepat emosi aja.”

Offlaner: AVILLE (EVOS)

“Sangat baik di hardlane dan pintar memanfaatkan situasi. Pemberian space juga bagus serta kesabaran di lanennya.”

Support: Vlaicu (EVOS) / Jhocam (BOOM.ID)

“Susah sih kalau disuru pilih salah satu, I like them both. Bener-bener roamer yang efektif di segala line. Vlaicu dikenal dengan kemampuan Kunkka dan Riki, kadang suka ga sadar diri kalau dia roamer. Membantu semua lane, semua digank dan semua lane jadi menang.”

“Jhocam, Proteksi yang selalu baik terhadap core dari team. Earth spiritnya Jhocam yang buat aku angkat topi sih.”

Support: 2hoi (SEA Reject)

“Best support, panutan semua player Indonesia . Support kayak dia ga perlu dikasi alasan, meski dikata toxic, feeder. 2hoi adalah support dengan informasi paling luar biasa baik itu dari map control, cooldown, skill, dan item.”

Captain Rigel (Tengah)

Achmad “Captain Rigel” Ichsanul

Carry: Dreamocel (BOOM.ID)

Midlaner: InYourDream (BOOM.ID)

Offlaner: AVILLE (EVOS)

Support: Bubu (Ex UG.Infinite)

Support: Vlaicu (EVOS)

 

Kesimpulan :

Jawaban para caster Dota 2 di Indonesia sangat beragam menurut pandangan mereka masing-masing. Tentu ini dilihat dari skill, prestasi, dan juga attitude yang membuat para pemain ini layak dimasukkan di dream team versi caster.

Berikut pemenang yang layak mengisi dream team Dota 2 Indonesia 2017 :

  • Carry: Rusman dan Dreamocel (4 Vote)
Dreamocel (kiri) dan Rusman (kanan)

Kedua pemain ini memiliki gaya bermain yang berbeda dan memiliki keunikan masing-masing. Rusman karena kemampuan individunya dan Dreamocel yang memiliki hero pool yang luas.

Image Credit: BOOM ID
  • Midlaner: InYourDream (7 Vote)

Tidak heran pemain yang sempat bermain di Fnatic ini sebagai midlaner terbaik di tahun 2017. Bakat yang sudah diasah sejak muda bahkan berhasil meraih 9K pertama di SEA menjadikan ia layak menjadi midlaner di dream team Dota 2 Indonesia.

AVILLE
  • Offlaner: AVILLE (5 Vote)

AVILLE sendiri dikenal sebagai salah satu offlaner terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu saja, kepemimpinannya di EVOS menjadi nilai plus tersendiri mengapa dia layak mengisi posisi offlane.

Sumber : Fanpage RRQ
  • Support: Xepher (7 Vote)

Seperti yang dibilang para caster Xepher memiliki paket komplit kenapa ia layak berada di posisi ini. Kemampuannya rotasi terus menerus dan efektif membuat ia layak mengisi posisi ini.

Vlaicu
  • Support: Vlaicu (7 Vote)

Meski ia mengisi posisi support 4, nyatanya ia juga bisa menjadi support 5!! Seperti yang dikatakan Oddie kerjasama dan sinergi antar pemain menjadi dia layak menduduki posisi ini.

2hoi
  • Honorable Mention : 2hoi (4 vote)

Kenapa ia dimasukkan? Karena ia merupakan pemain yang murni sebagai support 5. Kemampuannya yang pintar membuat space bahkan harus mengorbankan nyawanya demi tim membuatnya dikenal sebagai salah satu support 5 terbaik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…