in

Resmi Dirilis, Valve Hadirkan 4 Perbedaan Mencolok di Dota Pro Circuit Musim 2018/19

Dota Pro Circuit 2018-2019. Sumber: Dota 2

Menyikapi pengumuman gelaran major pertama, Kuala Lumpur Major 2018 rupanya Valve merilis laman resmi situs DPC 2018/19. Valve memperbarui laman tersebut tepat pada malam tanggal 6 September 2018 menyusul pengumuman gelaran major di tanah Malaysia tersebut.

Beberapa perubahan ditunjukkan pada situs DPC 2018-2019 oleh Valve. Tentu pihak pengembang Dota 2 merespon dengan serius mengenai keluhan para elemen esports terkait musim DPC 2017/18. Tanpa basa-basi mari simak perubahan yang mencolok di peraturan peraihan poin DPC musim terbaru:


1. Distribusi Poin DPC

Pembagian poin DPC. Sumber: Dota 2

DPC merupakan syarat khusus dan mutlak untuk dapat meraih slot atau tiket ke ajang akbar Dota 2, The International 9 di Shanghai, China. Beberapa perbedaan ditunjukkan, salah satunya untuk memberikan kesempatan tim kecil unjuk gigi di ranah kompetitif Dota 2.

PGL Umumkan Gelaran Dota Pro Circuit Pertama, Kuala Lumpur Major!

Kini gelaran major dan minor memiliki perubahan dari segi perolehan poin total dalam satu ajang. Ajang major akan menghadirkan total poin fantastis senilai 15,000 poin, sedangkan minor hanya kan menghadirkan 1,500 poin DPC.


2. Tidak Ada Direct Invite

yawar sumail wesg
SumaiL di TI8. Sumber: Valve

Yup, seluruh tim yang bertanding di sepanjang gelaran Valve, 5 minor dan 5 major hanya akan masuk melalui sistem kualifikasi. Yang berarti tim-tim yang hadir tidak dibedakan atas pencapaian mereka, namun melalui kemampuan mereka.

Lengkap Sudah, Chuvash Jadi Pemain Kelima di Tim Dota 2 Na’Vi!

Hasil ini hadir karena banyaknya polemik mengenai kelayakan tim ini untuk mendapatkan slot direct invite atau tidak. Pasalnya, tim-tim dari kualifikasi justru berhasil memberikan kejutan, seperti Winstrike Team (dulu FlyToMoon) yang mendapatkan posisi 5 besar di ajang EPICENTER XL.

Winstrike Team di The International 8. Sumber: Valve

Selain itu babak kualifikasi juga untuk memaksimalkan potensi tim-tim yang belum menunjukan kemampuannya. Alhasil, ajang Dota 2 mampu memberikan ruang untuk para bibit baru di ranah profesional.

Tim yang sudah lolos ke babak kualifikasi major juga tidak dapat bertanding di kualifikasi minor. Berarti akan ada beberapa tim berbeda di setiap gelaran resmi besutan Valve.


3. Pemain Tidak Lagi Meraih Poin DPC

Roster OG di The International 8. Sumber: Valve

Salah satu keputusan yang dapat merubah total perubahan roster di musim lalu ini akhirnya diubah oleh pihak Valve. Beberapa pilar penting merasa mendapatkan tempat yang spesial ketika melakukan perubahan roster sebelum masa roster lock.

Beberapa contoh seperti Universe yang memiliki poin DPC yang tinggi, sehingga dengan mudah menjadi buruan tim papan atas. Dengan hasil ini poin DPC hanya akan diperoleh oleh nama tim, bukan lagi pemain.


4. Sistem Direct Invite The International Terbanyak

situs judi dota 2 ti8
The International 2018. Sumber: Valve

Memang musim ini menjadi buah bibir setelah Valve memutuskan untuk membawa 12 tim teratas lewat jalur direct invite di The International 9. Yup, 12 tim akan memastikan posisi mereka di ajang akbar Dota 2 pada musim DPC 2018/19.

Berbeda dengan gelaran sebelumnya yang hanya menghadirkan 8 tim lewat jalur direct invite. Kali ini Valve juga hanya memberikan 1 slot lewat babak kualifikasi untuk ajang The International 9.

BACA JUGA: Menpora: Atlet Esports juga Membutuhkan Kondisi Fisik yang Baik

Memang polemik juga datang dari babak kualifikasi, terlebih rasa cemburu atas slot yang berbeda di setiap regional. Lantas, Valve memberikan slot yang adil dengan memberikan satu tiket kualifikasi di setiap regional.


Tentu masih banyak perubahan yang mendetail, namun dengan perubahan ini tentu Valve jelas menangkap aspirasi dan kritik dari penggiat esports Dota 2. Selain itu Valve juga menghapus fitur roster lock untuk musim DPC 2018/2019.

Roster Natus Vincere. Sumber: Wyk

Namun semua tim Dota 2 diberikan batas hingga 15 September 2018 untuk mendaftarkan timnya ke ajang besutan Valve tersebut. Beberapa tim telah mengumumkannya, salah satunya Natus Vincere dengan roster yang diisi pemain muda.

Beginner Content Writer. Esports for News and Life. Rise with Words.
Seeking the proper way to enjoy words in writing.

Chelsea FC fans, Virtus.pro fans and Tofu-Tempeh Eater.
For business inquiries: yubianasfar@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…