in ,

Belajar Warding di Map Baru DOTA 2 Patch 7.07

Patch 7.07 merupakan patch pertama yang paling balance sejak patch 7.00. Selain perubahan keseimbangan monumental, Icefrog juga memperkenalkan beberapa perubahan pada terrain, mengubah cara kita warding, pulling, stacking, dan banyak hal lagi. Kita bisa melihat bagaimana balance-nya terrain, antara Radiant dan Dire bukan?

Jika ditelaah, memang banyak sekali tebing-tebing yang dihapuskan di terrain baru ini. Pastinya membuat kita harus mencari spot-spot baru yang efektif untuk warding. Sayangnya, tidak semua orang paham atau terkadang terlalu malas untuk mencari spot-spot tersebut. Dan di artikel ini, kita akan membahas hal tersebut.

Dimulai dari perubahan posisi bounty rune dan shrine yang tentunya sedikit banyak mengubah pola permainan. Dari bagaimana midlaner yang akan lebih jauh ke dalam saat ingin membuka shrine, roamer yang semakin mudah dalam mengambil 2 bounty rune sekaligus, maupun banyaknya usaha mencari first blood dibandingkan mencari first time bounty.

Kembali ke warding, kita harus melihat perubahan apa saja yang ada. Spot spot mana saja yang diubah Valve dan kita harus mencari alternatif lainnya. Dengan tidak adanya tebing sebanyak dahulu, tentunya kita harus menanam ward di ground yang pastinya hanya memberikan vision kecil di sana.

Beberapa tebing dihapuskan, terutama yang berada di dekat sungai. Teknikalnya, tebing itu masih ada namun memberikan vision yang buruk. Sebut saja, tebing tersebut terkena nerf. Yang paling menonjol adalah titik warding dekan Roshan ini. Di patch sebelumnya, spot ini begitu baik untuk Dire, memberikan vision pergerakan Radiant. Dire diuntungkan banyak saat itu. Dan sekarang, hal ini begitu diminimalisir sehingga jika terjadi perebutan Roshan, akan lebih adil diantara keduanya.

Ada dua spot warding lain pula yang meskipun tebingnya sudah menghilang namun tetap memberikan video yang cukup baik.

Bicara tentang pulling, ward di camp milik Radiant bisa memberikan block pada spawn creep meskipun saat in sudah tidak memberikan vision pada kedua camp.

Selain itu, perubahan pada mid tier 1 Dire  yang digeser tentunya memberikan sedikit keuntungan untuk Radiant. Warding di sebelah kanan, membuat support roaming mereka semakin mudah melakukan gank mid atau mencari courier kill Dire.

Bergeser ke jungle, dengan perubahan yang ada tentunya plant ward semakin harus diperhatikan. Bisa dilihat bagaimana penambahan pohon akan mengurangi vision. Keputusan untuk memasang ward di posisi A akan berbeda jika kalian menggesernya sedikit saja di posisi B. Keefektifan ini yang perlahan akan dimengerti oleh para pemain nantinya.

Dan gambar di bawah ini sedikit memberikan pencerahan. Pada posisi ini, meskipun sedikit terhalang pohon namun memberikan cover yang baik. Kanan, kiri, atas, bawah semua terlihat meskipun dengan segala keterbatasan.

Jika kalian ingin lebih memaksimalkan vision di daerah tangga sebelah kanan, kalian bisa sedikit menaikkan posisi ward. Namun, dengan begitu kalian akan mengorbankan vision di bagian bawah.

Ada juga 2 posisi warding yang cukup mirip namun berfungsi berbeda di daerah jungle Dire. Gambar pertama memberikan vision yang lebih lebar, lebih banyak daerah yang ter-cover. Sedangkan di gambar selanjutnya, kalian tidak akan melihat shrine Dire namun tower tier 2 akan cukup jelas terlihat dan membuat kalian dapat melakukan ambush dengan posistioning yang lebih baik.

Akhirnya, kita ada di ujung guide satu ini. Sebagai tambahan, di bawah ini ada beberapa spot warding yang mungkin akan berguna atau mungkin juga tidak. Tergantung bagaimana nantinya kalian membutuhkan vision di spot tersebut atau tidak.

 

Diadaptasi dari tulisan Skim di DOTABUFF.

Written by Higsweart Benetz

Cinta luar angkasa. Bermimpi jadi Astronaut. Hidup untuk menulis. Lantas membaca apapun dengan nada. Rutin mencium harumnya combo Nasi Goreng dan Air Putih. Dan mencari apapun yang berwarna biru.

In love with Aimer, Ailee, and Raisa. Also Chelsea FC, Boston Celtics, and Team Secret.

Share the day after day on Instagram @higs44.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…