in

Analisis 8 Tim yang Akan Bertanding di ESL One Hamburg

Major pertama untuk Dota Pro Circuit 2017 akan menghadirkan 8 Tim terbaik Dunia, ESL menjadi Main organizer dan akan dilaksanakan di Hamburg, Germany. Prize pool US$ 1.000.000 disiapkan oleh Valve dan ESL yang masing-masing memberikan US$ 500.000 kedalam Prize Pool Pot.

ESL One Hamburg menjadi Dota 2 Major ketiga yang diselenggarakan di Eropa, menyusul sebelumnya Frankfurt dan Kiev Major. Sebagai bagian dari Dota Pro Circuit 2017/2018 ESL juga akan memberikan Qualifying Points atau Dota Pro Circuit Point untuk final standings dari major ini, Points ini nantinya akan menjadi patokan untuk Invite Team menuju The International 2018.

Qualifiers Point untuk Major akan jauh lebih besar dibanding untuk Minor, Sesuai dengan prize pool untuk turnamen tersebut. Venue yang dipilih untuk ESL One Hamburg adalah Barclaycard Arena, Arena dengan kapasitas 16.000 kursi.

Sesuai dengan tradisi ESL One, Ada 2 tim undangan dan sisanya 6 Tim akan masuk melalui qualifiers. Liquid dan Newbee menjadi 2 Tim yang mendapatkan Direct Invite dari ESL. Beberapa Qualifiers selesai pada Dini hari Senin Kemarin. Inilah 8 Team yang akan berlaga di First Dota 2 Major untuk musim 2017/2018 :

  • Team Liquid (Direct Invite)
  • Newbee (Direct Invite)
  • Keen Gaming (CN Qualifier)
  • Virtus Pro (CIS Qualifier)
  • Team Secret (EU Qualifier)
  • Happy Feet (SEA Qualifier)
  • Evil Geniuses (NA Qualifier)
  • SG E-Sports (SA Qualifier)
source, wiki.teamliquid.net/dota2

Team Liquid (Matumbaman, Miracle-, Mind_Control, Gh, Kuroky)

Datang sebagai favorit utama, sang juara TI 2017 ini mungkin masih belum memunculkan taring mereka musim ini, namun debut Team Liquid di Major bisa jadi kejutan tersendiri. Melihat bagaimana Meta belum berubah banyak sejak TI7, dominasi Team Liquid bisa jadi hanya menunggu waktu. Team Kuda Jingkrak bisa jadi hanya tidur sejenak sebelum kembali mendominasi.

Newbee (Moogy, Sccc, Kpii, Kaka, Faith)

Semua orang senang dengan kesempatan kedua, begitulah mungkin Newbee di major kali ini. Pasca dipermalukan Liquid 3-0 di Grand Final TI7, kesempatan untuk balas dendam di Major kali ini pun datang. Kpii, Sccc dan squad tidak mengubah squad mereka sedikitpun, mereka kembali bersama untuk mencoba peruntungan sekali lagi untuk membanggakan nama negeri tirai bambu China.

 

Namun sama seperti Liquid, Peta kekuatan Newbee belum diketahui sejak Final TI7, namun melihat bagaimana kekuatan mereka dalam delaying game dan juga high ground. Tampaknya meta ini masih mereka kuasai selama Kaka mendapatkan Earth Spirit dan Kpii mendapatkan Axe, LUL.

Keen Gaming (zhizhizhi,Zhai Jingkai, dark, Jiang An, Rong)

Keen Gaming bisa disebut sebagai tim kejutan, mereka mampu mengalahkan LGD Gaming di babak Grand Final Qualifier dengan skor cukup tipis 3-2. Keen Gaming di kualifikasi ini memang tampil gemilang, bahkan di babak sebelumnya mereka membabat habis Invictus Gaming dan IG.Vitality.

Meskipun Keen Gaming bermain tanpa nama besar, tapi yang patut diperhatikan adalah bagaimana peta kekuatan di Dota China masih memiliki celah untuk kejutan-kejutan baru. Seperti yang dilakukan Keen Gaming yang mengaahkan LGD, padahal LGD merupakan Top 6 tim di The International 2017.

Virtus Pro (RAMZES666, NoOne, 9Pasha, Lil, Solo)

Dominasi Virtus Pro di CIS sempat tergoyahkan sedikit oleh kembalinya Na’Vi yang tak disangka bermain jauh lebih baik dengan gaya permainan tempo cepat mirip seperti VP. Namun pada akhirnya Virtus Pro tetap berhasil memenangkan CIS Qualifiers setelah menang 2-1 melawan Navi di Semifinal, dan juga Team Spirit di Grand Final 3-0.

Virtus Pro terlihat solid sepanjang Qualifiers dengan tipikal draft yang sangat versatile dan open, mungkin patch ini tidak berubah banyak untuk VP kecuali jika next Major akan dimainkan di Patch yang baru. tapi yang pasti adalah Virtus Pro masih membuktikan diri mereka sebagai top team di region CIS dengan kemenangan mereka tersebut.

Written by Rudi Hartanto

Providing fresh insights and unique perspective in my piece(s).
Esports Historian. For discusion feel free to follow on twitter : @therudihartanto.