in ,

In-Depth: Analisa Meta Hero Strength – Lycan Dota 2

Setelah sebelumnya membahas Tiny, hero dengan magical dan physical damage burst, kita lanjutkan pembahasan ke Lycan. Hero yang dikenal mempunyai physical damage output yang besar meskipun dengan item terbatas. Tiny dan Lycan mempunyai kemiripan yakni dapat menjadi mid-game playmaker dengan item yang sederhana.

Jika Tiny hanya butuh Blink Dagger untuk memburu hero, Lycan hanya butuh 2 item untuk mulai push tower dan memburu support hero yang lemah dan bersembunyi di backline.

Lycan: Run at Your carry before 20 Minutes.

Wolves need no armor. Lycan adalah hero yang spesial di patch ini, dengan winrate hampir menembus 65% di 5k. 

Hero-hero dengan main attribute Strength mengalami comeback sejak akhir tahun 2017. Lycan muncul di Chinese Region sebagai salah satu pub destroyer alias hero yang menguasai ranked matchmaking game, kemudian meta ini menyebar ke Eropa. Kembalinya Lycan menjadi kejutan tersendiri mengingat Lycan tidak mengalami perubahan sama sekali di 7.07c.

Lycan kembali menjadi situational pick karena beberapa tim memanfaatkan Lycan sebagai counter untuk farm-heavy carry hero alias hero-hero carry yang membutuhkan banyak resource (item dan experience) untuk bisa memenangkan teamfight. Pasalnya, Lycan bisa menjadi hero yang menakutkan hanya dengan 2 item: Helm of Dominator dan Necrobook.

Hero-hero seperti Medusa, Gyrocopter, dan Spectre membutuhkan waktu lama untuk “online” akan mengalami hard game melawan Lycan apabila tim tidak bisa melindungi carry-carry tersebut. Hal ini disebabkan karena, salah satunya, kemampuan Lycan untuk memberikan damage dan heal kepada tim secara global melalui Howl

Howl membuat Lycan bisa membantu teamfight dengan damage buff dan Heal secara global. Efek dari How untuk Lycan dan Summons-nya juga menjadi double di malam hari.

Lycan menuntut kemampuan micro yang tinggi dan map awareness dari player yang baik. Pemain Lycan yang baik seharusnya tahu kapan harus melakukan rotasi untuk ganking (pada saat ulti off cooldown). Lycan yang hebat juga gemar melakukan push di early karena natural sustain dari Feral Impulse; membuat hero ini mempunyai health regen yang sangat tinggi (belum lagi ditambah Howl).

Lycan membuat hero musuh harus bersiap menghadapi permainan agresif. Pada umumnya, Lycan dapat di-counter dengan stun, AOE lockdown, ataupun spell lain yang membuatnya tidak efektif pada saat kondisi ulti atau Shapeshift.

Lycan tanpa ulti adalah hero yang lemah. Karena tanpa ulti, hero ini mudah di-kite. Selain itu, karena banyaknya summons milik Lycan, hero seperti Enchantress dan Chen justru bisa mencuri summon dari lycan.

Enchantress bahkan mempunyai pure damage dan juga skill pasif yang membuat Lycan kesulitan tanpa BKB. Selain itu, Enchantress bisa mencuri Necrobook milik Lycan. Hero dengan stun atau hex sangat disarankan jika kalian ingin menang melawan Lycan

No Boots No Problem. Pada umumnya Helm of The Dominator menjadi core item karena memberikan health regen dan juga aura yang baik untuk pushing, belum lagi aura dari creep yang diambil.

Lycan juga mempunyai output damage yang besar di mid game; support hero biasanya menjadi korban utama. Beberapa hero support yang bisa bertahan melawan Lycan biasanya adalah hero-hero support yang bisa melakukan stun atau banish.

Jika Lycan tidak membawa creep yang bisa melakukan stun, sebetulnya TP bisa jadi salah-satu opsi jika dikejar Lycan yang sedang dalam Shapeshift Form.

Lycan menuntut player untuk bermain efektif dan fokus pada objektif sejak mid game, Lycan juga menuntut kemampuan micro yang baik

Untuk itemization dan juga skill build, saat ini Lycan banyak mengambil rute Helm of The Dominator, lalu Necromoicon Level 3. Namun ada beberapa situasi untuk Lycan menggunakan build Armlet of Mordiggan, Sange & Yasha, Echo Sabre atau bahkan Diffusal blade.

Lycan menuntut player untuk mempunyai kemampuan mikro yang baik, dari mulai mengendalikan summon dari necromoicon, creep dari Helm of the Dominator, hingga menggunakan Wolves untuk scouting dan melihat posisi hero musuh di map. Karena itu juga, Lycan juga menjadi hero yang sangat populer dalam hal scouting dan vision.

Scouting ini penting karena dapat memberikan informasi kapan waktu yang tepat bagi tim untuk mengambil ataupun menghindari teamfight.

Menarik melihat akan kemana Lycan di awal tahun ini sebagai hero. Nerf, kemungkinan besar, sudah menanti di patch selanjutnya untuk Lycan karena Feral Impulse menjadi salah satu passive yang membuatnya mempunyai power spike yang sangat tinggi di mid game. 

Selain itu, Howl juga dapat berfungsi sama seperti Chen Global Heal, dengan cooldown yang lebih cepat.

Jadi bagaimana? Tertarik belajar micro skill melalui Lycan? Sudah siap menjadi doggerman yang buas berlari ke hero musuh seperti Fear atau Matumbaman?

Diedit oleh Yabes Elia

Written by Rudi Hartanto

Dota 2 Analyst and Esports Historian. For more discussion feel free to checkout @therudihartanto on twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…