Tips & Trik CSGO : Meningkatkan FPS dan Kualitas Jaringan

Halo sobat RevivaL!

Buat kalian yang bermain CSGO pasti sering mengalami hal FPS drop. FPS yang awalnya 80-100 bisa tiba-tiba menurun ke 30 tanpa alasan yang jelas. Selain FPS drop, jaringan juga bisa mengalami kejadian yang tak terduga, misalnya tiba-tiba packet loss naik sampai 10%. Kedua hal itu tentu sangat mengganggu bagi kalian yang bermain CSGO, apalagi kalian sedang main competitive. Nah, RevivaL TV sudah menyiapkan beberapa tips & trik agar kalian bisa meningkatkan FPS dan kualitas jaringan kalian.

1. Membuat config sendiri  

Config adalah serangkaian perintah yang kalian bisa buat sendiri yang tentunya harus sesuai dengan perintah yang ada dalam command CSGO. Dalam config default biasanya terdapat command untuk mousecrosshair,  pengaturan audio, pengaturan HUD, dan lain-lain. Untuk menemukan config kalian, kalian bisa langsung ke

 …\Steam\steamapps\common\Counter-Strike Global Offensive\csgo\cfg

Disana kalian akan menemukan sebuah file yang bernama autoexec.cfg. File tersebut adalah data config kalian yang kalian gunakan dalam permainan CSGO. Apakah config tersebut bisa diubah? YA. Config bisa kalian ubah sesuka kalian dan menurut selera kalian. Tapi, kalian bisa membuat config baru yang tentunya lebih mudah dibandingkan mengubah config default. Caranya adalah dengan membuat satu file notepad baru, kalian masukkan command yang kalian inginkan, dan save dalam nama autoexec.cfg. Untuk meningkatkan FPS, kalian bisa menambahkan config di bawah ini.

mat_queue_mode “2”
fps_max “999”
fps_max_menu “145”
r_dynamic “0”
r_drawtracers_firstperson “0”
zoom_sensitivity_ratio_mouse “1.0”

cl_forcepreload “1” (command ini akan membuat kalian load map sebelum terhubung ke server. Hal ini sangat membantu apabila kalian sering mengalami FPS drop)
cl_downloadfilter “sound”
cl_disablehtmlmotd “1”
cl_disablefreezecam “1”

m_rawinput “1”
m_pitch “0.022”
m_customaccel “0” (mematikan akselerasi pada mouse agar kalian lebih akurat dalam membidik)
m_mouseaccel1 “0” (mematikan akselerasi pada mouse agar kalian lebih akurat dalam membidik)
m_mouseaccel2 “0” (mematikan akselerasi pada mouse agar kalian lebih akurat dalam membidik)

voice_enable “1”
voice_scale “0.5”
windows_speaker_config “1”
snd_mixahead “0.05”
snd_headphone_pan_exponent “2”
snd_headphone_pan_radial_weight “2”

Untuk memakai command tersebut, kalian cukup copy paste yang sudah ditulis di atas ke dalam autoexec.cfg punya kalian. Selain itu meningkatkan FPS, config juga bisa dibuat untuk meningkatkan kualitas jaringan.  Di bawah ini adalah config untuk meningkatkan kualitas jaringan.

rate “128000” (def. “80000”)
cl_cmdrate “128” (def “64”)
cl_updaterate “128” (def “64”)
cl_interp “0” (def “0.03125”)
cl_interp_ratio “1” (def “2.0”) *Kata def berarti default.

Untuk kalian yang memiliki ping di atas 50, kalian bisa gunakan config di bawah ini.

rate “80000”
cl_cmdrate “64”
cl_updaterate “64”
cl_interp “0.03125”
cl_interp_ratio “1”

2. Mengatur launch options

Launch options dapat kalian temukan di pengaturan steam kalian. Dari bagian library, kalian akan menemukan Counter Strike : Global Offensive. Lalu klik kanan.pilih properties dan terakhir pilih launch options.

Launch options yang bisa kalian isi adalah:

-novid (Highly Recommended! Merupakan command untuk menghilangkan video pada saat masuk game.)

-high (Recommended! Command untuk memprioritaskan CSGO dibandingkan dengan program lain)

-freq 144 atau -refresh 144 untuk Monitor 144hz. Gunakan Sesuai refresh rate kalian seperti -freq 120 -freq 100 -freq 75 -freq 60 dan lain-lain. (Highly Recommended!)

-nod3d9ex (Recommended! Agar membuat alt-tab kalian menjadi lebih mulus)

+exec autoexec.cfg (RecommendedCommand ini memastikan semua command kalian yang ada di dalam autoexec.cfg akan terbaca)

3. Mengatur setting video di dalam game

Setting video di dalam game juga mempengaruhi kualitas FPS kalian. Untuk mengetahui setting apa yang bagus, kalian bisa langsung lihat gambar di bawah.

730_screenshots_2016-02-15_00007

Setting di atas adalah untuk kalian yang memiliki GPU yang bagus. Untuk kalian yang memiliki GPU kurang bagus, kalian harus mengubah global shadow quality sampai shader detail ke tingkat LOW.

4. Mengatur resolusi

Resolusi yang biasa dipakai adalah 4:3 atau 16:9. Semuanya dapat kalian pilih dan harus sesuai dengan kemampuan PC kalian. Apabila kalian memiliki PC yang tidak memiliki graphic card yang bagus, maka 4:3 merupakan pilihan yang tepat. Kebanyakan orang dan para pemain profesional memilih resolusi 4:3 karena FPS lebih stabil dibandingkan dengan 16:9. Namun, kelemahannya adalah angle di dalam game menjadi lebih sempit dibandingkan dengan resolusi 16:9.

So, sobat RevivaL. Mudah-mudahan dengan tips dan trik ini kalian tidak mengalami FPS drop atau packet loss lagi. Selamat bermain!

 

source : https://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=624607941