AGES 2016 CS:GO in A Nutshell

 

Halo semuanya! Pada tulisan kali ini, saya bakal bercerita seputar event bertaraf Asia Tenggara yang baru aja selesai diselenggarakan di Malaysia, AGES 2016. DotA, FIFA 16, dan CS:GO adalah games yang menjadi main attraction pada event yang berlangsung 3 hari ini. Tapi karena saya kurang mengetahui scene DotA dan FIFA 16 di SEA (karena saya kuper), saya bakal lebih mengupas event ini dari sisi CS:GO.

Tim CS:GO yang datang ke event ini tentunya adalah tim yang sudah menjuarai qualifier sebelumnya di negaranya masing masing dan biasanya bermain di ESEA League seperti Made in Thailand dari Thailand (obviously), MVP Karnal dari Malaysia, Signature Trust dari Thailand, Mineski dari Filipina, Team TitanS dari Singapura, dan tentu saja ada TEAMnxl serta Fortius Gaming dari Indonesia.

Team NXL yang diperkuat amunisi terbarunya yaitu Bagas ‘Banteng’ Gunadi sempat kewalahan di awal turnamen setelah kalah melawan Signature, team yang pernah  mengalahkan mereka di ESEA Season 21 dengan skor 10 – 16. Nasib yang tidak lebih baik juga dialami oleh Fortius Gaming yang harus turun ke lower bracket setelah terbantai oleh MiTH 5 – 16. MiTH meneruskan rentetan kemenangannya dengan menghasilkan upset atas tim unggulan lainnya yaitu Mineski dengan skor tipis 16 – 14, sementara MVP Karnal yang bracketnya cenderung lebih sulit berhasil melenggang mulus menuju grand final upper bracket dengan mengalahkan Dreamscape, Signature, dan akhirnya mengalahkan MiTH yang berhasil mengalahkan Threats di Semifinal. MiTH pun tertendang turun ke lower bracket.

Di lower bracket, pertandingan kedua mempertemukan dua wakil Indonesia yaitu TEAMnxl dan Fortius Gaming. Bermain di Cache, permainan cerdas dari Richard ‘frgd’ Permana berhasil menghancurkan pertahanan dari Fortius Gaming di CT Side. Dengan Banteng mengenai hampir 70% headshot rate dan cucukan Frosmisty, TEAMnxl mampu mendapatkan angka fantastis 14-1 di firsthalf. Secara mengejutkan, smell of gg yang sudah bisa tercium dari kursi penonton buyar begitu saja setelah Fortius mampu memenangkan 6 ronde berturut – turut, penonton pun bersorak – sorai untuk Fortius yang sudah hampir terbantai dan tidak menyerah begitu saja. Fragging BnTeT yang konsisten mampu menahan Fortius Hingga ke ronde 24 dimana akhirnya TEAMnxl mampu menutup pertandingan dengan skor 16 – 8.

TEAMnxl pun akhirnya dipertemukan kembali dengan Signature Trust di semi final lower bracket pada pertandingan terakhir di hari pertama. Tidak ingin mengalami kekalahan kedua dengan tim yang sama di 1 hari tentunya menjadi tambahan motivasi bagi wakil Indonesia terakhir di CS:GO. TEAMnxl tampak akan memenangi pertandingan dan maju ke grand final ketika mereka berhasil mengamankan angka 14 – 14 di T Side Mirage. Signature yang terpaksa melakukan eco di ronde ke 29 sepertinya akan kesulitan untuk membendung kekuatan ekonomi yang dimiliki TEAMnxl setelah memenangi ronde sebelumnya, sampai akhirnya sesuatu yang mengejutkan terjadi. Banteng yang tampak haus darah melihat kibasan bendera merah dari Signature, langsung menyeruduk maju dengan agresif hingga TEAMnxl harus kehilangan Banteng dan juga ronde tersebut. TEAMnxl pun kalah dengan skor akhir 16 – 14.

Di pertandingan selanjutnya, Signature Trust yang nampaknya akan mengalahkan MiTH secara mengejutkan kalah dengan skor 11- 16. Made in Thailand yang dikapteni oleh satu – satunya pemain perempuan yaitu Sarindhorn ‘JinNy’ Wanothayarnchai berhasil naik kembali ke upper bracket untuk bertemu wakil tuan rumah, MVP Karnal. Unggul 1 map, MVP Karnal hanya membutuhkan 1 kemenangan untuk memenangkan turnamen, sementara MiTH harus memenangkan 2 pertandingan berturut – turut untuk mendapatkan gelar juara. Bermain dengan tanpa beban, MVP Karnal mampu menutup first half dengan skor 13 – 2 di Cache. Tidak mau kalah begitu saja, MiTH mampu mendapatkan 6 angka di second half sebelum akhirnya MVP Karnal mengakhiri pertandingan dengan skor 16 – 8 dan membawa pulang hadiah sebesar RM 133,300 atau sekitar Rp 400.000.000. Seandainya caster dibayar dengan uang sebesar itu, mungkin saya gak perlu capek capek nulis artikel kayak gini sekarang. HAHAHA.

 

MVP Karnal keluar sebagai juara pertama di turnamen CS:GO AGES 2016