in

Heroic Tundukkan TYLOO di Grand Final Toyota Masters Bangkok 2018!

Heroic mengangkat trofi Toyota Masters Bangkok. Source: ToyotaMasters

Heroic berhasil menyabet juara pertama di ajang Toyota Masters Bangkok 2018 setelah perjuangan yang luar bisa dalam pertandingan di babak grand final. Tim gabungan roster Denmark-Swedia ini juga akan membawa pulang uang sebesar US$40,000 yang bernilai sekitar Rp581.000.000

Gelaran ini cukup menarik, dimana gelaran ini diselenggarakan oleh sebuah perusahaan otomotif Jepang, yaitu Toyota. Mereka terjun ke ranah esports melalui Toyota Esports dengan turnamen perdananya

Source: TrendHunter

Bahkan sebelumnya, perusahaan otomotif asal Jepang ini telah mengumumkan kerjasamanya dengan gelaran Overwatch League pada awal tahun 2018.

Untuk turnamen perdana Toyota ini, mereka menghadirkan 10 tim pilihan dengan 4 tim datang dari jalur undangan, serta 6 tim lainnya dari kualifikasi berbagai benua di dunia. Indoor Stadium Huamark, Bangkok menjadi arena pertandingan gelaran tersebut.

Gelaran yang dimulai 22-25 November 2018 ini menyisakan 2 tim teratas, yaitu TYLOO yang berhasil mengalahkan AGO di semi final, dan Heroic yang membungkam Renegades dengan skor tipis 2-1.

Kedua tim yang berbeda benua ini bertanding dalam format Bo5 yang belakangan ini mulai diadopsi para penyelenggara turnamen untuk format grand final mereka.


Ronde Pertama – Dust2

Map yang dipilih oleh Heroic ini dimulai dengan mereka memulainya di CT side, sedangkan TYLOO di T side. Pada awalnya Heroic bisa mendapatkan ronde pistol pertama, namun TYLOO berhasil mendapatkan ronde di buy round pertamanya.

Rival Antar Benua. Source: ToyotaEsports

Walaupun begitu, berkat permainan Daniel “mertz” Mertz yang sedang on-fire, tim Denmark-Swedia tersebut berhasil mendapatkan 7 ronde tanpa kalah, sebelum menutup kemenangan first half dengan skor 10-5.

Saat Heroic pindah ke T side, mereka berhasil memenangkan ronde pistol kedua, dan memenangkan keseluruhan ronde tanpa kekalahan. Mereka akhirnya menutup map pertama dengan skor 16-5.  Mertz mencatatkan rating yang luar biasa, yaitu 2.38, dan 31 kill.

Sumber: HLTV

Ronde Kedua – Overpass

Tim China-Indonesia ini memulai di T side, sedangkan rivalnya di CT side. Keunggulan TYLOO di 4 ronde awal tidak menjamin kemenangan mereka di map ini.

Heroic membalasnya dengan skor sama 4-4 sebelum dibalikkan kembali. Paruh pertandingan kedua ditutup dengan skor 8-7 atas keunggulan TYLOO.

Heroic sempat memimpin di skor 12-9, namun Hansel “BnTeT” Ferdinand dan kawan-kawan berhasil melancarkan comeback dengan mendapatkan 6 poin ronde.

Kemenangan TYLOO digagalkan 29 setelah Daniel “mertz” Mertz melakukan aksi clutch yang kelihatannya unwinabble. Berkat aksi tersebut, Heroic merealisasikan overtime untuk mencoba merebut kemenangan tersebut.

Sumber: HLTV

Terjadi cukup banyak aksi aneh di sesi overtime tersebut, hingga akhirnya pada overtime ketiga, TYLOO tidak dapat berbuat apa-apa di T side, dan harus merelakan map kedua untuk Heroic dengan skor 25-23.


Ronde Ketiga – Overpass

Sumber: HLTV

Map selanjutnya merupakan map yang dalam statistiknya, bukan andalan dari kedua tim. Dengan Heroic yang memulai di T side, mereka berhasil mendapatkan ronde pistol pertama. Namun Kevin “xccurate” Susanto berhasil membalikkan keadaan dengan kemenangannya di ronde kedua.

Sepanjang first half, Heroic hanya memenangkan beberapa ronde saja. TYLOO berhasil menutup first half di skor 10-5.

Pemerintah Kota Chongqing Desak Kuku dan Skem Dilarang ke China!

Dilihat dari statistiknya, kedua tim ini berhasil lebih dominan di CT side, karena pada second half, saat TYLOO telah berada di match point 15-11, Heroic berhasil memenangkan 4 ronde berturut-turut untuk membawa map ini ke overtime juga.

BACA JUGA: Rombak Total, EVOS Esports Umumkan Roster Divisi CS:GO!

Tidak bertahan lama. TYLOO berhasil unggul di overtime dan memenangkan map pertama mereka dengan skor 19-16. Xccurate berhasil menjadi Man of the Match dengan mengantongi 31 kill yang sangat berdampak.


Ronde Keempat – Mirage

Di salah satu map favorit TYLOO, mereka akan memulainya di T side. Di map ini, terlihat bahwa kedua tim ini bergantung pada momentum.

Di mana pada ronde pistol pertama, TYLOO berhasil memenangkannya. Namun di 7 ronde selanjutnya, Heroic memenangkannya tanpa kecolongan 1 ronde pun.

Source: ToyotaMasters

Namun di ronde ke-9, TYLOO memulai momentum kemenangannya dengan mendapatkan 6 ronde selanjutnya, hingga mertz berhasil mendapatkan 2 kill penting untuk menutup first half dengan skor 8-7.

Sumber: HLTV

Walaupun Heroic memenangkan ronde pistol kedua, TYLOO mengamuk dengan memenangkan 7 ronde berturut-turut, dan akhirnya bisa menutup map keempat dengan skor 16-12. Mertz kembali menduduki kill terbanyak di server dengan 28 kill meskipun kalah.


Map Kelima – Inferno

Turnamen ini merupakan salah satu dari sebagian kecil turnamen yang mengusung format best-of-five dan sampai ke map kelima.

Dan seperti tradisi, map inferno menjadi map penentu di sebuah kejuaraan. Beberapa contohnya adalah PGL Major Krakow 2017 dan ELEAGUE Major 2018.

Di map kedua ini, TYLOO memulai di T side, membuat Heroic dengan mulus unggul di first half dengan skor 9-6.

Pada awalnya, Heroic memimpin di awal-awal second half. Namun TYLOO membalas dengan memenangkan beberapa ronde. Namun usaha mereka harus gagal, dan Heroic menutup map kelima sekaligus memenangkan kejuaraan Toyota Masters Bangkok 2018.

Walaupun mertz tidak bersinar di map terakhir, es3tag berhasil menjadi pemilik kill terbanyak di server. Mengkokohkan kemenangan mereka di babak penentuan tersebut.


Untuk Most Valuable Person (MVP) berhasil diemban Daniel “mertz” Mertz yang menunjukan performa luar biasa. Ia mencatatkan rating 1.27 di keseluruhan pertandingan yang dimainkan di Toyota Masters Bangkok 2018.

Kebersamaannya dengan Heroic bisa dibilang keputusan terbaiknya selama berkarir di CS:GO. Ia diberi kebebasan yang lebih untuk menunjukan performa terbaiknya disini.

Performa mertz jauh lebih baik dibanding saat ia masih berada di North. Source: HLTV

Selamat untuk Heroic dalam memenangkan salah satu gelaran terbesar CS:GO di Thailand, maupun Asia Tenggara.

Tim yang baru berpindah kepemilikan ini membuktikan walaupun mereka tidak berada di bawah naungan RFRSH, tetapi mereka bukan tim kaleng-kaleng, wkwk.

Perolehan kesepuluh tim di Toyota Masters Bangkok 2018 adalah sebagai berikut:

1. Heroic – US$40,000 (Rp581.600.000)
2. TYLOO – US$20,000 (Rp291.000.000)
3-4. Renegades, AGO – US$10,000 (Rp145.400.000)
5-6. 5POWER, pro100 – US$6,000 (Rp87.240.000)
7-8. Kinguin, Alpha Red – US$2,000 (Rp29.080.000)
9-10. TeamOneMVP.PK – US$2,000 (Rp29.080.000)

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…