in

Tim-Tim CS:GO di Indonesia Saat Ini di Mata Wawamania, Caster CS:GO

Source: PC Gamer

Tidak bisa dipungkiri scene CS:GO Indonesia tidak semeriah game lain karena kurangnya turnamen yang ada. Namun jangan salah, mereka juga ikut membantu menorehkan prestasi bagi Indonesia terutama di kancah internasional.

Bahkan pemain Indonesia ada 2 yang berkarir di luar negeri, xccurate dan BnTeT yang saat ini menjadi pemain TyLoo, tim dari Cina. Tentu hal yang menarik mengingat jarang ada pemain Indonesia yang bisa menjadi pemain di luar negeri.

Selain itu akhir-akhir ini, CS:GO Indonesia melakukan pergantian pemain bahkan sampai merekrut pemain luar negeri untuk memperkuat roster.

Wawamania (Tengah atas) saat bersama Akara
Sumber : Fanpage Wawamania

Kali ini saya mencoba tanya-tanya bersama caster CS:GO dan juga streamer yaitu Arwanto Tanumiharja atau akrab disapa Wawamania untuk menanyakan kondisi tim CS:GO Indonesia saat ini dan penyebab kurangnya turnamen CS:GO di Indonesia

Pergantian pemain tim Indonesia seperti Recca Esports, TEAMnxl>, DDS, XcN menurutnya untuk meningkatkan persaingan yang menjadi nilai jual.

Roseau menjadi IGL untuk Recca Esports saat ini

Dari Recca Esports, dengan keluarnya xccurate ke TyLoo dan masuknya m1rskie menurutnya menambah daya serang entry Recca. Selain itu Roseau naik pangkat sebagai in game leader.

Menurutnya 3 pemain Recca (Roseau, Sys, dan FrostMisty) sudah bermain cukup lama sehingga menjadi keunggulan tersendiri. “Namun tambahan Eeyore dan M1rskie, masih dibutuhkan chemistry yang masih perlu mereka cari” katanya.

Berbagai turnamen SEA yang sudah dijalanin oleh Recca menurutnya belum menunjukkan performa terbaiknya saat mereka masih punya BnTeT dan xccurate.

DDS Esports merupakan tim yang pemainnya bermain cukup lama. Ditambah dengan kehadiran tsukamoto bersama Areel dari Malaysia, hal ini tampak bisa menjembatani pemain lama saat ini yaitu vostok dan fuirix. Meskipun di update terakhir AdrnKing memutuskan keluar dari tim dan bergabung bersama XCN menggantikan Scrin.

Sumber : DDS Esports Fanpage

“Namun terkadang mereka bermain inkonsisten, aim-aim mereka di final match kadang bisa hilang begitu saja seperti yang terjadi di final Eblue di Surabaya. DDS masih memerlukan waktu untuk mengembangkan chemistry” katanya soal performa DDS Esports.

Sumber : XCN Gaming Fanpage

XcN berisikan dua pemain eks Aerowolf, 2 pemain eks Akara, dan satu pemain luar India. “Tim ini cukup jarang terlihat tapi mereka belum mendapatkan chemistry yang mereka dapatkan” katanya. “Kita lihat sejauh mana mereka bisa berkembang jika ada turnamen tingkat SEA” tambahnya

nxl Kontrak Marlo Ernesto
Dokumentasi: TEAMnxl>

TEAMnxl> menurutnya paling menarik untuk urusan transfer dengan merekrut Ernesto sebagai pemain baru mereka. “Masuknya Ernesto tentu saja akan memberikan suntikan moral dan daya aim yang sangat besar” katanya.

BOOM.ID menjadi tim yang tidak mengganti roster-nya sama sekali. “Dengan roster lama, menurut saya sekarang mereka adalah tim yang sangat berbahaya dan bahkan bisa sangat dominan.

Kekalahan mereka terakhir di tingkat lokal saat ROG Masters Jakarta.saat semifinal melawan Recca Esports. Awal 2018, mereka berhasil menjadi juara pertama di turnamen Eblue Surabaya dan berhasil lolos ke kualifikasi Dreamhack Marseille.

Namun tetap saja, menurutnya, semua tim dengan anggota yang baru butuh chemistry agar bisa mendapatkan peak performance untuk tim mereka. “Pada intinya, pergantian tim di semua tim Indonesia sangat bagus untuk skala nasional” katanya. “Karena juara tidak didominasi oleh satu tim seperti masa kejayaan TEAMnxl> atau Recca Esports” tambahnya.

Bagaimana untuk xccurate yang dikirim ke TyLoo? Menurutnya ini menjadi langkah bagus bagi CS:GO Indonesia. “Biarlah BnTeT dan xccurate menjadi tolak ukur pemain-pemain Indonesia yang ingin menjadi pemain profesional” katanya.

Menurutnya tidak cukup menjadi pemain pro namun menangnya di turnamen rookie. Mentalitas pemain Indonesia yang kurang membuat banyak tim yang memutuskan bubar.

Tim Indonesia di kancah internasional menurutnya bisa bersaing karena tim-tim yang terbentuk sedang melalui tahapan go internasional. “Contohnya ada BOOM.ID yang bisa menjadi salah satu tim CS:GO nasional yang sekarang mulai bersaing di internasional” katanya.

Tentu kita mengharapkan seluruh cabang esports di Indonesia termasuk CS:GO bisa memberikan prestasi yang membanggakan sekaligus dengan adanya BnTeT dan xccurate yang sampai sekarang bermain di luar negeri bisa memotivasi pemain esports Indonesia lainnya untuk berani berkarir di luar.

 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…