in

[BREAKING NEWS] OpTic India Didiskualifikasi dari eXTREMESLAND 2018 Terkait Cheating!

Sumber: HLTV

OpTic India telah didiskualifikasi dari gelaran eXTREMESLAND 2018 setelah salah satu pemainnya, Nikhil “forsaken” Kumawat tertangkap tangan menggunakan software cheat pada pertandingannya melawan Revolution dari Vietnam.

OpTic Gaming telah didiskualifikasi secara paksa dari eXTREMESLAND Asia 2018. Source: eXTREMESLAND.

Pada debut pertama OpTic India di turnamen ini, mereka harus mengakui kekalahannya terhadap FrostFire dari Malaysia dengan skor 16-6. Sehingga harus maju ke babak eliminasi melawan Revolution dari Vietnam.

Pada map pertama yaitu Inferno, OpTic India unggul dengan skor 16-7. Namun di sela game kedua mereka, pertandingan ini dihentikan secara mendadak. Dikutip dari CSGO2ASIA, saat pertandingan tersebut dihentikan, segerombolan admin mendatangi tempat dari forsaken.

Source: Twitter CSGO2ASIA.

“Sesuatu yang serius terjadi di pertandingan Optic India vs Revolution. Kami tidak yakin apa itu, tapi tetap tunggu untuk perkembangan selanjutnya.” Sebut CSGO2ASIA di laman Twitter-nya.

Hingga tiba-tiba, tersebar video amatir yang merekam salah satu pemain OpTic India menghalangi tangan admin untuk mengecek komputernya.

Hingga pada akhirnya CSGO2ASIA sebagai media partner eXTREMESLAND 2018 mengeluarkan pernyataan bahwa OpTic India didiskualifikasi dari turnamen eXTREMESLAND karena forsaken telah tertangkap menggunakan cheat. Mereka juga mengatakan bahwa pemain tersebut akan dipulangkan ke India secepatnya.

Laporan dari CSGO2ASIA juga mengatakan bahwa awalnya program B5 Anti-cheat telah mendeteksi sesuatu yang mencurigakan dari komputer salah satu pemain OpTic India. Membuat admin dari eXTREMESLAND harus mengecek komputer tersangka.

Admin eXTREMESLAND mengeledah komputer dari forsaken. Source: @liuxinwei0102.

Forsaken dilaporkan langsung menutup program CS:GO dan menghapus program yang disangka sebagai cheat setelah ia dicurigai.

Tim admin telah berusaha untuk mengembalikan file itu, namun gagal. Walaupun begitu, bukti visual dan alarm dari anti-cheat B5 telah menjadi bukti yang kuat untuk mengambil tindakan berikutnya, yaitu diskualifikasi.

File yang dicurigai sebagai program illegal forsaken. Source: @liuxinwei0102.

Bukti lain yang memperkuat bahwa forsaken menggunakan program illegal adalah dari permainannya di ronde 8 kontra Revolution, di mana crosshair dari forsaken bergerak sangat cepat dan tidak alami.

Dikutip dari HLTV, forsaken dilaporkan telah ditendang dari roster aktif OpTic India. Jesal Parekh sebagai Direktur Pengembangan OpTic Gaming menjelaskan bahwa keempat pemain lainnya tak tahu-menahu tentang aksi illegal forsaken.

Pemain yang tertangkap memakai cheat telah dirilis dari organisasi OpTic Gaming, kami tidak menoleransi aksi seperti ini,” ujar Jesal Parekh.

Kami ingin meminta maaf kepada tim lain dan organisasi yang terlibat. Ini sangat tidak adil bagi semua yang terlibat. Kami juga ingin meminta maaf kepada negara kami dan penggemar yang telah mendukung kami.

Ini (insiden curang) akan menjadi kemunduran besar bagi negara kami, dan disayangkan bahwa ini disebabkan hanya karena satu orang egois.

Indomie Rambah Ranah Esports dengan Sponsori Australia Esports League!

Pernyataan resmi kami akan dikeluarkan secepatnya. Namun saya ingin membuat ini semua jelas, bahwa keempat pemain lainnya tidak mengetahui aksi ini dan tidak akan pernah menerima untuk bermain dengannya jika mereka pun tau. Pungkasnya ke ranah publik.

Reaksi dari komunitas CS:GO juga tidak kalah heboh. Salah satunya datang dari pemain CS:GO tanah air, Hansel “BnTeT” Ferdinand.

Ia mengatakan bahwa telah banyak yang tahu bahwa forsaken menggunakan program illegal sejak adanya SoStronk Next.

Selain BnTeT, datang juga dari pengguna reddit /r/GlobalOffensive bernama EpiCJazZa, yang mengatakan bahwa sangat disayangkan, OpTic Gaming telah menggelontorkan banyak uang untuk mengembangkan scene India hanya untuk digagalkan oleh orang bodoh.

BACA JUGA: Resmi! Banteng Keluar dari Team nxl>

Tentu, ini merupakan tamparan keras bagi professional scene di India, maupun di Asia Tenggara. Selain mencoreng nama India di ranah CS:GO, nama OpTic juga ikut tercoreng sebagai organisasi yang memayungi pemain tersebut.

Tekuk PG.BarracX, BOOM ID CS:GO Amankan Tiket Kualifikasi WESG Indonesia!

Dan dengan hasil ini, mari kita harapkan yang terbaik untuk kelanjutan eXTREMESLAND 2018, dan turut berdoa agar pro scene Indonesia tidak akan ada kejadian seperti ini lagi di masa yang akan datang.

Diedit oleh Yubian A. Huda

Written by Juandi

Esports News Writer, especially CS:GO.

Business Enq: juandik123@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…